Pemanasan Global [Global Warming]

17,218 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
17 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
17,218
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
56
Actions
Shares
0
Downloads
1,544
Comments
0
Likes
17
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemanasan Global [Global Warming]

  1. 1. Guru PembimbingDrs. Oan Hasanuddin, Sag, RO, AKp, MA, M. Kesfer.
  2. 2. Global Warming atau yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan pemanasan global ialah suatu prosesyang ditandai dengan meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
  3. 3. Efek Rumah Kaca Ketika energi matahari sampai di Bumi, ia akan berubah menjadi panas. Tetapi tidak semua panas yang akan diserap, sebagian lagi akan dipantulkan kembali ke luar angkasa. Namun sebagian panas tetap terperangkap di dalamatmosfer bumi karena menumpuknya gas rumah kaca. Akibatnya energi panas tadi akan terus tersimpan di permukaan bumi. Dan akibatnya suhu rata-rata permukaan bumi pun terus meningkat.
  4. 4. Efek Umpan Balik Efek umpan balik ini adalah pada proses penguapan air. Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi, lautan akan menyebabkan meningkatnya penguapan air ke atmosfer. Uap air sendiri memicu terjadinya Global Warming. Ini mengakibatkan pemanasan akan terus menerus berlangsung dan menambah uap air diatmosfer hingga kesetimbangan konsentrasi uap air tercapai.
  5. 5. Variasi Matahari Variasi dari matahari mampu memberikankontribusi dalam pemanasan global saat ini. Aktivitas matahari yang meningkat dapat menyebabkan meningkatnya suhu stratosfer. Fenomena variasi matahari serta aktivitas gunung berapi di berbagai belahan bumi ini diperkirakan telah menyebabkan efek pemanasan sejak dahulu.
  6. 6. Iklim Tidak Stabil Proses global warming yang berlangsung di bagian utara bumi akan memanas lebih cepat. Hal ini menyebabkan banyak gunung es mencair. Es yang terapung di perairan utara tersebut pun akan berkurang.Akibatnya, daerah yang dulunya mengalamihujan salju ringan, mungkin beberapa waktuyang akan datang tidak akan mengalaminya lagi akibat global warming.
  7. 7. Meningkatnya Permukaan Laut Ketika suhu atmosfer meningkat, suhulapisan permukaan laut juga ikut meningkat. Akibatnya, volume air laut akan meningkat karena efek anomali air dan tinggi permukaan laut pun semakin meningkat. Selain itu telah banyak es di kutub yang mencair). Mencairnya es tersebut jugamampu memperbesar volume air laut di bumi.
  8. 8. Peningkatan Suhu Global Bumi yang lebih hangat mampumenghasilkan lebih banyak berbagai macam hasil pangan dari sebelumnya, namun hal tersebut tidak berlaku sama di semua tempat. Berbagai lahan pertanian semikering di wilayah Afrika kemungkinan akanmengalami kerugian besar akibat kurangnyaair irigasi jika suhu global terus meningkat.
  9. 9. Gangguan EkologisAkibat pemanasan global, binatang di alam liar lebih memilih untukbermigrasi atau pindah ke arah kutub atau ke pegunungan mencari tempat yang lebih dingin. Tumbuhan pun akan merubah arah laju pertumbuhannya guna mencari habitat baru. Namun migrasi ini akan terganggu oleh pembangunan yang dilakukan manusia di habitat alami mereka.
  10. 10. Yang bisa dilakukan adalah mengatasi berbagai efek yang muncul dan melakukan berbagai langkah untuk memperlambat perubahan iklim di masa yang akan datang.Contoh :Mengurangi pemakaian AC, Spray, Lemari Es, dan Penggunaan Rumah Kaca.

×