MEDIA BERBASIS INTERNET
MERANCANG PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Nella Ardiyanti 110 421 424 582
Andana Imantaka 110 421 424 573...
 Internet merupakan jaringan yang
terdiri atas ribuan bahkan jutaan
komputer, termasuk di dalamnya
jaringan lokal, yang t...
Konsep Media pembelajaran
berbasis internet / web
 Pembelajaran berbasis web adalah
proses belajar mengajar yang
dilakuka...
 Internet memiliki banyak fasilitas
yang dapat digunakan dalam
berbagai bidang, termasuk dalam
kegiatan pendidikan.
 Fas...
Pemanfaatan Internet
 Kehadiran TI membawa
konsekuensi yang luas di dunia
pendidikan.
 Kehadiran jaringan dan internet
j...
Software Bahan Ajar
 Software dapat dikelompokkan
menjadi tiga jenis :
1. software operating sistem (OS).
2. software apl...
 Aplikasi adalah software yang
digunakan untuk membangun atau
menjalankan proses sesuai dengan
perintah-perintah pemrogra...
Jenis Bahan Ajar
 Bahan ajar adalah segala bentuk konten
baik teks, audio, foto, video, animasi, dll
yang dapat digunakan...
Bahan ajar berbasis web
 Sebagaimana sebutannya, bahan ajar berbasis
web adalah bahan ajar yang disiapkan,
dijalankan, da...
Pembelajaran berbasis
Webquest
 Webquest adalah pembelajaran yang
berorientasi pada penyeledikan dan
penelitian (Research...
Manfaat webquest
1. siswa dapat mengembangkan pemahaman yang
lebih dalam mengenai masalah melalui
pemerolehan dan proses i...
Bagian-bagian WebQuest
 WebQuest mempunyai beberapa bagian yang pada
umumnya terdiri dari:
 Pengantar set tahapan dan me...
 Untuk membuat WebQuest, guru/siswa diharuskan
untuk membuka situs www.zunal.com dan mendaftar
terlebih dahulu.
 Bagian-...
Kelebihan webquest
 Mendorong pembaca untuk berinteraksi
dengan Internet berbasis informasi.
 Memotivasi ( merangsang im...
Kekurangan webquest bagi
siswa
 Sumber link pembacaan sering
terlalu tinggi
 Membuat WebQuest sendiri
membutuhkan waktu ...
pembelajaran berbasis internet
menggunakan kompozer
 Kompozer adalah web editor yang
berjalan linux berbasis GUI yang
sud...
kelebihan dari kompozer
1. WYSIWYG (What You See Is What You Get) halaman editor, anda
membuat website dengan mudah sepert...
Kelemahan kompozer
1. KompoZer jarang dikenal oleh
masyarakat luas.
2. Penggunaan KompoZer biasanya
pada Linux, namun yang...
 TERIMAKASIH 
 TERIMAKASIH 
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kelompok 3

472 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
472
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
28
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelompok 3

