Minyak bumi (pretoleum)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Minyak bumi (pretoleum)

on

  • 5,347 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,347
Views on SlideShare
5,347
Embed Views
0

Actions

Likes
7
Downloads
478
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Minyak bumi (pretoleum) Presentation Transcript

  • 1. Oleh : Nody Risky Pratomo (22)X-6
  • 2. Minyak bumi adalah cairan kental berwarnacoklat gelap, atau kehijauan yang mudahterbakar, yang berada di lapisan atas dariberberapa area di kerak bumi. Minyak bumiterdiri dari campuran kompleks dari berbagaihidrokarbon, sebagain besar seri alkana dansikloalkana, tetapi bervariasi dalampenampilan, komposisi, dan kemurniannya.
  • 3. Minyak bumi terkandung dari peruraian senyawa-senyawaorganik yang berasal dari jasad organisme kecil yang hidupdi laut jutaan tahun yang lalu. Proses penguraianberlangsung lambat di bawah suhu dan bertekanan tinggi,dan menghasilkan campuran hidrokarbon yang kompleks.Karena minyak bumi memiliki nilai kerapatan yang lebihrendah dari air, maka minyak bumi dapat bergerak ke atasmelalui batuan sedimen yang berpori. Jika tidak menemuihambatan, minyak bumi akan sampai ke permukaan bumi.Namun, umumnya minyak bumi terperangkap dalambebatuan yang tidak berpori. Sehingga minyak bumi disebutjuga Petrolium (petrus: batu, oleum: minyak).
  • 4. 1. Awalnya, para ahli menggunakan petunjuk di permukaan bumi. Minyak bumi biasanya ditemukan di bawah permukaan yang berbentuk kubah di darat (yang dulunya lautan) dan di lepas pantai.2. Kemudian, para ahli melakukan survei seismik untuk menentukan struktur batuan di bawah permukaan tersebut.3. Selanjutnya, para ahli melakukan pengeboran kecil untuk menentukan ada tidaknya minyak. Jika ada, maka dilakukan beberapa pengeboran untuk memperkirakan apakah jumlah minyak bumi ekonomis untuk diambil atau tida
  • 5. Pemisahan Distalasi Proses Pencampuran pengotorbertingkat konversi fraksi dalam fraksi
  • 6. Pada proses ini, minyak mentah tidakdipisahkan menjadi komponen-komponenmurni, melainkan ke dalam fraksi-fraksi, yaknikelompok yang mempunyai kisaran titik didihtertentu.Proses destilasi bertingkat ini dapat dijelaskansebagai berikut:
  • 7. a. Minyak mentah dipanaskan dalam boiler menggunakan upa air bertekanan tinggi sampai suhu ~600˚C. Uap minyak mentah yang dihasilkan kemudian dialirkan ke bagian bawah menara distilasib. Dalam menara distilasi, uap minyak mentah bergerak ke atas melewati pelat-pelat. Setiap pelat memiliki banyak lubang yang dilengkapi dengan tutup gelembung yang memungkinkan uap lewat.c. Dalam pergeraknnya, uap minyak mentah akan menjadi dingin. Sebagaian uap akan mencapai ketinggian di mana uap tersebut akan terkondensasi membentuk zat cair (fraksi).d. Fraksi yang mengandung senyawa-senyawa dengan titik didih tinggi akan terkondensasi di bagian bawah menara distilasi. Sedangkan frkasi senyawa-senyawa dengan titik didih rendah terkondensasi di bagian atas menara.
  • 8. Fraksi Minyak Bumi Jumlah Atom Karbon Titik didihGas 1-4 < 20Nafta (gasolin) 5-10 27 – 177Kerosin 10-15 177 – 293Minyak Gas Ringan 13-18 204 – 343Minyak Gas 16-40 315 – 565Residu Bitumen >40 > 565
  • 9. Adalah penyusunan ulang struktur molekulhidrokarbon, yang bertujuan untukmemperoleh fraksi-frkasi dengan kuantitas dankualitas sesuai permintaan pasar.Beberapa jenis proses konversi dalam kilangminyak adalah:A. CrackingB. ReformingC. AlkilasiD. coking
  • 10. Adalah pemecahan molekul besar menjadimolekul-molekul kecil. Contohnya:perengkahan fraksi minyak ringan/beratmenjadi fraksi gas, bensin, kerosin, dan minyaksolar/diesel
  • 11. Reforming bertujuan mengubah strukturmolekul rantai lurus menjadi rantai bercabang /alisiklik/ aromatik. Sebagai contoh, komponenrantai lurus (C5-C6) dari fraksi bensin diubahmenjadi aromatik.
