Majapahit

2,088
-1

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,088
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
111
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Majapahit

  1. 1. KERAJA ANMAJAPA HIT
  2. 2. LETAK KERAJAAN Keraajaan Majapahit diperkirakan ada di dekat Trowulan, 10 km dari Mojokerto.Dugaan ini didasarkan pada banyaknya temuan berupa pondasi bangunan, pintu gapura, candi, saluran air dan umpak-umpak batu.
  3. 3. BEKASRERUNTUHAN MAJAPAHIT
  4. 4. P0NDASI
  5. 5. UMPAK
  6. 6. ASAL USUL NAMA KERAJAANKetika Raden Wijaya dan para pengikutnyamembuka hutan Tarik untuk dijadikanpemukiman diantara mereka ada yangkehabisan bekal termasuk Istri dan RadenWijaya sendiri, mereka menemukan buah majasetelah dimakan ternyata rasanya pahit.Dariperistiwa tersebut maka hutan Tarik diberinama Majapahit.
  7. 7. BUAH MAJA
  8. 8. Awal kekuasaan Majapahit
  9. 9. SUMBER SEJARAH1.PRASASTI : ~ Gunung Butak. ~ Brumbung. ~ Kudadu. ~ Gajah Mada. ~ Jiu.2. KARYA SASTRA : ~ Negarakertagama. oleh mpu Prapañca pada tahun 1365 Masehi (tahun 1287 Saka. ~ Pararaton. ~ Sutasoma. ~ Kidung Sundayana.
  10. 10. LANJUTAN SUMBER SEJARAH3. CANDI : ~ Candi Panataran. ~ Candi Tikus. ~ Candi Bajang Ratu. ~ Candi Tegalwangi. ~ Candi Jabung. ~ Candi Kedaton.4. BERITA ASING : ~ Cina. ~ India. ~ Arab.5. ARCA,UANG dan KRAMIK.
  11. 11. CANDI PANATARAN
  12. 12. CANDI TIKUS
  13. 13. CANDIBAJANG RATU
  14. 14. ARCA
  15. 15. UANG
  16. 16. KEHIDUPAN POLITIKSetelah raja Sri Kertanegara gugur, kerajaan Singhasariberada di bawah kekuasaan raja Jayakatwang dari Kadiri.Salah satu keturunan penguasa Singhasari, yaitu RadenWijaya, kemudian berusaha merebut kembali kekuasaannenek moyangnya. Ia adalah keturunan Ken Arok, rajaSingasari pertama dan anak dari Dyah Lembu Tal. Ia jugadikenal dengan nama lain : Nararyya Sanggramawijaya.Menurut sumber sejarah, Raden Wijaya sebenarnya adalahmantu kertanegara pada Kitab Pararaton disebutkan bahwaia mengawini dua anak sang raja sekaligus, tetapi kitab Na-garakerta-gama menyebutkan bukannya dua melainkankeempat anak perempuan Kertanegara dinikahinya semua.
  17. 17. Lanjutan…1.Dyah Dewi Tribhuwaneswari ( sebagai parameswari)2. Dyah Dewi Narendraduhita (sebagai Mahadewi)3. Dyah Dewi Prajnaparamita Jayendradewi(sebagai Rajapatni)4. Dyah Dewi Gayatri (sebagai Rajapatni)Perkawinan ini lebih bertujuan politik yaitu: untuk menghindariperebutan kekuasaan dalam keturunan Kertanegara.Pada waktu Jayakatwang menyerang Singhasa-ri, Raden Wijayadiperintahkan untuk mempertahankan ibukota di arah utara.Kekalahan yang diderita Singhasa-ri menyebabkan Raden Wijayamencari perlindungan ke sebuah desa bernama Kudadu, lelahdikejar-kejar musuh dengan sisa pasukan tinggal duabelas orang.Berkat pertolongan Kepala Desa Kudadu, rombongan RadenWijaya dapat menyeberang laut ke Madura dan di sanamemperoleh perlindungan dari Aryya Wiraraja, seorang bupati.
