15 tool-utilitas-monitoring-performansi-di-linux

1,329 views

Published on

Penjelasan singkat mengenai 15 utilitas tool open source di semua distribusi linux untuk membantu anda di dalam memantau sistem dan jaringan.

Published in: Technology
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,329
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

15 tool-utilitas-monitoring-performansi-di-linux

  1. 1. Baca, Instal, dan Praktekkan : 15 Tool Utilitas Monitoring Performansi diLinux (Untuk Semua Distribusi Linux)oleh :I Putu Agus Eka Pratama, ST MTPOSS Linux ITBInformation Network and System research lab ITBArtikel ini khususnya dibuat berdasarkan apa yang penulisa baca dari artikel berikut (danpenulis coba langsung) http://www.linkedin.com/groups/15-Tools-Monitoring-performance-your-65688.S.247076057?view&gid=65688&type=member&item=247076057&trk=eml-anet_dig-b_nd-pst_ttle-cn (thanks a lot Jose ! ). Terdapat sekurang – kurangnya 15 buah utilitas tool open source dilinux yang dapat anda gunakan untuk melakukan monitoring (pemantauan) terhadap performansidistribusi linux yang anda gunakan. Silahkan ditambahkan dan dikoreksi lagi. Kelima belas toolopen source tersebut ada di semua distro linux. Mencakup top, vmstat, lsof, tcpdump, netstat,htop, iotop, monit, nethogs, iftop, monitorix, dan arpwatch. Beberapa sudah disediakan secaralangsung di sistem operasi linux anda. Meski demikian, jika belum ada, anda bisa menambahkansendiri melalui repository masing – masing dan atau unduh serta compile sendiri. Baik, mati kitacoba langsung dan atau install dulu hehe.Top merupakan utilitas yang menurut penulis sudah langsung ada di semua distro linuxsecara umum. Penulis yakin pasti ada, jadi tidak perlu instal lagi :) Top berfungsi untuk memantaupenggunaan CPU, penggunaan memori fisik, penggunaan swap memory, cache, ukuran buffer, PIDdari setiap proses yang dijalankan (baik oleh user biasa maupun root). Selengkapnya anda bisamengetikkan man top di terminal anda (untuk keluar tekan q).Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get install top (apt-get bisadiganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengan distribusi linux yang andagunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagai user biasa ($).
  2. 2. Gambar 1 Perintah top sebagai pengguna biasa (certain-death)Vmstat pun sama seperti top, sudah ada secara default di linux. Fungsinya untuk membantuanda memantau virtual memori di linux yang anda gunakan. Cukup ketik vmstat di terminal linuxanda, maka sistem akan menampilkan semua informasi bersangkutan. Hal ini juga berguna untukmonitoring server/desktop linux anda (lambat/normal/cepat).Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get install vmstat (apt-get bisadiganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengan distribusi linux yang andagunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagai user biasa ($). Panduannyabisa anda baca dengan baik di http://linuxcommand.org/man_pages/vmstat8.html maupun denganmengetikkan man vmstat di terminal linux anda.
  3. 3. Gambar 2 Perintah vmstat dan informasi yang ditampilkanLsof (list open files) berfungsi untuk menampilkan list open file (semua file yang dibuka) disistem linux anda pada suatu proses yang dijalankan. Dalam hal ini bisa oleh user, bisa di suatu path(direktori/sub direktori), maupun suatu layanan beserta portnya.Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get install lsof (apt-get bisadiganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengan distribusi linux yang andagunakan).Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagai user biasa ($).Untuk panduancukup mengetikkan man lsof di terminal (keluar dengan menekan q).
  4. 4. Gambar 3 Perintah lsof di /home/user (lsof /home/certain-death)Gambar 4 Perintah lsof terhadap user tertentu (lsof -u certain-death)
  5. 5. Gambar 5 Perintah lsof terhadap suatu protokol dan port (lsof -i TCP:80)Tcpdump memiliki fungsi yang serupa dengan wireshark. Yaitu menganalisa paket – paketdata yang bertebaran di jaringan, baik intranet, internet, maupun keduanya, secara wired danwireless). Dalam dunia keamanan (security) dan jaringan (networking), hal ini disebut denganpacket analyzer (penganalisa paket). Secara spesifiks, tcpdump membantu anda di dalammengcapture, membaca, menganalisa, dan dumping terhadap paket – paket data yang melewati jalurTCP.Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get install tcpdump (apt-getbisa diganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengan distribusi linux yanganda gunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagai user biasa ($). Untukmembaca manualnya ketiklah man tcpdump (keluar dengan menekan q).
  6. 6. Gambar 6 Perintah man tcpdump (panduan untuk TCPdump)Gambar 7 Perintah tcpdump untuk IP mesin sendiri dan port yang digunakan (tcpdump -v -nn host192.168.1.125 and port 80)Netstat (network statistic) adalah utilitas yang bermanfaat untuk membantu anda melihat
