RENDAHNYA MINAT BACA SISWA
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

RENDAHNYA MINAT BACA SISWA

on

  • 27,635 views

 

Statistics

Views

Total Views
27,635
Views on SlideShare
27,112
Embed Views
523

Actions

Likes
7
Downloads
337
Comments
5

9 Embeds 523

http://novianaputrireg037.blogspot.com 486
http://mycordova.blogspot.com 26
http://novianaputrireg037.blogspot.com.br 3
https://twitter.com 3
http://novianaputrireg037.blogspot.de 1
http://novianaputrireg037.blogspot.gr 1
http://novianaputrireg037.blogspot.com.es 1
http://novianaputrireg037.blogspot.mx 1
http://novianaputrireg037.blogspot.ie 1
More...

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

RENDAHNYA MINAT BACA SISWA RENDAHNYA MINAT BACA SISWA Presentation Transcript

  • Rendahnya Minat Baca Siswa
  • BAB I PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Perkembangan Minat Baca danKemampuan Baca memang sangatmemprihatinkann. Hal ini disebabkan metodeyang diberikan terhadap siswa pada umumnyakurang bahkan tidak menyenangkan.Sebagian besar Metode yang ada hanyaberorientasi pada hasil bukan pada proses.Rendahnya minat baca siswa menjadikankebiasaan membaca yang rendah, dankebiasaan membaca yang rendah inimenjadikan kemampuan membaca rendah.
  • Saat ini persepsi sebagian besar rakyatIndonesia, masih berkutat memenuhi hajathidupnya yang paling utama, yakni pangan dansandang. Belum lagi kebutuhannya untukmemperoleh tempat berteduh alias rumah, danmembiayai pendidikan anak-anaknya hal tersebutbagi masyarakat yang kurang mampu. Sementaradi kalangan masyarakat yang lebih mampu,membeli barang-barang konsumtif (yang bukanmerupakan kebutuhan pokok) sepertinya lebihdianggap penting ketimbang membeli buku.
  • 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan padalatar belakang masalah, penulis mengidentifikasikanpermasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:1. Bagaimana hakikat minat baca ?2. Bagaimana penyebab rendahnya minat baca siswa ?3. Bagaimana upaya meningkatkan minat baca siswa ?
  • 1.3 Tujuan Penulisan Berdasarkan rumusan masalah yang telahdikemukakan, penulis dapat menentukan tujuan daripenulisan makalah ini sebagai berikut:1.Mengetahui hakikat minat baca2.Mengetahui penyebab rendahnya minat baca siswa3.Mengetahui upaya meningkatkan minat baca siswa
  • BAB II PEMBAHASAN3.1 Hakikat Minat Baca Minat membaca adalah sumber motivasi kuat bagi seseorang untuk menganalisa dan mengingat serta mengevaluasi bacaan yang telah dibacanya, yang merupakan pengalaman belajar menggembirakan dan akanMinat Baca mempengaruhi bentuk serta intensitas seseorang dalam menentukan cita-citanya kelak dimasa yang akan datang, hal tersebut juga adalah bagian dari proses pengembangan diri yang harus senantiasa diasah sebab minat membaca tidak diperoleh dari lahir.
  • Membaca adalah berpikirBerpikir merupakan suatu proses untuk mengenali,memahami, dan kemudian menginterpretasikanlambang-lambang yang bisa mempunyai arti. Di sinibanyak terlibat unsur-unsur psikologis sepertikemampuan dan atau kapasitas kecerdasan, minat,bakat, sensasi, persepsi, motivasi, retensi, ingatan,dan lupa, bahkan ada lagi yaitu kemampuanmentransfer dan berpikir kognitif .
  • 3.2 Penyebab rendahnya minat bacaPenyebab rendahnya minat baca siswa di Indonesia adalah :1. Masih rendahnya kemahiran membaca siswa di sekolah.2. Sistem pembelajaran di Indonesia belum membuat anak- anak/siswa/mahasiswa harus membaca buku (lebih banyak lebih baik), mencari informasi/pengetahuan lebih dari apa yang diajarkan, mengapresiasi karya-karya ilmiah, filsafat, sastra dsb.3. Banyaknya jenis hiburan, permainan (game) dan tayangan TV yang mengalihkan perhatian anak-anak dan orang dewasa dari buku.
  • 4.Banyaknya tempat hiburan yang menghabiskan waktuseperti taman rekreasi, tempat karaoke, night club, mall,supermarket, play station.5.Budaya baca yang belum pernah diwariskan nenekmoyang kita.6.Kesibukan orang tua7.Sarana untuk memperoleh bacaan, sepertiperpustakaan atau taman bacaan, masih merupakanbarang aneh dan langka.8.Harga buku yang relatif masih mahal yang tidaksebanding dengan daya beli masyarakat.
  • 9. Belum adanya lembaga atau institusi yang secara formalkhusus menangani minat baca.10. Minimnya koleksi buku diperpustakaan serta kondisiperpustakaan yang tidak memberikan iklim yang kondusif bagitumbuhnya minat baca pengunjung yang memanfaatkan jasaperpustakaan11. Minimnya pengunjung ke perpustakaan.