  18. 18. Lanjutan…Berkat bantuan Aryya Wiraraja, Raden Wijaya kemudiandapat kembali ke Jawa dan diterima oleh rajaJayakatwang. Tidak lama kemudian ia diberi sebuahdaerah di hutan Terik untuk dibuka menjadi desa, dengandalih untuk mengantisipasi serangan musuh dari arahutara sungai Brantas. Berkat bantuan Aryya Wiraraja iakemudian mendirikan desa baru yang diberi namaMajapahit. Di desa inilah Raden Wijaya kemudianmemimpin dan menghimpun kekuatan, khususnya rakyatyang loyal terhadap almarhum Kertanegara yang berasaldari daerah Daha dan Tumapel. Aryya Wiraraja sendirimenyiapkan pasukannya di Madura untuk membantuRaden Wijaya bila saatnya diperlukan. Rupaya ia punkurang menyukai raja Jayakatwang.
  19. 19. Lanjutan…Pada tahun 1290, Singhasari menjadi kerajaan paling kuatdi Jawa. Hal ini menjadi perhatian Kubilai Khan,penguasa Dinasti Yuan di Tiongkok. Ia mengirim utusanyang bernama Meng Chi ke Singhasari yang menuntutupeti. Kertanagara, penguasa kerajaan Singhasari yangterakhir, menolak untuk membayar upeti danmempermalukan utusan tersebut dengan merusakwajahnya dan memotong telinganya.Kublai Khan marahdan lalu memberangkatkan ekspedisi besar ke Jawa tahun1293 Jawa kedatangan pasukan dari Cina yang diutus olehKubhilai Khan untuk menghukum Singhasari ataspenghinaan yang pernah diterima utusannya pada tahun1289.Pasukan Tartar yangberjumlah besar ini setelahberhenti di Pulau Belitung untuk beberapa bulan dankemudian memasuki Jawa di Tuban dan Sedayu yangdipimpin oleh Panglima Shih-pi, Yi-ko-mu-su dan Kau-hsing melalui sungai Brantas langsung menuju ke Daha.
  20. 20. LANJUTAN…Kedatangan ini diketahui oleh Raden Wijaya, iameminta izin untuk bergabung dengan pasukan Cinayang diterima dengan sukacita. Serbuan ke Dahadilakukan dari darat maupun sungai yang berjalansengit sepanjang pagi hingga siang hari. Gabunganpasukan Cina dan Raden Wijaya berhasilmembinasakan 5.000 tentara Daha. Dengan kekuatanyang tinggal setengah, Jayakatwang mundur untukberlindung di dalam benteng. Sore hari, menyadaribahwa ia tidak mungkin mempertahankan lagi Daha,Jayakatwang keluar dari benteng dan menyerahkan diriuntuk kemudian ditawan oleh pasukan Cina yangakhirnya dibunuh.
  21. 21. Lanjutan…Dengan dikawal dua perwira dan 200 pasukan Cina, RadenWijaya minta izin kembali ke Majapahit untuk menyiapkan upetibagi kaisar Khubilai Khan. Namun dengan menggunakan tipumuslihat kedua perwira dan para pengawalnya berhasildibinasakan oleh Raden Wijaya. Bahkan ia berbalik memimpinpasukan Majapahit menyerbu pasukan Cina yang masih tersisayang tidak menyadari bahwa Raden Wijaya akan bertindakdemikian. 3000 anggota pasukan kerajaan Yuan dari Cina inidapat dibinasakan oleh pasukan Majapahit, selebihnya melarikandari keluar Jawa dengan meninggalkan banyak korban. Akhirnyacita-cita Raden Wijaya untuk menjatuhkan Daha dan membalassakit hatinya kepada Jayakatwang dapat diwujudkan denganmemanfaatkan tentara asing. Ia kemudian memproklamasikanberdirinya sebuah kerajaan baru yang dinamakan Majapahit.Pada tahun 1293 Raden Wijaya dinobatkan sebagai raja pertamadengan gelar Sri Kertarajasa Jayawardhana.