  • 12. Adalah penggabungan molekul-molekul kecilmenjadi molekul besar. Contohnya,penggabungan molekul propena dan butenamenjadi komponen fraksi bensin
  • 13. Adalah proses perengkahan fraksi residu padatmenjadi fraksi minyak bakar dan hidrokarbonintermediat (produk antara). Dalam produk inidihasilkan kokas (coke). (kokas dihunakan diindustri alumunium sebagai elektrode untukekstrasi logam Al).
  • 14. Fraksi-fraksi mengandung berbagai pengotor antara lainsenyawa organik yang mengandung S, N, O; air; logam;dan garam anorganik. Pengotor dapat dipisahkandengan cara melewatkan fraksi melalui:a. Menara asam sulfat ( memisahkan hidrokarbon tidak jenuh, senyawa nitrogen, senyawa oksigen dan residu padat)b. Menara absorpsi ( mengandung agen pengering untuk memisahkan air)c. Scrubber ( memisahkan belerang/ senyawa belerang)
  • 15. Pencampuran fraksi dilakukan untuk mendapatkanproduk akhir sesuai yang diinginkan. Sebagai contoh:a. Fraksi bensin dicampur dengan hidrokarbon rantai bercabang/ alisiklik/ aromatik dan berbagai aditif untuk mendapakan kualitas tertentu.b. Fraksi minyak pelumas dicampur dengan berbagai hidrokarbon dan aditif untuk mendapatkan kualitas tertentuc. Fraksi nafta dengan kualitas (grade) untuk industri petrokimia.
  • 16. LPG Bensin Kerosin Minyak Minyak Solar Pelumas dan Aspal
  • 17. LPG merupakan singkatan dari Liquefied Petroleum Gas. LPGadalah campuran dari berbagia unsur hidrokarbon yangberasal dari fraksi gas hasil penyulingan minyak mentah.Sebenarnya, senyawa alkana yang terkandung dalam LPGberwujud gas pada suhu kamar. LPG dibuat dalam bentuk cairkarena volume LPG dalam bentuk cair lebih kecil dalambentuk gas untuk berat yang sama. Wujud gas diubah menjadicair dengancara menambah tekanan dan menurunkansuhunya.Fungsi LPG digunakan untuk bahan bakar kendaraanbermotor, bahan bakar kompor masak, dan bahan pendingin.
  • 18. bensin mengandung senyawa hidrokarbon denganjumlah atom karbon antara 5 hingga 12 yangberasal dari fraksi nafta dan fraksi minyak gasberat hasil penyulingan minyak bumi. Senyawahidrokarbon yang terkandung dalam bensin dapatberupa alkana rantai lurus, alkana rantai bercaban,sikloalkana, aromatik, dan alkena. Bensin cocokdigunkana sebagai bahan bakar kendaraan yangtidak bermesin deisel, seperti sepeda motor dansebagian kendaraan bermotor roda empat.
  • 19. Mampir dulu ke Bilangan Oktan...
  • 20. Bilangan oktan menyatakan tingkat kemampuan daya bahan bakar bensin. Semakin tinggi nilai bilangan oktan, semakin cepat kemampuan daya bakarnya. Nilai bilangan oktan dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut :Bilangan Oktan : (% isooktana x 100) + (% n-heptana x 100)
  • 21. Bilangan oktan bensin dapat ditingkatakan dengan berbagaicara, di antaraya dengan menambahkan Tetra Enthyl Lead(TEL) dan mengubah struktur senyawa hidrokarbon yangterdapat dalam bensin.a. TEL ditemukan oleh ilmuwa amerika Thomas midgley. Pembakaran bensin ditambakan TEL akan mengurangi ketukan pada mesinb. Mengubah struktur senyawa hidrokarbon dilakukan dengan mengubah senyawa hidrokarbon yang berbilangan oktan rendah menjadi tinggi (urutan dari rendah ke tinggi : aromatik, alkena, alkana rantai bercabang, naftlena, sikloalkana, dan alkana rantai lurus)
  • 22. Teknik pengubahan PenjelasanCatalytic naptha reforming Mengubah alkana menjadi senyawa aromatikFluided catalytic cracking Mengubah hidrokarbon rantai panjang yang mempunyai titik didih tinggi menjadi hidrokarbon dengan rantai lebih pendekIsomerisation Mengubah alkana rantai lurus menjadi alkan berantai cabangAlkylation Mereaksikan alkena dengan isobutana untuk menghasilkan isoalkana yang berbilangan oktan tinggi
  • 23. Balik lagi ke Kegunaan Minyak Bumi....
