Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet

on

  • 14,844 views

 

Statistics

Views

Total Views
14,844
Views on SlideShare
14,822
Embed Views
22

Actions

Likes
1
Downloads
120
Comments
0

4 Embeds 22

http://alfiannuraga.blogspot.com 18
http://www.alfiannuraga.blogspot.com 2
http://nurza211.blogspot.com 1
https://abs.twimg.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet Presentation Transcript

  • MENJELASKAN PENGERTIANDASAR INTERNET DANINTRANET
  • PENGERTIAN DASAR INTERNET Kata “Internet” sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, apalagi kaum muda yang masih mengenyam pendidikan. Namun apakah semua orang sudah memahami pengertian dasar dari internet? Jawabnya belum tentu. Pre test dari siswa kelas IX yang notabene memperolah pembelajaran tentang internet, belum ada yang menjawab dengan benar pengertian dari internet. Bisa disimpulkan jika pre test pengertian dari internet yang ditujukan kepada siswa kelas IX, tidak jauh dari kisaran berfacebook ria, mencari informasi, berkomunikasi dengan teman yang jauh jaraknya dengan komputer. Dengan kata lain jawabannya adalah aktivitas dalam memanfaatkan koneksi internet.
  •  Internet kepanjangannya Interconnected Network. Inter = luas, connected = saling berhubungan/terhubungkan. Net = jaring, work = kerja. Internet adalah sekumpulan perangkat TIK yang saling berhubungan membentuk jaringan yang tidak terbatas. Internet milik masyarakat dunia. Tidak ada yang bisa mengklaim (menyatakan kepemilikan). Perangkat TIK yang dimaksud adalah Komputer, Laptop maupun Handphone. Perangkat-perangkat tersebut bisa saling berhubungan secara teknologi dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel.
  • SEJARAH INTERNET Pada awalnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency). Dengan proyek tersebut mereka bisa melakukan komunikasi dengan jarak tak berhingga dengan jaringan tersebut yang memanfaatkan saluran telepon. Proyek tersebut juga bisa merancang bentuk jaringan, kehandalan dan kapasitas transfer informasi. Rancangan tersebut yang sekarang menjadi cikal bakal standar konstruksi internet sekarang.
  •  Konektivitas jaringan yang berhasil ditemukan pada proyek tersebut akhirnya diberi nama ARPANET. Organisasi ARPA yang dibentuk tersebut terdiri dari personel/orang-orang dari 4 universitas di Amerika (Stanford Research Institute, University of California Santa Barbara, University of California Los Angeles dan University og UTAH. Setelah proyek ARPANET dihentikan, proyek dibiayai lanjutan oleh NSF (Nation Science Foundation), kalau di Indonesia namanya LIPI. ARPANET diubah namanya menjadi NSFNET dan dikembangkan dengan kecepatan dan kapasitas lebih baik lagi dan sudah digunakan di Universitas untuk keperluan pendidikan. Pada awal tahun 1990, pemerintah Amerika memberi izin penggunaan fasilitas ini untuk komersial. Mulailah Internet digunakan masyarakat banyak/umum.
  • DAMPAK POSITIF (MANFAAT) DAN NEGATIFINTERNET (KERUGIAN) Internet merupakan jaringan tak terbatas yang informasi dan kemampuannya tak terbatas. Karenanya internet memiliki manfaat dan kerugiannya. Manfaat Internet, diantaranya : Kemudahan dalam menyampaikan informasi baik berita maupun promosi, bila dibandingkan dengan radio maupun televisi. Kemudahan dalam berkomunikasi baik audio (suara) maupun visual (bergambar). Kemudahan untuk penyelesaian pendidikan, penelitian dan pengembangan. Kemudahan untuk pertukaran data
  •  Kerugian internet, diantaranya : Informasi tidak terbatas yang tidak bisa difilter secara sempurna, sehingga pornografi, pendidikan kekerasan dan kejahatan lainnya bisa dilakukan. Terjadinya pemborosan, bisa waktu atau biaya. Hak cipta jadi kabur bahkan hilang. Manipulasi dan penipuan.
  • INTRANET Kependekan dari Internal Network. Sekumpulan komputer yang saling berhubungan membentuk sebuah jaringan dalam area terbatas dengan mengadopsi teknologi internet. Keterbatasan tempat misalnya dalam lingkup perusahaan, lingkup satu sekolah atau instansi. Pengembangan teknologi intranet yang bertujuan untuk mengekspos informasi internal sebuah perusahaan / industri ke jaringan internet disebut dengan extranet.
  • PERBEDAAN INTERNET DENGAN INTRANET Walaupun mempergunakan teknologi yang sama, namun antara internet dengan intranet dapat dibedakan dengan mudah. Perbedaan ini terletak pada bagian informasi dan perangkat jaringannya. Pada jaringan intranet, informasinya terbatas pada internal tempat intranet digunakan sehingga aksesnya pun terbatas di lingkup itu saja. Sedangkan pada jaringan internet, informasinya tidak terbatas dan informasi tersebut selalu terupdate, bisa diakses dimanapun dan kapanpun dengan perangkat yang mendukung. Pada jaringan intranet, perangkat jaringan yang digunakan cukup dengan perangkat jaringan lokal saja sehingga koneksi komputer terbatas areanya. Sedangkan pada jaringan internet, diperlukan tambahan perangkat jaringan yang bisa menghubungkan komputer atau perangkat TIK lainnya agar bisa terjalin hubungan.
  • PENGERTIAN INTRANET Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.
  • KEUNTUNGAN PENGGUNAAN INTRANET BAGI SUATUORGANISASI ATAU PERUSAHAAN ADALAH: Produktifitas kerja Efisiensi waktu Komunikasi Sistem publikasi web Efektifitas biaya Keseragaman informasi Meningkatkan kerjasama
  • KELEMAHAN INTRANET ADALAH : Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.
  • FASILITAS DAN MANFAAT INTRANET Fasilitas intranet adalah jaringan komputer internet local yang berdasarkan pada standar internet dan world wide web (www). Teknologi intranet terbentuk dari internet sehingga kemudahan, rendahnya biaya operasional, fleksibilitas, dan open system technology yang tidak tergantung dari platform menjadikan intranet sebagai salah satu pilihan unggulan. Berikut ini adalah manfaat dan fasilitas intranet:
  •  Protokol, protocol-protokol yang berada dalam lingkungan TCP/IP adalah HTTP, FTP, MIME, SMTP, NNTP, dan POP. Intranet, dapat mengakses semua pelayanan internet pada web browser. Misalnya, browser dapat mengirim e-mail dengan menggunakan SMTP (simple mail transfer protocol) untuk standard mail internet. Groupware, lebih bersifat sebagai model server push yang menyajikan kemungkinan kerja sama melalui komunikasi kolaborasi dan koordinasi. Workflow, merupakan kemampuan otomatisasi transfer informasi untuk mendukung aliran kerja system informasi. Tingkat kebutuhan informasi dalam oprganisasi bisnis, yaitu pelayanan informasi, pelayanan interaktif, pelayanan pelanggan yang lebih baik, dan enterprise connectivity.