  22. 22. BENDERA MAJAPAHIT
  23. 23. MATAHARI ATRIBUT MAJAPAHIT
  24. 24. Arca Harihara, dewagabungan Siwa dan Wisnusebagai penggambaranKertarajasa. Berlokasisemula di Candi Simping,Blitar, kini menjadi koleksiMuseum Nasional RepublikIndonesia.
  25. 25. Lanhjutan…Keempat anak Kertanegara dijadikan permaisuri dengangelar Sri Parameswari Dyah Dewi Tribhuwaneswari, SriMahadewi Dyah Dewi Narendraduhita-, Sri JayendradewiDyah Dewi Prajnyaparamita, dan Sri Rajendradewi DyahDewi Gayatri. Dari Tribhuwaneswari ia memperolehseorang anak laki bernama Jayanagara sebagai puteramahkota yang memerintah di Kadiri. Dari Gayatri iamemperoleh dua anak perempuan, TribhuwanottunggadewiJayawisnuwardhani yang berkedudukan di Jiwana(Kahuripan) dan Rajadewi Maharajasa di Daha. RadenWijaya masih menikah dengan seorang isteri lagi, kali iniberasal dari Jambi di Sumatera bernama Dara Petak danmemiliki anak darinya yang diberi nama Kalagemet. RadenWijaya wafat pada tahun 1309 digantikan oleh Jayanegara
  26. 26. JAYANEGARAMasa pemerintahan raja Jayanagara banyak dirongrongoleh pemberontakan orang-orang yang sebelumnyamembantu Raden Wijaya mendirikan kerajaanMajapahit. Perebutan pengaruh dan penghianatanmenyebabkan banyak pahlawan yang berjasa besarakhirnya dicap sebagai musuh kerajaan. Pada mulanyaJayanagara juga terpengaruh oleh hasutan Mahapatiyang menjadi biang keladi perselisihan tersebut, namunkemudian ia menyadari kesalahan ini danmemerintahkan pengawalnya untuk menghukum matiorang kepercayaannya itu. Dalam situasi yang demikianmuncul seorang prajurit yang cerdas dan gagah beranibernama Gajah Mada.
  27. 27. GAJAH MADA
  28. 28. Lanjutan …• Ia muncul sebagai tokoh yang berhasil mamadamkan pemberontakan Kuti, padahal kedudukannya pada waktu itu hanya berstatus sebagai pengawal raja (be(ke(l bhayangka-ri). Kemahirannya mengatur siasat dan berdiplomasi dikemudian hari akan membawa Gajah Mada pada posisi yang sangat tinggi di jajaran pemerintahan kerajaan Majapahit, yaitu sebagai Mahamantri kerajaan.• Pada masa Jayana-gara hubungan dengan Cina kembali pulih. Perdagangan antara kedua negara meningkat dan banyak orang Cina yang menetap di Majapahit. Jayana-gara memerintah sekitar 11 tahun, pada tahun 1328 ia dibunuh oleh tabibnya yang bernama Tanca karena berbuat serong dengan isterinya. Tanca kemudian dihukum mati oleh Gajah Mada.• Karena tidak memiliki putera, tampuk pimpinan Majapahit akhirnya diambil alih oleh adik perempuan Jayana-gara bernama Jayawisnuwarddhani, atau dikenal sebagai Bhre Kahuripan
  29. 29. Jayawisnuwarddhani• Pada masa pemerintahan Jayawisnuwarddhani terjadi pemberontakan Sadeng dan Keta tahun 1331 memunculkan kembali nama Gajah Mada ke permukaan. Keduanya dapat dipadamkan dengan kemenangan mutlak pada pihak Majapahit. Setelah persitiwa ini, Mahapatih Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang terkenal, bahwa ia tidak akan amukti palapa sebelum menundukkan daerah- daerah di Nusantara, seperti Gurun (di Kalimantan), Seran (?), Tanjungpura (Kalimantan), Haru (Maluku?), Pahang (Malaysia), Dompo (Sumbawa), Bali, Sunda (Jawa Barat), Palembang (Sumatera), dan Tumasik (Singapura). Untuk membuktikan sumpahnya, pada tahun 1343 Bali berhasil ia ditundukan.• Ratu Jayawisnuwaddhani memerintah cukup lama, 22 tahun sebelum mengundurkan diri dan digantikan oleh anaknya yang bernama Hayam wuruk dari perkawinannya dengan Cakradhara, penguasa wilayah Singhasari.
