File slideshare presentasi kk2 (vita)

371 views
262 views

Published on

Sebagai tugas KK@ TKJ
Nama : Norma Vita Hartanti
Kelas : X TKJB
NO : 23

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
371
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

File slideshare presentasi kk2 (vita)

  1. 1. N a m a :N o r m a V i t a Ha r t a n t i K e l a s :X T K J B N o :23
  2. 2.  Mouse Keyboard Scanner Light pen Joy stick
  3. 3. Mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabelFUNGSI MOUSE : Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse dipapan yang datar. Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0. Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang. Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain. Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet.
  4. 4. Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yangberbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintahyang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU. Keyboard terdiridari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing.Fungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap hurufmaupun angka yang kita ketikkan kemudianmenyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manualtersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehinggadapat dimengerti oleh prosessor.
  5. 5. Scanner komputer atau di sebut juga alatpemindai adalah suatu perangkat yangdigunakan untuk memindai (memindahkan) teksdokumen, foto, suatu benda dan lain-lain.Fungsi Scanner adalah suatu alat yang berkerjadengan memindahkan sebuah atau beberapaobjek yang terdapat di atas lensa scanner kedalam memory penyimpanan komputer. Jadi jikadiatas lensa scanner terdapat sebuah kertasyang berisi teks ataupun gambar, nantinya isiyang ada pada kertas yang bersangkutan iniakan dipindahkan 100% ke dalam komputer kita.
  6. 6.  Pengertian Light Pen Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Fungsi light pen Light PenLight pen adalah pointer elektronik yang berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  7. 7. Alat yang digunakan untuk memindahkanobjek gambar di dalam layar monitorcontohnya Logitech. Fungsi joystick samafungsinya dengan mouse hanya saja joysstick digunakan untuk program game sepertigame mobil , menggunakan joys stick yangberbentuk stir mobil dengan menggunakanpedal gas, rem kopling, yang pastinya sepertimengendarai mobil asli.
  8. 8.  Monitor Speaker Projector Printer Driver
  9. 9. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware)yang digunakan sebagai penampilan output video dari padasebuah komputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapatdipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehinggadikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar makatentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan samasekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan komputer.Fungsi Monitor :Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian outputyang berupaya memaparkan aksara dan/atau imej, baik diamatau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskanoleh kad grafik. Tedapat empat jenis Monitor, iaitu Monitormonokrom, Monitor warna, Monitor segerak berbilang, danMonitor ELD (Elektro Luminescent Display). Setiap Monitormempunyai ciri-ciri dan sejarah tersendiri.Mutu Monitor tergantung kepada beberapa faktor. Yangterutama ialah bilangan piksel yang dipaparkan oleh skrinnya;lebih banyak pikselnya, lebih tajamnya teks dan grafik yangdipaparkan.
  10. 10. Perangkat elektronika yang terbuat dari logam danmemiliki membran, kumparan, serta magnet sebagaibagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran,sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikianjuga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker salingterkait satu sama lain.Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubahgelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadigelombang suara atau getaran. Proses pengubahangelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyitersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguataudio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruhgaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnyaarus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkanpada membran akan mengikuti dan jadilah gelombangbunyi yang dapat kita dengarkan.
  11. 11.  Proyektor adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Pengertian lainnya adalah alat optik yang digunakan untuk memproyeksikan gambar pada sebidang layer. Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan di sampaikan dapat diproyeksikan ke layar sehingga informasi berupa tulisan, gambar, bagan, dan lain-lain akan menjadi lebih besar dan lebih jelas di lihat.
  12. 12. Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras)yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsiuntuk mencetak tulisan, gambar dan tampilanlainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi(dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlahtitik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggiresolusinya maka akan semakin bagus cetakan yangdihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah makahasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
  13. 13. Pengertian driver atau device driver dalambahasa Indonesia adalah pengendaliperangkat keras, driver merupakan istilahteknologi informasi yang mengacu kepadakomponen perangkat lunak yangmengizinkan sebuah sistem komputeruntuk berkomunikasi dengan sebuahperangkat keras.
  14. 14.  Processor RAM ROM CU ALU MAINBOARD
  15. 15. Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendalicomputer yangdidukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuahIC yang mengontrolkeseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dandigunakan sebagai pusat atauotak dari komputerFungsinya adalah memproses semua informasi dari inputkomputer yaitu mouse,keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yanghanya bisa dimengerti olehkomputer sendiri semacam translator gampangnya.Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalammembangun suatu sistemsangat penting.
  16. 16. RAM (Random-Acces Memory) merupakan salahsatu jenis memory internal yang menentukankemampuan sebuah komputer. Memory internal(Internal Memory) bisa disebut juga memory utama(main memory) dan memory primer (primarymemory). Komponen ini berfungsi sebagaipengingat.RAM adalah jenis memory yang isinya dapatdiganti-ganti selama komputer hidup danmempunyai sifat bisa mengingat data atau programselama terdapat arus listrik dan dapat menyimpanmaupun mengambil data dengan sangat cepat.
  17. 17. ROM kependekan dari Read Only Memory,yaitu perangkat keras pada komputerberupa chip memori semikonduktor yangisinya hanya dapat dibaca. ROM tidakdapat digolongkan sebagai RAM,walaupun keduanya memiliki kesamaanyaitu dapat diakses secara acak (random)
  18. 18. Motherboard atau mainboard merupakanpapan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controlleryangbertugas mengatur lalu lintas data dalamsistem motherboard. Pada Motherboard jugaterdapat socket untuk processor, slot-slotyang digunakan untuk pemasangankomponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
  19. 19. Control Unit yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.CPU bertu gas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah: • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  20. 20. ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit(bahasa Indonesia: unit aritmatika dan logika),adalah salah satu bagian dalam dari sebuahmikroprosesor yang berfungsi untuk melakukanoperasi hitungan aritmatika dan logika.Contoh operasi aritmatika adalah operasipenjumlahan dan pengurangan, sedangkan contohoperasi logika adalah logika AND dan OR.tugas utama dari ALU (Arithmetic And LogicUnit)adalah melakukan semua perhitunganaritmatika atau matematika yang terjadi sesuaidengan instruksi program.

×