Your SlideShare is downloading. ×
Presentasi putu-unikom-180114
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Presentasi putu-unikom-180114

299

Published on

Linux, Open Source, Benefit, Manfaat

Linux, Open Source, Benefit, Manfaat

Published in: Technology
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
299
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Manfaat Sistem Operasi Linux dan Aplikasi – Aplikasi Open Source I Putu Agus Eka Pratama, ST MT Seminar Open Year With Open Source Unikom Bandung, 18 Januari 2014
  • 2. Pendahuluan Untuk apa anda berkomputer? Apa manfaat yang anda peroleh dari berkomputer? Berapa besar biaya yang anda keluarkan pembelian lisensi sistem operasi dan aplikasi? untuk Apa kebebasan yang anda peroleh sebagai hak atas pembelian lisensi aplikasi dan sistem operasi? Mampukah anda melihat lebih jauh ke dalam?
  • 3. Sebagai Sebuah OS dan Aplikasi Tanpa adanya sebuah sistem operasi dan aplikasi, komputer anda hanyalah seonggok perangkat keras tanpa arti. Jika komputer anda kosong, installah sistem operasi Linux dan aplikasi – aplikasi open source di dalam komputer anda. Rasakan beragam manfaat yang diperoleh :)
  • 4. Apa Saja Manfaatnya? Banyak sekali, jika anda mampu menjawabnya : 1. Anda pernah disweeping untuk sistem operasi dan aplikasi? 2. Anda pernah bermasalah dengan virus? 3. Anda ingin mendaur ulang kembali komputer tua? 4. Anda ingin mempelajari kernel, proses, dan kode di dalam? 5. Anda ingin hemat, baik pribadi maupun organisasi? 6. Anda ingin aman dan nyaman? 7. Anda ingin praktis? CD/DVD, USB, boot jaringan, dll.
  • 5. Saya Seorang Pelajar/Mahasiswa Gunakanlah sistem operasi Linux dan aplikasi – aplikasi open source untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah dan pengembangan kemampuan diri : 1. Pembuatan dokumen dengan Libre/Open Office/Latex. 2. Pembuatan diagram dengan DIA diagram. 3. Riset/Tugas Akhir/proyek Akhir menggunakan Linux dan aplikasi – aplikasi open souce. 4. Ingin uang tambahan + pengalaman tambahan? Wirausaha menggunakan Linux dan aplikasi – aplikasi open source (produk, jasa, produk dan jasa).
  • 6. Saya Seorang Guru/Dosen Contohkan dan terapkan penggunaan sistem operasi Linux dan aplikasi – aplikasi open source untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah dan pengembangan kemampuan diri : 1. Pembuatan tugas kuliah/sekolah dari dokumen laporan hingga aplikasi. 2. Ajak siswa/mahasiswa terlibat lebih jauh ke dalam pengembangan, dokumentasi, penterjemah, tester. 3. Kembangkan Tugas Akhir/Proyek Akhir yang memiiki nilai ekonomis + open source. --> kemudahan di dalam perbaikan bersama, nilai bisnis.
  • 7. Saya Pemilik Usaha Tidak masalah seberapa besar perusahaan/bisnis yang anda miliki, sistem operasi Linux dan aplikasi – aplikasi open source sangat membantu anda : 1. Aplikasi kasir dan inventori (point of sale) pada OS Linux. 2. OS dan aplikasi di komputer pegawai. 3. Pembelian OS Windows dan aplikasi closed source hanya untuk satu atau beberapa komputer yang “perlu” saja --> meminimalisir anggaran belanja IT --> alihkan untuk modal, kenaikan gaji pegawai, pembelian aset, dll.
  • 8. Bagaimana Berbisnis Dengan OS Linux dan Aplikasi – Aplikasi Open Source? 1.Jasa. 2. Produk (barang). 3. jasa dan produk. Referensi wajib untuk anda baca : http://www.andimicro.com/2012/03/mari-berbisnis-didunia-linux-dan_02.html http://www.slideshare.net/ruslinux/model-bisnis-linuxdan-foss
  • 9. Contoh..... 1.Jasa : maintenance server Linux (perusahaan, warnet, sekolah, kampus, dll), kursus linux (office, desain grafis, animasi, programming), pembicara, tutor (workshop), dll. 2. Produk (barang) : kostumisasi Linux dan FOSS sesuai kebutuhan client (lihat lisensi), penulisan buku ke penerbit, penjualan paket komputer beserta OS Linux dan aplikasi – aplikasi open source di dalam (kasir, absensi, dll). 3. jasa dan produk : seperti no 1 dan 2, gabungkan. Boleh sambil kerja, boleh sambil sekolah/kuliah :)
  • 10. Bagaimana Menunjang Kemampuan dan Pengetahuan Saya Menggunakan OS Linux dan Aplikasi – Aplikasi Open Source? 1. Teknis : ngoprek (kernel, aplikasi, OS, kombinasi ketiganya, hardware). 2. Non teknis : banyak membaca, banyak searching, banyak menulis (blog/web, buku), banyak diskusi tanya jawab (milis, forum, grup).
  • 11. Saya Bukan Orang Berlatar Belakang Komputer 1. Anda ada kemauan dan usaha untuk mencoba dan belajar? 2. Anda merasa komputer membantu pekerjaan dan kehidupan anda? Tidak masalah, silahkan gunakan OS Linux dan aplikasi – aplikasi open source sesuai kebutuhan berkomputer anda sehari – hari. :)
  • 12. Anggaran Pemda/Sekolah/Kampus/Perusahaan Kami Kecil, Tapi Kami Ingin Implementasi IT 1.Gunakan OS Linux dan aplikasi – aplikasi open source. 2. Berdayakan komputer tua/bekas. 3.Tingkatkan kemampuan IT SDM melalui panduan/tutorial di internet, buku, atau panggl tutor. Harga murah tapi kualitas tidak murahan..... :)
  • 13. Bagaimana Perolehan Keuntungan Di Dunia Linux dan Open Source? 1. Win win solution. 2. Simbiosis mutualisme. Pengembang, end user, vendor, sama – sama untung. Untung dalam bentuk uang, donasi, saham, jaringan (marketing), hingga ilmu pengetahuan dan teknologi (share).
  • 14. Berbagi Pengalaman... Sedikit pengalaman dari saya selama menggunakan OS Linux dan aplikasi -aplikasi Open Source : kerja, kuliah (S1, S2, S3), sehari – hari. Dari tahun 2004 hingga seterusnya.
  • 15. Saya Pengen Makek Linux, Saya Pengen Mahir Linux Jangan hanya “pengen”, tapi wujudkan melalui usahamu. 1. beli DVD Linux/unduh file iso Linux. 2. Beli buku linux/unduh panduan Linux 3.Banyak bertanya, banyak mencoba, banyak membantu memberikan solusi. Belajar adalah proses berkelanjutan selama manusia hidup.
  • 16. Penutup 1. Dengarkan pengalaman mereka yang telah lebih dulu mencoba/mengalami, dan ambil hikmah positif di dalamnya. 2.Ilmu bukan untuk disembunyikan, pelajari dan bagikan, niscaya berkah untukmu dan masyarakat. 3.Jangan takut mencoba, belajarlah dan berbagilah. 4.Kebebasan di dalam dunia perangkat lunak adalah kebebasan yang sama dengan kebebasan di dunia nyata. 5.Tidak perlu menjadi expert, tidak perlu berlatar belakang IT, untuk dapat menggunakan OS Linux dan aplikasi – aplikasi open source. Yang utama : MINAT, KERJA KERAS, dan DOA.

×