  30. 30. Hayam WurukHayam Wuruk dinobatkan sebagai raja tahun 1350 dengangelar S’ri Rajasanagara. Gajah Mada tetap mengabdisebagai Patih Hamangkubhumi (maha-patih) yang sudahdiperolehnya ketika mengabdi kepada ibunda sang raja. Dimasa pemerintahan Hayam Wuruk inilah Majapahitmencapai puncak kebesarannya. Ambisi Gajah Mada untukmenundukkan nusantara mencapai hasilnya di masa inisehingga pengaruh kekuasaan Majapahit dirasakan sampaike Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Maluku,hingga Papua. Tetapi Jawa Barat baru dapat ditaklukkanpada tahun 1357 melalui sebuah peperangan yang dikenaldengan peristiwa Bubat.
  31. 31. Wilayah Kekuasaan Majapahit pada masa Hayam Wuruk
  32. 32. PERANG BUBAT ?... yaitu ketika rencana pernikahan antara Dyah Pitaloka-, puteri raja Pajajaran, dengan Hayam Wuruk berubah menjadi peperangan terbuka di lapangan Bubat, yaitu sebuah lapangan di ibukota kerajaan yang menjadi lokasi perkemahan rombongan kerajaan tersebut. Akibat peperangan itu Dyah Pitaloka (Citrasmi) bunuh diri ,sedangkan ayahnya Raja Sri Baduga tewas ,hal ini menyebabkan perkawinan politik di Pulau Jawa ini gagal (menurut Kidung Sundayana).Dalam kitab Pararaton disebutkan bahwa setelah peristiwa ituHayam Wuruk menyelenggarakan upacara besar untukmenghormati orang-orang Sunda yang tewas dalam peristiwatersebut.
  33. 33. LANJUTAN…Setelah peristiwa Bubat, Maha-patih Gajah Madamengundurkan diri dari jabatannya karena usialanjut, dan meninggal dunia di tahun 1364.Di bawah kekuasaan Hayam Wuruk kerajaan Majapahitmenjadi sebuah kerajaan besar yang kuat, baik di bidangekonomi maupun politik. Hayam Wuruk memerintahkan:1. pembuatan bendungan-bendungan dan saluran- saluran air untuk kepentingan irigasi dan mengendalikan banjir.2. Sejumlah pelabuhan sungai pun dibuat untuk memudahkan transportasi dan bongkar muat barang..
  34. 34. LANJUTAN…• Raja Hayam Wuruk wafat tahun 1389. Ia memerintah selama 14 tahun, menantu yang sekaligus merupakan keponakannya sendiri yang bernama Wikramawarddhana naik tahta sebagai raja, justru bukan Kusumawarddhani yang merupakan garis keturunan langsung dari Hayam Wuruk.
  35. 35. WikramawarddhanaWikramawarddhana memerintah selama duabelas tahunsebelum mengundurkan diri sebagai pendeta. Ia menujukputerinya, Suhita menjadi ratu. Hal ini tidak disetujuioleh Bhre Wirabhumi, anak Hayam Wuruk dari seorangselir yang menghendaki tahta itu dari keponakannya.Perebutan kekuasaan ini membuahkan sebuah perangsaudara yang dikenal dengan Perang Paregreg.