  • 24. Kerosin adalah cairan hidrokarbon yang tidak berwarnadan mudah terbakar. Kerosin diperoleh dengan caradistilasi fraksional dari minyak mentah pada 150˚C dan275˚C (rantai karbon dari C12 sampai C15 ).Kerosin digunakan sebagai bahan bakar kompor masak,bahan bakar alat penerang, dan bahan bakar pesawatterbang. Kerosin yang digunakan untuk masak dan alatpenerang dikenal dengan minyak tanah, sedangkanuntuk bahan bakar pesawat terbang dikenal avtur.
  • 25. Solar adalah fraksi minyak bumi dengan titikdidih antara 250-340˚C. Minyak solar digunakansebagai bahan bakar diesel. Kualitas minyaksolar dinyatakan dengan bilangan setena.Angka setena adalah tolak ukur kemudahanmenyala atau terbakar dari suatu bahan bakardi dalam mesin diesel.
  • 26. Minyak pelumas atau minyak oli berasal darifraksi minyak gas berat. Kegunaan dari minyakpelumas, di ataranya mencegah karat danmengurangi gesekan.Aspal berasal dari residu bumi. Kandunganutama aspal adalah senyawa karbon jenuh dantidak jenuh, alifatik, dan aromatik yangmempunyai atom karbon sampai 150 permolekul. Aspal digunakan untuk melapisipermukaan jalan.
  • 27. Propilen glikol mempunyai banyak kegunaandalam bidang pangan. Propilen glikol digunakansebagai bahan penyedap rasa, pelarut zat warnamakanan dan humektran bahan tambahanmakanan.Gas etilen dan gas asetilena biasa digunakan untukmempercepat pematangan buah. Gas etilenadapat diproduksi dari cracking fraksi minyak bumi.Gas asetilen dihasilkan selama pengkarbitan, yaituhasil reaksi karbit (CaC2) dengan air
  • 28. Saat ini banyak dikembangkan bahan pakianyang terbuat dari polimer, di antaranyapoliester, polipropilena, poliuretan, dan nilon.Polimer berasal dari senyawa hidrokarbonseperti etilena, prolilena dan benzena.Beberapa produk sandang dengan bahan bakupolimer yaitu jaket, sarung tangan, sepatu danrok wanita
  • 29. Polistirena dapat digunakan sebagai busapenahan panas yang dipasang pada rumah-rumah yang berada di daerah dingin.Polistirena (karet sintetis) diperoleh daripolimerisasi turunan benzena, yaitu striena(C6H5 –CH=CH2).
  • 30. 1. Etenamerupakan bahan baku pembuatan pembuatan plastikpolietena/polietilna. Selain itu, etena dapat diubah menjadi1.2-dikloroetana, etil benzena, dan vinil asetat. Ketiga zatkimia tersebut masing-masing merupakan bahan dasarpembuatan plastik PVC, polistirena, dan polivinil asetat.I. Polietena digunakan sebagai bahan baku kantong plastik, gelas plastik, kemasan makanan, botol, dan mainan anak- anak.II. polivinil klorida banyak digunakan sebagai bahan pipa airIII. Polivinil asetat merupakan polimer yang dimanfaatkan sebagai zat perekat , bahan baku cat, dan disket komputer.
  • 31. a. Etilena OksidaEtilena oksida direaksikan dengan air untukmenghasilkan etilena glikol. Etilena glikoldigunakan sebagai zat anti beku dan pendinginmesin kendaraan.b. EtanolEtanol dapat dimanfaatkan dalam bidangkesehatan sebagai pembersih luka, pelarut, danbahan bakar kendaraan.
  • 32. 2. PropenaPropilena dapat digunakan sebagai bahan bakupembuatan plastik polipropilena (PP). Plastik PPmerupakan plastk yang tidak tembus cahaya, kuat,dan keras.Perubahan Propena:a. Isopropil Alkohol (Zat aditif bahan bakar, pembersih CD)b. Aseton (pelarut, pembersih kuku, pembersih lem)c. Propilena Oksida dan Propilena Glikol ( pembuatan shampo, sabun mandi, dan tisu.)
