Your SlideShare is downloading. ×
Energi Alternatif Angin 'fisika kls-8'
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Energi Alternatif Angin 'fisika kls-8'

1,352
views

Published on

Sulthan Isa - SMPN 111 …

Sulthan Isa - SMPN 111
@Sulthan4Xx

Published in: Technology

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,352
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
188
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Energi AlternatifKelompok 3
  • 2. Kelompok Sulthan Isa Sita Aisha Gemala Racha Aries Ken Lingga Andralya Fachiraini
  • 3. PendahuluanUntuk menjalankan kehidupan sehari-hari, kita membutuhkanEnergi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan Usaha. Adasatu hukum yang sudah umum ttg Energi, yaitu hukum kekekalanEnergi, yang berisikan bahwa Energi itu tidak dapat diciptakan ataudimusnahkan, tapi dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya.Sumber Energi terbagi atas dua macam yaitu Energi yg dapatdiperbarui dan yang tidak. Dalam kehidupan sehari-hari padaumumnya kita membutuhkan Energi yang tidak dapat diperbaruiseperti Minyak, dikarenakan minyak mudah untuk dicari. Tapisampai kapan kehidupan sehari-hari kita membutuhkan minyak?Sedangkan Minyak itu adalah Energi yang tidak dapat diperbarui.Dalam Presentasi ini kami akan membahas Energi yg diperbarui(Alternatif). Energi Alternatif yang kami bahas kali ini adalah EnergiAlternatif Angin.
  • 4. Energi AnginEnergi Angin merupakan salah satu Energi Alternatif yg mulaiatau sudah dikembangkan di banyak negara seperti contohbesarnya adalah Belanda, sampai-sampai negara ini mendapatjulukan Negeri Kincir Angin. Selain Negara-negara Eropa, Indonesiajuga mulai mengembangkan energi alternatif ini, sama halnyaseperti Belanda, energi Angin digunakan sebagai peniup Kincir.Kincir Angin BelandaKincir Angin Indonesia(Turbin Angin)
  • 5. Cara Kerja & Manfaat KincirAnginCara Kerja sederhana Kincir angin adalah Angin meniup kincirhingga berputar kincirnya yg telah dihubungkan dengan gearbox.Gearbox ini dihubungkan lagi ke Generator, yg dapat merubahenergi mekanik menjadi energi listrik.Manfaat daripada penggunaan Kincir Angin adalah dari segiekonomi mengurangi penggunaan minyak/bbm dan membukalapangan pekerjaan. Dari Segi Lingkungan sangat ramahlingkungan, dan setiap megawatt energi kincir angin dapatmengurangi 0.8-0.9 ton emisi gas rumah kaca, pencemarankendaraan , dll.
  • 6. Pengembangannya di IndonesiaIndonesia adalah negara kepualuan yang cukup luas, namunsayang pengembangan energi Anginnya masih kurang. Bedadengan beberapa negara-negara Eropa sana, contohnya Belandaluasnya tidak kurang dari 1/3 Indonesia tapi hasil daripada kinciranginnya menginjak 150 GigaWatt lebih pada tahun 2010.Sedangkan Kincir angin yg Indonesia miliki saat ini hanya 5 unitdan itu pun hanya menghasilkan 80kilowatt.Mengapa ini bisa terjadi? Karena Pemerintahan masihmemperhitungkan proses pembuatan kincir angin, yg kurang lebihmembutuhkan waktu 4 tahun & membutuhkan lahan yg tidaksedikit. Lahan yang dibutuhkan kurang lebih seukuran dengan lahanpertanian. Jadi untu
  • 7. Sekian :3

×