  36. 36. Suhita PERANG PAREGREK• Perang Paregreg :perang saudara antara Bhre Wirabhumi dengan Shu Hita ,yang semula Bhre Wirabhumi memperoleh kemenangan akhirnya harus melarikan diri setelah Bhre Tumapel ikut campur membantu pihak Suhita. Bhre Wirabhumi kalah bahkan akhirnya terbunuh oleh Raden Gajah. Perselisihan keluarga ini membawa dendam yang tidak berkesudahan. Beberapa tahun setelah terbunuhnya Bhre Wirabhumi kini giliran Raden Gajah yang dihukum mati karena dianggap bersalah membunuh bangsawan tersebut.• Suhita wafat tahun 1477, dan karena tidak mempunyai anak maka kedudukannya digantikan oleh adiknya, Bhre Tumapel Dyah Kertawijaya.
  37. 37. Bhre Tumapel Dyah Kertawijaya. Tidak lama ia memerintah digantikan oleh Bhre Pamotan bergelar Sri Rajasawardhana
  38. 38. Sri Rajasawardhana• Sri Ra-jasawardhana yang juga hanya tiga tahun memegang tampuk pemerintahan. Bahkan antara tahun 1453-1456 kerajaan Majapahit tidak memiliki seorang raja pun karena pertentangan di dalam keluarga yang semakin meruncing. Situasi sedikit mereda ketika Dyah Suryawikrama Girisawardhana naik tahta.
  39. 39. Dyah Suryawikrama Girisawardhana• Ia pun tidak lama memegang kendali kerajaan karena setelah itu perebutan kekuasaan kembali berkecambuk. Demikianlah kekuasaan silih berganti beberapa kali dari tahun 1466 sampai menjelang tahun 1500. Berita-berita Cina, Italia, dan Portugis masih menyebutkan nama Majapahit di tahun 1499 tanpa menyebutkan nama rajanya. Majapahit. Tahun 1522 Majapahit tidak lagi disebut sebagai sebuah kerajaan melainkan hanya sebuah kota.
  40. 40. Bidang Sosial1. Masyarakatnya terbagi menjadi empat kasta yaitu : Brahmana,Ksatria,Waisyia dan Sudra.2. Diluar empat kasta, dibagi menjadi tiga golongan : a.Candala : orang-orang yang lahir dari hasil perkawinan kasta yang berbeda. b.Mleccha : para pedagang asing seperti dari India,Cina,Kamboja,Srilanka,Siam yang tidak memeluk agama hindu dan tinggal di kota- kota pelabuhan. c. Tuccha : terdiri dari para penjahatdan orang- orang yang tidak berguna di masyarakat.3. Tatayi (kejahatan) seperti membakar rumah raja, menenung, meracuni sesama, mengamuk,memfitnah dihukum mati.
  41. 41. Faktor Penyebab Keruntuhan ?1. Terjadinya perang saudara yaiti Peranag Paregrek.2. Tidak ada pembentukan kader kepemimpinan karena pada waktu Gajah Mada berkuasa menjadi patih tidak memberi kesempatan kepada generasi muda.3. Banyak negara yang menjadi bawahan Majapahit melepaskan diri setelah Majapahit lemah termasuk angkatan perangnya.4. Masuk dan berkembangnya Agama Islam.5. Kemunduran perdangan Majapahit setelah Majapahit tidak mampu melindungi pusat – pusat dan jalurr perdagangan .6. Serangan Adipati Unus, anak Raden Patah, pendiri kerajaan Demak yang masih keturunan Bhre Kertabhu-mi. Ia menghancurkan Majapahit karena ingin membalas sakit hati neneknya yang pernah dikalahkan raja Girindrawarddhana Dyah Ranawijaya.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×