• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Ahlul ppt
 

Ahlul ppt

on

  • 495 views

 

Statistics

Views

Total Views
495
Views on SlideShare
483
Embed Views
12

Actions

Likes
1
Downloads
0
Comments
0

1 Embed 12

http://ahlulpramudita.blogspot.com 12

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Ahlul ppt Ahlul ppt Presentation Transcript

    • A. Pengenalan Internet 1. Pengertian Internet Internet (interconnection networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia (world wide network), sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace) dimana antara satu komputer dengan komputer lainnya dapat saling berhubungan atau berkomunikasi.
    • Ada beberapa istilah yang sering digunakan didalam dunia internet yaitu sebagai berikut:a. world wide web (www), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi meyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.b. Website, merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu.
    • c. Web page, merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu.d. Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.e. Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengguna melakukan navigasi berbagai data dan informasi menggunakan www.
    • 2. Manfaat Interneta. Media untuk mendapatkan informasi secara cepat dan murah.b. Media untuk melakukan promosi dan penawaran bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya.c. Media komunikasi interaktif seperti e- mail, chatting, mailing list, video konferensi, dll.
    • 3. Fasilitas dan Layanan Internet a. E-mail, merupakan fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk surat elektronik. b. Mailning List, merupakan fasilitas yang digunakan oleh sekelompok pengguna sebagai sarana diskusi atau tukar menukar informasi si antara para pengguna lewat e-mail. c. Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran, ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu.
    • d. IRC (Internet Relay Chat) atau chatting, merupakan fasilitas untuk berkomunikasi secara interaktif antarpengguna komputer satu dan lainnya yang saling terhubung dalam jaringan internet.e. FTP (File Transfer Protocol), merupakan fasilitas yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk bertukar, menyalin, dan menempatan file, data, serta program yang tersimpan dalam internet.
    • f. Voice Over Internet Protocol (VOIP), merupakan fasilitas untuk melakukan pembicaraan telepon melalui jaringan internet.g. Telnet (Remote Login), merupakan fasilitas untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh.h. www (world wide web), merupakan layanan yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, dll yang dipresentasikan dalam bentuk hiperteks dan bisa diakses oleh program aplikasi browser.
    • i. Gopher, merupakan layanan yang menyediakan informasi di internet yang disusun secara hierarkis (berbasis menu).
    • 1. Komputer Komputer adalah suatu perangkat yangsangat dibutuhkan untuk mengaksesinternet. Dalam hal ini koneksi ISP sangatmenentukan cepat atau lambatnya proseskinerja komputer dalam mengaksesinternet.
    • Perangkat keras yang dibutuhkan dalam akses internet antara lain sebagai berikut.a. Prosesor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer.b. RAM (Random Access Memory), berfungsi sebagai media penyimpanan sementara.c. Harddisk, digunakan sebagai media penyimpanan data secara magnetik.
    • Sedangkan demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima.a. Modem Dial Up Modem ini biasa digunakan oleh personal computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu sebagai berikut.
    • 1. Modem Internal Modem internal adalah modem komputeryang dapat dipasang ke slot yang ada dikomputer.Keuntungan modem internal:a. Lebih hemat dan harga lebih otomatis.b. Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas.Kelemahan modem internal:a. Tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.a. Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply.
    • 2. Modem Eksternal Modem eksternal adalh modem yang letaknya di luar CPU komputer. Keuntungan modem eksternal:a. Portabilitas yang cukup baik, sehingga bisa dipindah-pindah.a. Dilengkapi dengan lampu indikator.Kelemahan modem eksternal:a. Harga lebih mahal daripada modem internal.b. Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
    • b. Modem Kabel Modem kabel adalah perangkat keras yangmenyambungkan PC dengan sambungan kabelTV kabel. Kecepatan modem kabel maksimum27 Mbps downstream (kecepatan download kepengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatanupload dari pengguna). Agar komputer bisa terkoneksi denganinternet melalui modem kabel, maka penggunadiharuskan untuk melakukan pendaftaran kepenyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet ServiceProvider).
    • c. Modem 3G Modem 3G adalah modem yang sigunakan untuk mengakses internet menggunakan kabel seluler. Karakteristik modem 3G:1. Diperlukan perangkat lunak tambahan untuk menggunakan modem 3G pada komputer.2. Kecepatan akses internet menggunakan modem ini sangat bergantung pada lokasi tower seluler.3. Lokasi dekat sekitar 100-200 m dari tower operator seluler 3G, user mungkin akan memperoleh akses internet sekitar 1-2 Mbps.
    • d. Modem ADSL Modem ADSL (Asymmetric Digital SubscriberLine) adalah salah satu bentuk dari teknologiDSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yangasimetrik yaitu bahwa data ditransferkan dalamkecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi lain.e. Modem WiFi Modem WiFi (Wireless Fidelity) adalahmodem yang secara internal dapat langsung dipakaidi ruangan yang telah tersedia hotspot danbiasanya sudah terpasang pada komputer jenislaptop.
    • 3. Saluran Telekomunikasi a. Saluran telepon (Line Telephone) Saluran telepon merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. b. TV Kabel Akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV Kabel. Layanan akses modem kabel dapat melauli jaringan TV Kabel dengan ISP diantaranya CBN, Linknet, Centrin, dan Mynet.
    • c. ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan traansmisi sistem telepon analog ke sistem digital.d. Satelit Satelit yang digunakan adalah VSAT (Very Small Aperture Terminal). Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
    • e. Handphone Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP (Wireless Application Protocol) adalah sebuah protokol yang memungkinkan sebuah telepon genggam atau terminal mobile melihat atau membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.
    • 1. Hub/Switch Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Ciri-ciri hub/switch:a. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45b. Digunakan pada topologo bintang/starc. Biasanya dijual dengan aplikasi khususd. Biasanya dipasang pada rak khusus yang didalamnya terdapat bridge dan router.
    • 2. NIC (Network Interface Card) NIC merupakan perangkat berupa kartu yang dipasang pada mainboard komputer, agar komputer bisa terhubung dalam jaringan. Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu ethernet, kartu token ring, dan konektor local talk.3. Kabel dan Konektor Ada dua jenis kabel yaitu kabel twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair), serta kabel koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.
    • 4. Router Router adalah sebuah perangkat yang khususdigunakan untuk keperluan routing danpenyampaian paket di jaringan komputer sepertiinternet. Fungsi router:a. Untuk mengatur jalur sinyal secara efisiensib. Untuk mengatur pesan di antara dua buah protokolc. Untuk mengatur pesan di antara topologi jaringan bus dan stard. Untuk mengatur pesan yang melewati media transmisi kabel
    • 5. Bridge Bridge merupakan perangkat untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protokol sejenis. Perbedaan bridge dan router:a. Pada pemakain bridge maka dua buah jaringan yang dihubungkan harus menggunakan protokol yang sama atau sejenisb. Pada pemakain router, dua buah jaringan yang dihubungkan bisa menggunakan protokol yang sama maupun berbeda.
    • 6. Repeater Repeater adalah sebuah stasiun yangmenerima sinyal pada suatu frekuensi danmemancarkan ulangannya kembali (repeat)pada frekuensi yang lain secara otomatis padasaat yang sama (simultan).