  • 33. Propilena glikol dapat digunakan untukmembuat asap buatan dalam pertunjukanteater dan musik. Selain itu, bahan plastik yangterbuat dari polipropilena dapat dicetakmenjadi berbagai bentuk yang menarik danbernilai tinggi.
  • 34. Beberapa senyawa hidrokarbon dapatdigunakan untuk bahan baku minyak wangi.Senyawa terpena yang terdiri dari dua ataulebih unit isoprena (2-metil-1,3-butadiena)dapat menghasilkan aroma bunga mawar danlaveender.
  • 35. Partikulat merupakan zat pencemar padatmaupun cair yang terdispersi di udara. Salahsatu zat pencemar yang biasa berada dalambentuk pertikulat adalah sulfur yangterkandung dalam bahan bakar solar. Sulfurdapat menyebabkan pembengkakan membranmukosa karena iritasi sehingga menghambataliran udara pada saluran pernafasan.
  • 36. Gas CO dihasilkan dari pembakaran tidaksempurna. Penyebabnya adalah kurangnyaoksigen. Karbon monoksida bersifat racun,mengakibatkan turunnya berat janin,meningkatkan jumlah kematian bayi, sertamenimbulkan kerusakan otak.
  • 37. Tel dapat meningkatkan bilangan oktan, akan tetapipenggunaan TEL dalam bensin menimbulkandampak negatif. Besin yang dicampur TEL akanmenghasilkan gas buang yang mengandung logamtimbel. Logam timbel dapat mengakibatkanpenurunan kecerdasan, penghambat pertumbuhan,mengurangi kemampuan mendangar danmemahami bahasa, menghilangkan konsntrasi padaanak, dan menurunkan kesuburan pada pria danwanita dewasa.
  • 38. Ozon merupakan gas yang sangat beracun danberbau sengit. Secara kimiawi, ozon lebih akitfdibandingkan oksigen biasa dan juga merupakan zatpengoksidasi yang lebih baik. Biasanya, ozondigunakan dalam proses pemurnian air, sterilisasiudara, dan pemutihan jenis makanan tertentu. Ozondapat menimbulkan kerusakan serius pada tanaman,menimbulkan pernyakit pernapasan seperti bronkitisdan asma.
  • 39. TEL ditambahkan pada bensin untukmeningkatkan kualitasnya. Namun, hasilkeluaran dari bensin yang dicampur timbel,akan menghasilkan timbel. Hal ini dapat diatasidengan penggunaan MTBE (methyl tertiarybutyleteher). Namun, MTBE mempunyai sifatyang mirip dengan minyak dan sukar teruraidalam tanah.
  • 40. Adalah etanol yang diproduksi dari tumbuhan.Misalnya air tebu. Bioetanol dapat digunakansebagai bahan bakar kendaraan, baik murnimaupun dicampur dengan bensin. Bensin yangdicampur alkohol dikenal dengan gasohol.Pembakaran bioetanol menciptakan CO2 bersihke lingkungan karena zat yang sama akandiperlukan untuk pertumbuhan tanamansebagai bahan baku bioetanol.
  • 41. Bahan bakar biodiesel berasal dari tumbuhan atau darihewan yang direaksikan dengan metanol sehinggadiperoleh minyak metil ester yang sering disebutdengan biodiesel.Biodiesel sangat mudah digunakan dan dapat langsungdimasukan ke dalam mesin diesel tanpa perlumemodifikasikan mesin. Dan dapat dicampur solaruntuk mendapatkan setana yang lebih tinggi (semakinaman emisi gas buangnya).Biodisel juga berfungsi sebagai pelumas sekaligusmembersihkan injector, serta dapat mengurangi emisikarbon dioksida, partikulat berbahaya, dan sulfur oksida
  • 42. Adalah mobil yang menggunakan listriksebagai sumber tenaganya. Rangkaian mekanisdari motor tersebut hanya dapat difungsikanjika dialiri arus listrik AC maupun DC. Dalamsetiap unit motor terdapat komponenpenyimpanan energi menyerupai bateai atauaki. Sumber tenaga aki 200Ah/12V yangdigunakan sebanyak 3 buah.
  • 43. Energi yang digunakan untuk menggerakanmobil hibrida berasal dari gabungan mesinpembakaran internal (sumber energi BBM) danlistrik (sumber energi baterai). Baterai dapatdiisi ulang pada saat kendaraan berhenti.Kelebihan lainnya, emisi keluaran mesinpembakaran internal digunakan untukmenggerakan generator menghasilkan listrikyang kemudian disimpan dalam baterai.