Pendekatan sets

4,491 views
4,305 views

Published on

0 Comments
12 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,491
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
12
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pendekatan sets

  1. 1. SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Model-Model Pembelajaran IPA SD Yang dibina oleh Ibu Sri Estu Winahyu Oleh: Nastiti Rahajeng 109151415406 Stefani Mahesa Jelita 109151415422 Puri Selfi Cholifah 109151415423 Kiki Niken Saputri 109151420271 The Learning University UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKANJURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Februari 2012
  2. 2. 1. Pengertian Pendekatan SETS Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalambahasa Indonesia dikenal dengan sebutan salingtemas yang merupakan sains,lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Asyari (dalam Tristanti, 2011:12)mengartikan pendekatan SETS sebagai suatu pendekatan dalam pembelajaransains yang mengaitkan dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat sekitar.Pendekatan SETS ditujukan untuk membantu peserta didik mengetahui sains,perkembangan dan aplikasi konsep sains dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatanini membahas tentang hal-hal yang bersifat nyata, yang dapat dipahami, dapatdibahas, dan dapat dilihat. Menurut podjiaji (dalam Tistanti) pembelajaran Sains LingkunganTeknologi dan Masyarakat pada dasarnya memberikan pemahaman tentang kaitanantara sains teknologi dan masyarakat sekitar serta merupakan wahana untukmelatih kepekaan siswa terhadap lingkungan sebagai akibat perkembangan sainsdan teknologi. Berdasarkan hal tersebut siswa diharapkan dapat menerapkanpembelaran sains dengan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk membuatteknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. 3. Gambar 1Hubungan timbal balik unsur-unsur SETS menurut Asy’ari (dalam Tristanti, 2011:13) Masyarakat Ilmu Lingkungan (Science) Teknologi Berdasarkan bagan di atas terdapat keterkaitan antara sains, lingkunganteknologi dan masyarakat. Masing-masing unsur dalam pendekatan SETS tidakdapat dipisahkan.
  4. 4. 2. Penerapan pendekatan SETS Fokus pendekatan SETS meliputi belajar di (in), untuk (for), tentang(about) lingkungan, dengan mencoba menemukan dan mengungkap penyebabpermasalahan serta kemungkinan yang dapat menyebabkan permasalahanlingkungan masa mendatang. Dalam hal ini diutamakan pada dampak-dampakyang timbul akibat sains dan teknologi dalam usaha pemenuhan kebutuhanmasyarakat. Pendekatan SETS menekankan pada peserta didik untuk learning to know,learning to do, learning to be, learning to live together. Siswa aktif dalampembelajaran dan guru berfungsi sebagai fasilitator.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membelajarkan SETS di sekolah dasarmenurut Nurfiana (http://www.2lisan.com/read/pendekatan-sets-pada-ipa-terpadu)sebagai berikut.a) Topik yang dipilih hendaknya memunculkan sains yang telah dikenal dalam kurikulum dan dititikberatkan pada keterkaitan hubungan dengan teknologi, lingkungan maupun masyarakat.b) Hendaknya diberikan materi pengajaran yang dapat menyentuh rasa kepedulian tentang keberadaan sains, teknologi, dan masyarakat sebagai suatu kesatuan yang tidak terpisah.c) Pemilihan materi ajar hendaknya yang dapat membawa peserta didik sadar ilmu pengetahuan (sains), mengeterapkan teknologi dan berbagai dampaknya terhadap lingkungan baik positif maupun negatif sehingga timbul kepedulian dan rasa tanggung jawab siswa dalam memecahkan masalah lingkungan dan masyarakat.d) Bahan evaluasi hendaknya menerapkan sains, teknologi, masyarakat, dan lingkungan yang relevan bagi siswa. Adapun karakteristik pemebelajaran SETS menurut Yager dalam(Tristanti) sebagai berikut.a) Berawal dari identifikasi masalah lokalb) Penggunaan sumber daya setempatc) Keikutsertaan siswa aktif dalam mencari informasi yang dapat diterapkan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
  5. 5. d) Penekanan pada keterampilan proses yang dapatdigunakan siswa dalam pemecahan masalah.e) Adanya kesempatan bagi siswa untuk memperoleh pengalaman memecahkan masalah yang telah diidentifikasi. Berorientasi pada siswa. Berdasarkan karakteristik tersebut, guru hendaknya dapat menggiringsiswa untuk berpikir aktif dalam upaya pemecahan masalah lokal yang berangkatdari pengalaman keseharian siswa. Penerapan SETS dalam pembelajaran oleh guru hendaknya dimunculkanberbagai variasi pemebelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan yangingin dicapai dalam pembelajaran tersebut. Setiap siswa berpeluang untukmemunculkan solusi pemecahan masalah yang berbeda-beda.3. Tahap-tahap pendekatan SETS Secara operasional National Science Teacher Association menyusuntahapan pembelajaran sains dengan pendekatan SETS sebagai berikut.a. Tahap invitasi Pada tahap ini guru memberikan isu/ masalah aktual yang sedang berkembang di masyarakat sekitar yang dapat dipahami peserta didik dan dapat merangsang siswa untuk mengatasinya. Guru juga bisa menggali pendapat dari siswa yang ada kaitannya dengan materi yang akan dibahas.b. Tahap eksplorasi Siswa melalui aksi dan reaksinya sendiri berusaha memahami atau mempelajari masalah yang diberikan.c. Tahap solusi Siswa menganalisis dan mendiskusikan cara pemecahan masalah.d. Tahap aplikasi Siswa diberi kesempatan untuk menggunakan konsep yang telah diperoleh. Dalam hal ini siswa mengadakan aksi nyata dalam mengatasi masalah yang muncul dalamt tahap invitasi.e. Tahap pemantapan konsep Guru memberikan umpan balik/ penguatan terhadap konsep yang diperoleh siswa.
  6. 6. 4. Kelebihan SETSMenurut Ismail pendekatan SETS memiliki keunggulan sebagai berikut.a. Menghindari materi oriented dalam pendidikan tanpat tahu masalah-masalah di masyarakat secara lokal, nasional, maupun internasional.b. Mempunyai bekal yang cukup bagi peserta didik untuk menyongsong era globalisasic. Membekali peserta didik dengan kemampuan memecahkan masalah-masalah dengan penalaran sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat secara integral baik di dalam ataupun di luar kelas.d. Pengajaran sain lebih bermakna karena langsung berkaitan dengan permasalahan yang muncul di kehidupan keseharian siswa tentang pernanan sains dalam kehidupan nyatae. Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengaplikasikan konsep, ketrampilan, proses, kreativitas, dan sikap meghargai produk teknologi serta bertanggung jawab atas masalah yang muncul di lingkungan.f. Kegiatan kelompok dapat memupuk kerjasama antar siswa dan sikap toleransi dan saling menghargai pendapat temang. Mengaplikasikan suatu gagasan atau penciptaan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun bagi perkembangan sains dan teknologi. Dengan demikian pendekatan SETS dapat membantu siswa dalammengetahui sains, teknologi yang digunakannya serta perkembangan sains danteknologi dapat berpengaruh terhadap lingkungan dan masyarakat.RujukanTristanti, Ika Diana. 2011. Skripsi: penerapan pendekatan scinence environment technology society (SETS) untuk meningkatkan aktivitasdan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Selorejo Tulungagung. FIP KSDP UM.Nurfiana. 2010. Pendekatan SETS pada Ipa Terpad, (Online), (http://www.2lisan.com/read/pendekatan-sets-pada-ipa-terpadu diakses pada 7 Maret 2012).

×