  • 3.3 Upaya meningkatkan minat baca siswaAdapun peranan guru dalam meningkatkan minat baca anakadalah sebagai:(1)motivator, guru menjadi seseorang yang selalu mendorong dan memotivasi anak untuk mewujudkan minat baca yang tinggi;(2) dinamisator, guru mengatur dan mengelola semua kegiatanmembaca anak dengan mendinamiskan seluruh sumber bacaanada;(3) supervisor, guru mengawasi proses membaca anak, baikdalam jarak dekat maupun jarak jauh agar anak merasa selaluada yang mengawasinya;
  • (4) konselor, guru memberikan petunjuk-petunjuk untukmenciptakan susana psikologis yang kondusif demi terwujudnyajiwa, semangat, dan motivasi dalam membaca yang optimaldan(5) evaluator, guru memberikan respons terhadap seluruhkegiatan membaca anak dan menilai hasil bacaan anak denganmemberikan kesempatan untuk menyampaikan hasilpemahaman terhadap yang dibacanya.
  • Strategi yang dapat diterapkan dalam meningkatkanminat baca siswa adalah :1. Proses pembelajaran mengarahkan kepada peserta didik untuk rajin membaca buku2. Buku bacaan dikemas dengan gambar-gambar yang menarik.3. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya minat baca anak-anak.4. Menumbuhkan minat baca sejak dini.5. Meningkatkan frekuensi pameran buku di setiap kota/kabupaten dengan meli-batkan penerbit, LSM, perpustakaan, masyarakat pecinta buku, Depdiknas, dan sekolah-sekolah. Dengan mewajibkan siswa untuk berkunjung pada pameran buku tersebut.
  • Siswa juga perlu melakukan sesuatu agar dapatmenumbuhkan dan selanjutnya meningkatkan minatbacanya, dengan cara :1) Yakin bahwa gemar membaca merupakan hal yangterbaik untuk dapat bersaing di era global,2) memiliki niat yang tulus untuk membaca,3) library visit, sering mendatangi perpustakaan setiap adawaktu luang,4) menambah wawasan dengan menyisihkan uang lebihuntuk membeli buku, minimal satu buku setiap bulannya,bukan membeli pulsa
  • 5) memulai membaca sebuah buku dengan membaca daftarisinya terlebih dahulu,6) mencatat setiap ada informasi penting dari buku yangAnda baca, dan7) having funs with book, bersenang-senang dengan buku,dan8) Book talks, atau menceritakan atau menyampaikaninformasi yang telah diperoleh setelah membaca bukukepada teman, begitu juga sebaliknya
  • Orang tua juga harus turun meningkatkan dan dalammenumbuhkan minat baca dengan cara :1.Menyediakan waktu luang untuk membacakan buku untukanak anda setiap hari2.Mengelilingi anak-anak anda dengan berbagai bukubacaan3. Membuat waktu membaca bersama keluarga.4.Memberika dukungan pada berbagai aktivitas membacamereka.5. Membiasakan pergi ke perpustakaan.
  • 6. Terus mengikuti perkembangan membaca anak anda.7.Lebih perhatian pada anak, apakah mereka dapat membaca dengan lancar atau tidak8.Mencari pertolongan secepatnya jika ada masalah dalam membaca9.Memakai cara yang bervariasi untuk membantu anak anda10.Memperlihatkan antusias kita saat anak membaca buku bacaannya.
  • BAB III PENUTUP3.1 Kesimpulan Minat membaca adalah sumber motivasi kuat bagi seseorang untuk menganalisa dan mengingat serta mengevaluasi bacaan yang telah dibacanya, yang merupakan pengalaman belajar menggembirakan dan akan mempengaruhi bentuk serta intensitas seseorang dalam menentukan cita-citanya kelak dimasa yang akan datang, hal tersebut juga adalah bagian dari proses pengembangan diri yang harus senantiasa diasah sebab minat membaca tidak diperoleh dari lahir. Membaca merupakan proses penyerapan informasi dan akan berpengaruh positif terhadap kreatifitas seseorang. Membaca pada hakikatnya adalah menyebarkan gagasan dan upaya yang kreatif. Siklus membaca sebenarnya merupakan siklus mengalirnya IDE pengarang ke dalam diri pembaca yang pada gilirannya akan mengalir ke seluruh penjuru dunia melalui buku atau rekaman informasi lain.
  • Faktor-faktor yang mendorong minat adalah sebagai berikut. Pertamafaktor kebutuhan, kebutuhan tertentu orang mempunyai minat untuk memenuhikebutuhan itu. Kedua faktor perasaan; perasaan sukses, senang, mendorongtimbulnya minat, sedangkan perasaan kecewa, gagal, menghambat atau bahkanmenghilangkan minat. Ketiga, faktor lingkungan; maksudnya minat dipengaruhidorongan untuk diterima atau diakui oleh lingkungan. Meningkatkan minat bacabisa dilakukan oleh siapapun, baik itu guru, orang tua atau siswa itu sendiri.
  • 3.2 Saran Kita sebagai calon guru harus lebih mengaktifkan kembali fungsi perpustakaan, sebab solusi terbaik dalam membuka jalan pikiran seorang siswa agar mereka mempunyai wawasan yang luas, adalah dengan cara membaca. Agar siswa dapat membaca buku secara ajeg, maka kepada mereka perlu disediakan bahan bacaan yang cukup koleksinya. Oleh karena itu, perpustakaan merupakan wacana baca yang mampu menyediakan beragam buku baik fiksi nonfiksi, referensi, atau nonbuku seperti majalah, koran, kaset serta alat peraga, wajib dimiliki setiap sekolah.
  • SEKIAN DAN TERIMAKASIH