Badai angin topan

24,303 views

Published on

tugas badai dan angin topan. pengertian, dampak, dan gambar

Published in: Education
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
  • thanx , membantu sekali :)
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
24,303
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
165
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Badai angin topan

  1. 1. TUGAS IPS-GEOGRAFI BADAI / ANGIN TOPAN
  2. 2. Pengertian Gambar Akibat Negatif CaraMengantisipasi Akibat Positif
  3. 3. Badai / Angin TopanBadai adalah cuaca yang ekstrim, mulai dari hujan es dan badai pasir dan debu.Badai disebut juga siklon tropis.Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan laut. Perubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petirBadai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingyang sumbernya berada di daerah tropis. Pada saat terjadi anginudara sangat rendah disertai angin kencang dengan kecepatan250 km/jam. Di dunia ada tiga tempat badai, yaitu di Samudera ASamudera Hindia, dan Samudera Pasifik.
  4. 4. Akibat Negatif Angin Topan 1. Robohnya pohon – pohon, tiang listrik, tiang telepon, dan pemukiman penduduk. 2. Rusaknya tanaman pertanian, perkebunan, dan kehutanan sehingga mengakibatkan gagal panen. 3. Tidak stabilnya cuaca atau kondisi angin sehingga dapat membahayakan penerbangan. 4. Timbulnya gelombang laut besar yang dapat membahayakan pelayaran dan kehidupan di sekitar pantai. 5. Munculnya gangguan sistem komunikasi, jaringan listrik, serta gelombang radio dan televisi.
  5. 5. Akibat Positif Angin Topan Walaupun banyak kerugian yang timbul akibat siklon tropis, secara global siklon tropis sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan panas atmosfer bumi dengan cara memindahkan panas, dan kelembaban yang tinggi di daerah tropis ke wilayah sub tropis dan kutub yang lebih dingin. Pada beberapa situasi khusus, siklon tropis membawa dampak positif bagi wilayah- wilayah yang terkenda dampaknya. Di wilayah Jepang, sebagian besar curah hujan yang turun merupakan dampak dari typhoon. Hurricane Camille mengakhiri kondisi kekeringan dan kesulitan air pada daerah-daerah yang dilewatinya.
  6. 6. Cara Mengantisipasi - Jika terdapat pohon yang rimbun dan tinggi serta rapuh agar segera ditebang untuk mengurangi beban nerat pada pohon tersebut. - Perhatikan atap rumah yang sudah rapuh, karena pada rumah yang rapuh sangat mudah sekali terhempas, sedangkan pada rumah yang permanen kecil terhempas. - Apabila melihat awan yang tiba-tiba gelap, semula cerah sebaiknya untuk tidak mendekati daerah awan gelap tersebut. Cepat berlindung atau menjauh dari lokasi kejadian, karena peristiwa fenomena tersebut sangat cepat. - Untuk jangka panjang pohon dipinggir jalan diganti dengan pohon akar berjenis serabut seperti pohon asem, pohon beringin dsb.
  7. 7. Terima Kasih

×