Orientasi Pendidikan Kepramukaan dalam Pembinaan Kepribadian (Bab V : Penutup)

1,029 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,029
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Orientasi Pendidikan Kepramukaan dalam Pembinaan Kepribadian (Bab V : Penutup)

  1. 1. BAB IVKESIMPULAN DAN SARANA. KesimpulanBerdasarkan hasil-hasil penelitian sebagaimana dikemukakan makadengan mengacu pada fokus penelitian dapat di kemukakan sebagai berikut:1. Kesimpulan UmumSecara umum pola kaderisasi pada Gerakan Pramuka diGugus Depan 01151-01152 pangkalan STAIN Jember itu dalambentuk diklat di dalam ruang dan diklat di luar ruang (lapang) akantetapi bukan itu saja pengalaman yang bersifat non formal pun jugadilakukan yaitu berupa pendekatan Dewan Racana (pengurus) padaanggotanya dalam rangka menumbuhkan rasa cintanya pada GerakanPramuka2. Kesimpulan Khususa. Pola kaderisasi yang di lakukan oleh Dewan Racana dalamdiklat ruang yaitu dengan menanamkan konsep-konsep danmateri-materi yang dipersiapkan untuk calon pemimpin yangdiberikan pada kegiatan pertara dan orientara month yangmeliputi materi; sejarah Pramuka dan Racana, konsep diri,keorganisasian, kepemimpinan dan pengambilan keputusan.90
  2. 2. b. Pola kaderisasi pada Gerakan Pramuka di Gugus Depan 01151-01152 pangkalan STAIN Jember yang dilaksanakan olehDewan Racana dalam diklat lapang terwujud dalam kegiatanPerjalanan Suci Kemah Bakti (PSKB) yang meliputi materi,kemandirian, kedisiplinan dan bhakti sosial yang ditanamkanpada anggota, diharamkan anggota mempunyai sifat mandiri,disiplin dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat.c. Pola kaderisasi pada Gerakan Pramuka di gugus depan 01151-01152 pangkalan STAIN Jember yang dilaksanakan oleh DewanRacana secara non formal yaitu pendekatan Dewan Racanapada anggota secara per sen dan pemberian tugas pada anggotauntuk menjadi ketua Reka Kerja (panitia) dalam suatu kegiatan.B. Saran-saranDi akhir penulisan skripsi ini dan dari hasil penelitian ini makaperlu disampaikan kepada lembaga maupun yang berkaitan dengan polakaderisasi kepemimpinan yang ada di Gerakan Pramuka STAIN Jember.Adapun saran-sarannya sebagai berikut:1. Kepada Dewan Racana diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitaspola kaderisasi dan meningkatkan program kerja pada anggota PramukaSTAIN Jember agar menjadi pemimpin yang memiliki kredibilitas,loyalitas yang tinggi.2. Kepada Dewasn Racana diharapkan untuk lebih di tingkatkan ke arahyang lebih baik yang bisa memberikan arahan pada jajaran nya dan bisamengayomi anggotanya.
  3. 3. 3. Kepada pembina Gerakan Pramuka pramuka STAIN Jember di harapkanmengarahkan dan memberikan bimbingan kepada warga Pramuka agarselalu eksis, aktif dan selalu mengalami peningkatan kualitas dankuantitasnya.Kepada anggota Gerakan Pramuka STAIN Jember diharapkanuntuk lebih sungguh-sungguh berproses di Gerakan Pramuka STAIN Jemberagar nantinya menjadi pemimpin yang mampu bersosialisasi denganmasyarakat.

×