benzena

2,796 views

Published on

tatanama serta reaksi benzena

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,796
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
110
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

benzena

  1. 1. BENZENA DAN TURUNANNYADiselesaikan oleh Anita H Simbolon (06091010023)
  2. 2. BENZENA TAHUKAH KAMU ?????? Departemen kesehatan amerika mengelompokkan benzena sebagai zat karsinogenik. Benzena dalam konsentrasi tinggi di udara dapat menyebabkan leukimia, leukimia myeloid akut, dan leukemia Lymphoblastic akut. Batas maksimal benzena dalam udara sebesar 1 ppm, sedangkan di dalam air maksimal 0,005 ppm. Sindrom minyak beracun pada tahun 1981 di Madrid disebabkan karena manusia menghirup benzena yang terkontaminasi minyak.
  3. 3. StrukturBenzena pertama kali berhasil diisolasi (dipisahkan) dari residu minyak oleh Michael Faraday tahun 1825. Benzena digolongkan dalam senyawa aromatik paling sederhana. Pada tahun setelahnya diketahui benzena memiliki rumus molekul C6H6 dan termasuk dalam keluarga hidrokarbon.
  4. 4.  Pada tahun 1873, Kekule menjelaskan struktur benzena sebagai cincin heksagon yang mengandung ikatan tunggal dan rangkap berselang-seling. Struktur inilah yang paling mendekati sifat-sifat kimia benzena. Panjang ikatan karbonkarbon (C-C) dalam benzena sebesar 0,139 nm.
  5. 5.  Panjang ikatan C-C itu lebih panjang dibanding ikatan rangkap (sebesar 0,133 nm) dan lebih pendek dibanding ikatan tunggal (0,147 nm).
  6. 6.  a. Benzena monosubstitusiBenzena monosubstitusi adalah benzena dengan 1 substituen alkil.Rumus:Penamaan benzena monosubstitusi menurut IUPAC adalah dengan menyebutkan nama alkil disertai akhiran benzena.Contoh :
  7. 7.  b. Benzena disubstitusiBenzena disubstitusi merupakan benzena dengan 2 substituen alkil. Apabila benzena mengikat 2 substituen, maka kemungkinan memiliki 3 isomer struktur, antara lain: Posisi 1,2 disebut posisi ortho Posisi 1,3 disebut posisi meta.Gambar:
  8. 8. Penentuan nama benzena disubstitusi antara lain:1) Menentukan posisi substituen (posisi 1,2/1,3/1,4)2) Menentukan nama substituen dalam urutan alfabetnya3) Menambahkan akhiran benzena.Contoh :
  9. 9.  Jika salah satu diantara 2 substituen yang terikat pada cincin benzena memberikan nama khusus (seperti tercantum dalam label nama trivial) maka senyawanya diberi nama sebagai turunan dari nama trivial tsb. Contoh :
  10. 10. c. Benzena polisubstitusiBenzena polisubstitusi adalah benzena yang terdiri dari 3/lebih substituen. Rumus yang mungkin terjadi:rumus
  11. 11. Adapun tatanama benzena polisubstitusi adalah :1) Menyebutkan semua substituen yang terikat beserta nomornya (urutan penomoran substituen sesuai alphabet dan dari angka yang terkecil).2) Menambahkan kata “benzena” sebagai akhiran.Contoh penamaan senyawa benzena polisubstitusi :
  12. 12. Jika salah satu dari 3 substituen memberikan nama khusus (trivial), maka senyawa benzena polisubstitusi diberi nama sebagai turunan dari nama khusus tsb.Contoh :
  13. 13. Tabel
  14. 14.  Reaksi-reaksi yang umum terjadi pada benzena dan turunannya adalah reaksi substitusielektrofilik. Terdapat 4 macam reaksi substitusi elektrofilik terhadap senyawa benzena, yaitu:1. Reaksi halogenasi2. Reaksi nitrasi3. Reaksi sulfonasi4. Reaksi friedel-crafts

×