Keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari hari

12,854 views

Published on

Just share,,

Published in: Education
1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
  • cerpennya mana ? bisa ditampilin gak ? termikasih
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
12,854
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
68
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari hari

  1. 1. Menganalisis KeterkaitanUnsur IntrinsikCerpen dengan Kehidupan Sehari-hari by X 1 SABA
  2. 2. Unsur-unsur Intrinsik PadaCerpen “Jangan Kalah SebelumBerperang” Tema : Pendidikan. Latar Latar Tempat : Di sekolah. Latar Waktu : Kelulusan. Latar Suasana : Menyenangkan,gembira,bahagia,ceria,sedi h,haru. Alur : Maju (Progresif)
  3. 3.  Tokoh : Ady dan Muzi. Penokohan : Ady adalah seorang siswa yang cerdas namun mudah menyerah. Muzi adalah seorang siswa yang perhatian dan setia kawan. Sudut Pandang : Orang ketiga serba tahu. Amanat : Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, melainkan merekalah yang mengubah nasib mereka sendiri. Jangan kalah sebelum berperang. Gaya Bahasa : Komunikatif.
  4. 4. Keterkaitan Unsur-unsur IntrinsikPada Cerpen “Jangan Kalah SebelumBertanding” dengan KehidupanSehari-hari Tema : Pendidikan Mahalnya pendidikan di Indonesia yangsering menyebabkan banyak siswa yangsebenarnya memiliki prestasi lebih terpaksaputus sekolah memang terkadang benar apaadanya.
  5. 5.  LatarTempat : Sekolah Kenyataan yang terjadi di sekolah padasaat pengumuman kelulusan terdapatkebahagiaan yang meluap-luap pada diri setiapsiswa. Namun di balik kebahagiaan tersebutterdapat pula kesedihan yang dimiliki beberapaorang siswa di sebuah sekolah. Contoh diwaktupengumuman kelulusan ada beberapa siswayang merasa sedih karena terancam putussekolah karena kendala biaya.
  6. 6.  Penokohan Menurut kami siswa-siswi di Indonesiabanyak yang cerdas dan berprestasi, bahkanada juga siswa berprestasi namun dalamkeadaan ekonomi yang kurangmampu, sehingga banyak dari mereka yangputus sekolah. Maka peran pemerintah sangatdibutuhkan dalam kasus ini. Pemerintah harusmembantu siswa yang kurang mampu untukmewujudkan cita-cita mereka. Selain itu perandari teman juga dibutuhkan untuk memotivasisiswa yang memiliki kemampuan lebih tersebutagar berusaha untuk melanjutkan pendididkandi tingkat yang lebih tinggi.
  7. 7.  Amanat Menurut kami, kita sebagai seorangmanusia hendaknya selalu berusaha untukmencapai suatu impian. Karena impian tersebuttidak akan terwujud jika tidak ada usaha yangdilakukan. Contohnya seorang siswa dapatlulus dengan nilai yang memuaskan dan dapatmeneruskan ke sekolah yang dia inginkan. Haltersebut dapat ia capai karena ia melakukansuatu usaha yang dapat mewujudkan impianyang ia miliki.
  8. 8. Pertanyaan1. Mengapa tidak semua unsur intrinsik pada suatu cerpen ada yang tidak bisa dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari?2. Apakah unsur ekstrinsik pada suatu cerpen bisa dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari?3. Bagaimana cara mengkaitkan antara unsur- unsur intrinsik?
  9. 9. SekianTerima Kasih

×