• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Guna mempelajari hukum adat
 

Guna mempelajari hukum adat

on

  • 1,523 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,523
Views on SlideShare
1,511
Embed Views
12

Actions

Likes
0
Downloads
3
Comments
0

1 Embed 12

http://nuelimmanuel22.blogspot.com 12

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Guna mempelajari hukum adat Guna mempelajari hukum adat Presentation Transcript

    • 1. Angga Ario (105010100111112)2. Muhammad Arief E.P. (105010100111021)3. Rizki Dwi Prasetyo (105010100111042)4.Bagus Tri Adikarya (105010100111050)5. Mayang B. Adjani (105010100111028)6.Adytia Gibran (0910113065)7. Agil Prianggara (0910113066)8.Akbar Surya (0910113068)9.Tigor Denny S. (0910113196)10.Bobi Triswayudi (0910113090)
    • • Sikap ilmu untuk ilmu• Sikap ilmu untuk masyarakat
    • - Hukum adat dipelajari untuk memenuhi tugaspenyelidikan dan pengajaran.- Sikap ilmu untuk ilmu intinya menginginkan hukum adatjauh dari pengaruh modernisasi. Dengan adanya maksudtersebut, sikap ilmu untuk ilmu justru menjadi halanganuntuk memanfaatkan hasil penyelidikan ilmiah bagikemajuan bangsa Indonesia dan hukum adat itu sendiri.- Pada dasarnya sikap ilmu untuk ilmu merupakan sikap licikdari Belanda yang menginginkan bangsa Indonesiamenjadi bangsa yang buta terhadap dunia luar, sehinggapengetahuan bangsa Indonesia sangat rendah danakhirnya Belanda dapat menguasai dengan mudah.
    • - Sikap ilmu untuk masyarakat muncul akibatkeraguan terhadap sikap ilmu untuk ilmu yangdianggap politik dari Belanda untukmenghancurkan bangsa Indonesia.- Tujuan inti dari sikap ilmu untuk masyarakatadalah mengajarkan ilmu ( khususnya hukum adat) guna untuk kepentingan pembangunan bangsaIndonesia, sehingga bangsa Indonesia dapatberfikir secara universal dan kemampuanakademis dapat meningkat secara signifikan.
    • - Hukum adat sebagai landasan pembinaan hukumnasional ( Tap MPRS No. II tahun 1960 ).- Hukum adat digunakan untuk membina hukum-hukum lain yang ada di Indonesia dengan caramenggunakan asas-asas hukum adat. Hukum adatjuga digunakan untuk mewujudkan pembaharuandan pembangunan hukum nasional.
    • - Hukum adat menjadi suatu jembatan dalammembangun kembali kepribadian bangsaIndonesia dan menjadi penggugah bangsaIndonesia untuk kepribadian bangsa Indonesia.- Kepribadian bangsa Indonesia sangat eratdengan sikap menghargai terhadap kebudayaanbangsa Indonesia dan jiwa nasionalisme( persatuan bangsa, kemerdekaan, keaslian, danharga diri ).
    • - Hukum adat dapat digunakan oleh hakim sebagai alatdalam menyelesaikan perkara.- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakanhukum adat sebagai alat menyelesaikan perkara( Ter Haar ) :1. Mengetahui tentang sistem hukum adat.2. Mengenal perubaha hukum dalam masyarakat3. Menerapkan azas keadilan dari perikemanusiaandalam suatu perkara.4. Memperhatikan putusan yang terdahulu( yurisprudensi )
    • - Dalam sebuah perkembangan zaman, keadaan bangsa Indonesia takluput dari perubahan. Perubahan inilah yang juga mempengaruhikonsistensi hukum adat. Kami mengambil contoh tentang pemahamanyang kurang dari para mahasiswa di perguruan tinggi terhadap materihukum adat yang dianggap tidak begitu penting, sehingga materihukum adat yang semulanya harus dipelajari dengan serius menjadimateri yang seperti angin lewat. Hal ini menunjukkan suatu ketidakkonsistennya hukum adat karena suatu perubahan kepribadian bangsaIndonesia.Jika kita menelaah bacaan diatas, kita menemukan suatupermasalahan. “ Bagaimana mengembalikan sebuah konsistensi hukumadat agar dapat menjadi suatu hukum yang perkasa dan dapatmembentuk kepribadian bangsa Indonesia ? “. Untuk menjawab hal iniperlu membutuhkan sebuah kesadaran diri dan sebuah transformasikarena perubahan tidak timbul dari adanya paksaan, melainkan adanyakeseragaman antara diri dengan orang lain untuk mewujudkankonsistenitas tersebut.
    • - Melihat sejarah pendudukan Belanda di negara Indonesia, bangsa kitaseperti robot yang dikendalikan remote control dan remote controltersebut dipegang Belanda. Efek dengan adanya hal tersebut, bangsakita tak berdaya dan tidak mempunyai kesempatan dalammengembangkan ilmu. Sekarang menelaah pada masa kini, di dalampemerintahan kita menemukan suatu ajang pertarungan kekuasaantanpa memperhatikan situasi dan kondisi dibawahnya. Pemerintahanbergaya seperti pendudukan Belanda yang tak pandang bulu terhadaplawannya.Melihat hal tersebut, apa salahnya jika pertarungan kekuasaan itudiganti dengan pertarungan untuk membebaskan masyarakat yangkurang beruntung, membebaskan biaya sekolah bagi anak darikeluarga kurang mampu, dan sebagainya. Khusus hukum adat,pemerintah harus membudayakan budaya adat-adat yang ada diIndonesia, jangan membudayakan budaya nonton film porno,bertamasya berkedok kepentingan negara, dan mengkonsumsi produk-produk buatan luar negeri.
    • TERIMA KASIHHUKUM BERSATU TAK BISA DIKALAHKAN