  1. 1. MEDIA BERBASIS INTERNET MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN Nella Ardiyanti 110 421 424 582 Andana Imantaka 110 421 424 573 Adelia Regina Avista T. D 110 421 424 566 Albertus Agta 110 421 424 569 Andriati Aziizah Syafitri 110 421 424 576 Ihda Neni Nur A 110 421 424 581 Indri Juriana Saputri 110 421 424 568 Sandra Dwi Indrasari 110 421 424 540
  2. 2.  Internet merupakan jaringan yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komputer, termasuk di dalamnya jaringan lokal, yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, kabel) dan jangkauanya mencakup seluruh dunia.
  3. 3. Konsep Media pembelajaran berbasis internet / web  Pembelajaran berbasis web adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, sehingga sering disebut juga dengan e-learning.
  4. 4.  Internet memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk dalam kegiatan pendidikan.  Fasilitas tersebut antara lain : e- mail, Telnet, Internet Relay Chat, Newsgroup, Mailing List (Milis), File Transfer Protocol (FTP), atau World Wide Web (WWW) dll.
  5. 5. Pemanfaatan Internet  Kehadiran TI membawa konsekuensi yang luas di dunia pendidikan.  Kehadiran jaringan dan internet juga membantu dalam mengintegrasikan komunikasi antara sekolah-sekolah dengan struktur birokrasi yang bertanggung jawab atas pendidikan.
  6. 6. Software Bahan Ajar  Software dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis : 1. software operating sistem (OS). 2. software aplikasi. 3. software data atau konten.
  7. 7.  Aplikasi adalah software yang digunakan untuk membangun atau menjalankan proses sesuai dengan perintah-perintah pemrograman, misalnya office, LMS, CMS, dll  data atau bahan ajar termasuk ke dalam kelompok software konten, misalnya bahan ajar baik berupa teks, audio, gambar, video, animasi, dll.
  8. 8. Jenis Bahan Ajar  Bahan ajar adalah segala bentuk konten baik teks, audio, foto, video, animasi, dll yang dapat digunakan untuk belajar.  Jenis bahan ajar ada 2 : bahan ajar yang sengaja dirancang untuk belajar. bahan yang tidak dirancang namun dapat dimanfaatkan untuk belajar.
  9. 9. Bahan ajar berbasis web  Sebagaimana sebutannya, bahan ajar berbasis web adalah bahan ajar yang disiapkan, dijalankan, dan dimanfaatkan dengan media web.  Terdapat tiga karakteristik utama yang merupakan potensi besar bahan ajar berbasis web. 1. menyajikan multimedia. 2. menyimpan,mengolah, dan menyajikan infromasi. 3. Hyperlink.
  10. 10. Pembelajaran berbasis Webquest  Webquest adalah pembelajaran yang berorientasi pada penyeledikan dan penelitian (Research) dengan sebagian besar atau semua informasi yang digunakan oleh peserta didik berasal dari web.  WebQuest diciptakan oleh Bernie Dodge dari San Diego State University Amerika Serikat pada tahun 1995. Sejak diciptakan pada tahun tersebut
  11. 11. Manfaat webquest 1. siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai masalah melalui pemerolehan dan proses informasi yang dikumpulkan dari web. 2. Pemahaman yang lebih dalam dapat menghasilkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti pemecahan masalah dan analisis kritis. 3. WebQuest menyediakan akses ke sumber daya online sedangkan perancah proses pembelajaran untuk mendorong higher order thinking. 4. WebQuest menyatukan praktik pembelajaran yang paling efektif dalam satu kegiatan pembelajaran terpadu (Dodge, 1997.
  12. 12. Bagian-bagian WebQuest  WebQuest mempunyai beberapa bagian yang pada umumnya terdiri dari:  Pengantar set tahapan dan menyediakan beberapa informasi latar belakang (introduction).  Sebuah tugas (task) yang dapat dilakukan dan menarik.  Satu set sumber informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.  Penjelasan mengenai proses peserta didik harus melalui dalam menyelesaikan tugas. Proses (process) ini harus dipecah menjadi langkah-langkah yang dijelaskan dengan jelas.  Beberapa panduan tentang bagaimana untuk mengelola informasi yang diperoleh. Ini dapat mengambil bentuk pertanyaan panduan, atau petunjuk untuk menyelesaikan kerangka kerja organisasi.
  13. 13.  Untuk membuat WebQuest, guru/siswa diharuskan untuk membuka situs www.zunal.com dan mendaftar terlebih dahulu.  Bagian-bagian WebQuest yang ada di zunal.com adalah sebagai berikut : 1. TITLE 2. INTRODUCTION 3. TASK 4. PROCESS 5. EVALUATION 6. CONCLUSION
  14. 14. Kelebihan webquest  Mendorong pembaca untuk berinteraksi dengan Internet berbasis informasi.  Memotivasi ( merangsang imajinasi pelajar )  Siswa dapat membuat mereka Web Quests sendiri.  Webquest dapat di gunakan dirumah / perpustakaan.  Mudah dibuat.  Penekanan pada keterampilan belajar mengajar yang diperlukan untuk membaca webQuest.  Memaksilakan penggunaan internet secara lebih efektif.
  15. 15. Kekurangan webquest bagi siswa  Sumber link pembacaan sering terlalu tinggi  Membuat WebQuest sendiri membutuhkan waktu serta keterampilan teknis dan keterampilan literasi informasi.  struktur tidak fleksibel.
  16. 16. pembelajaran berbasis internet menggunakan kompozer  Kompozer adalah web editor yang berjalan linux berbasis GUI yang sudah mendukung mode grafis editor (WYSIWYG).  Kompozer merupakan software berbasis offline.
  17. 17. kelebihan dari kompozer 1. WYSIWYG (What You See Is What You Get) halaman editor, anda membuat website dengan mudah seperti mengetik pada MS-Word. 2. File Management yang terintegrasi dengan FTP. Cukup login pada website dan tinggal upload atau download file-file anda, melakukan editing secara on-the fyl (online langsung pada web browser). 3. Hasil website menciptakan HTML code yang dapat dipercaya, yang dapat berjalan stabil di berbagai web browser. 4. Berpindah dari tampilan editing WYSIWYG Mode atau HTML Mode menggunakan tab. 5. Editing menggunakan sistem tab, untuk dapat menyimpan banyak halaman secara langsung. 6. Dukungan penuh terhadap pembuatan form, table, dan template. 7. Sangat mudah digunakan, aplikasi web editor yang paling canggih dan tersedia untuk sistem operasi Desktop Linux, Microsoft Windows dan Apple Macintosh. 8. Merupakan aplikasi open source, sehingga tidak memerlukan biaya untuk membeli lisensi (gratis).
  18. 18. Kelemahan kompozer 1. KompoZer jarang dikenal oleh masyarakat luas. 2. Penggunaan KompoZer biasanya pada Linux, namun yang menggunakan Linux masih minoritas. 3. Sulit digunakan bagi orang yang masih awam (belom mengerti) terhadap penggunaan KompoZer.
  19. 19.  TERIMAKASIH   TERIMAKASIH 

×