  7. 7. statistik jaringan di linux. Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get installnetstat (apt-get bisa diganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengandistribusi linux yang anda gunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagaiuser biasa ($).Untuk panduan cukup mengetikkan man netstat di terminal (keluar dengan menekanq).Gambar 8 Perintah netstatHtop adalah perintah untuk membantu anda memantau (monitoring) proses yang sedangberjalan di mesin linux anda. Cukup dengan mengetikkan htop di terminal dan output informasi punakan ditampilkan dengan cepat.Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get install htop (apt-get bisadiganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengan distribusi linux yang andagunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagai user biasa ($).Untukpanduan cukup mengetikkan man htop di terminal (keluar dengan menekan q).
  8. 8. Gambar 8 Perintah htop (keluar dengan menekan Ctrl C)Iotop berfungsi untuk memantau sistem disk I/O di linux anda. Cukup dengan mengetikkaniotop maka semua informasi akan ditampilkan. Jika belum ada, anda bisa menginstallnya denganperintah apt-get install iotop (apt-get bisa diganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnyasesuai dengan distribusi linux yang anda gunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#),bukan sebagai user biasa ($).Untuk panduan cukup mengetikkan man iotop di terminal (keluardengan menekan q). Anda juga bisa merujuk ke halaman http://guichaz.free.fr/iotop/ untuk melihatlebih lanjut mengenai salah satu tool open source ini.
  9. 9. Gambar 9 Perintah iotop (sebagai root, keluar dengan menekan Ctrl C)Monit bermanfaat untuk membantu anda memantau (monitoring) semua layanan proses dantracking di mesin linux anda. Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-getinstall monit (apt-get bisa diganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengandistribusi linux yang anda gunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagaiuser biasa ($).Untuk panduan cukup mengetikkan man monit di terminal (keluar dengan menekanq).
  10. 10. Gambar 10 Instalasi monit dari repositoryPanduan mnit bisa disimak di http://mmonit.com/monit/documentation/monit.html atau melaluiperintah man monit di terminal linux anda.Gambar 11 Panduan monit (man monit) di terminal
  11. 11. Nethogs berfngsi untuk membantu anda memantau proses dan bandwith pada jaringan dilinux anda. Jika belum ada, anda bisa menginstallnya dengan perintah apt-get install nethogs (apt-get bisa diganti dengan yum install, emerge, zypper, dan lainnya sesuai dengan distribusi linux yanganda gunakan). Pastikan anda dalam kondisi sebagai root (#), bukan sebagai user biasa ($).Untukpanduan cukup mengetikkan man nethogs di terminal (keluar dengan menekan q).Pengelompokkan grup untuk pemanfaatan bandwith dilakukan per proses, baik pada subnetmaupun protokol. Selengkapnya bisa anda baca di http://nethogs.sourceforge.net/Gambar 12 Nethogs (sebagai root) di komputer pribadiIftop berfunsgi untuk membantu anda di dalammelakukan kontro bandwith, memantaupenggunaan bandwith pada setiap interface, secara mudah di mesin linux anda. Untuk selengkapnyaanda bisa mengecek di http://www.ex-parrot.com/pdw/iftop/
  12. 12. Gambar 13 Perintah iftop (sebagai root) di komputer pribadiMonitorix bermanfaat untuk membantu anda memonitoring mesin linux anda. Mencakupsistem, sumber daya (resource), bandwith jaringan, dan lainnya, dengan informasi dan tampilanyang rinci. Anda bisa menginstal langsung dari repository maupun mengunduh dan menginstallmanual. Silahkan berkunjung ke http://www.monitorix.org/ untuk informasi lebih lengkap.Gambar 14 Compile paket monitorix
  13. 13. Gambar 15 Panduan instalasi yang disertakan (README)ARPwatch sangat membantu anda di dalam mencegah dan memantau terjadinya kasus ARPspoofing/poisoning maupun pairing terhadap ethernet dan IP Address. Panduan lengkapnya ada dihttp://linux.die.net/man/8/arpwatch ataubisa mengetikkan man arpwatch di terminal anda.Gambar 16 Instalasi ARPwatch via repository
  14. 14. Gambar 17 Panduan ARPwatch di terminal linux (man arpwatch)Gambar 18 ARPwatch di interface eth0 dan melihatnya di log (arpwatch -i eth0 dan tail -f/var/log/messages)Keep using linux and open source :)
  15. 15. Tentang penulis :I Putu Agus Eka Pratama, ST MT. Pendidikan S1 Informatika di Institut Teknologi Telkom danpendidikan S2 Informatika di Institut Teknologi Bandung. Saat ini sedang mempersiapkanpenelitian desertasi untuk S3, tetap di bidang Informatika dengan tetap menggunakan sistem operasilinux dan open source software.Aktif di berbagai jejaring sosial terkait linux, grup linux, milis, forum, maupun secara offlinemelalui gathering, menjadi pembicara di beberapa seminar linux, pelatihan, proyek IT linuxberbayar maupun komunitas, wirausaha kecil-kecilan memanfaatkan internet (e-commerce) terkaitlinux (DVD, pakaian, pernak pernik), penulis lepas di beberapa media online (Kompasiana, IlmuKomputer, Bisa Komputer, blog pribadi), dan mengajar untuk beberapa mata kuliah Informatikadengan tetap menggunakan linux dan open source dan mengajak anak didik menggunakannya.Sangat senang dan bersemangat dalam mensoaialisasikan penggunaan linux dan open source dalamberkomputer sehari – hari.

×