Gempa bumi

1,816 views

Published on

Materi Pembelajaran

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,816
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
119
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Gempa bumi

  1. 1. TUGAS KELAUTANGempa bumi
  2. 2. SMA Negeri 1 Tanjungpinang
  3. 3. Gempa Bumi Pernahkah kalian merasakangempa? Apa sebenarnya gempabumi itu? Untuk mengetahuinya mari kita pelajari bersama!!
  4. 4. • Gempa bumi adalah getaran (goncangan) yang terjadi karena gerakan (bergesernya) lempeng bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi, atau bisa juga karena adanya letusan gunung api.• Gempa bumi sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan daerah yang dikelilingi lautan luas.
  5. 5. MENGAPATERJADI ????
  6. 6. BECAUSE………. Lapisan paling atas bumi, yaitulitosfer, merupakan batuan yangrelative dingin, padat, dan kaku. Dibawah lapisan ini terdapat batuan yangjauh lebih panas yang disebut mantel.Lapisan ini sangat panas sehinggasenantiasa dalam keadaan tidak kakudan bergerak sesuai dengan prosespendistribusian panas yang kita kenalsebagai aliran konveksi.
  7. 7. Lempeng tektonik yang merupakanbagian dari litosfer padat dan terapungdi atas mantel ikut bergerak satu samalainnya. ada 3 kemungkinanpergerakan lempeng-lempengtersebut, yaitu apabila kedua lempengsaling menjauhi (spreaning) ,salingmendekati (collision), dan saling gesek(transform).
  8. 8. Jika dua lempeng bertemu dalamsuatu sesar, keduanya dapat bergeraksaling menjauhi, saling mendekati, atausaling bergeser. Umumnya, gerakan iniberlangsung lambat dan tidak dapatdirasakan oleh manusia, namun terukursebesar 0-15 cm per tahun.
  9. 9. Kadang-kadang, gerakan lempeng inimacet dan saling mengunci sehinggaterjadi pengumpulan energy yangberlangsung terus sampai pada suatusaat batuan pada lempeng tektoniktersebut tidak lagi kuat menahangerakan tersebut sehingga terjadipelepasan mendadak yang sering kitakenal sebagai gempa bumi.
  10. 10. DI MANA TERJADI ??? Gempa bumi terjadi di manapun di bumiini.Tetapi umumnya gempa terjadi di sekitar bataslempeng <sesar>. Titik tertentu di sepanjang sesartempat dimulainya gempa disebut focus atauhypisenter dan titik di permukaan bumi yang tepatdi atasnya disebut episenter.
  11. 11. KAPANTERJADI ??
  12. 12. Konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja seperti padabatas plat Pasifik. Tempat ini dikenaldengan lingkaran api karena banyaknyagunung api. Bencana gempa bumi terjadi secaramendadak dan sangat tiba-tiba .Peramalangempa bumi saat ini lebih kepada tinjauangeologis dan kajian sejarah pengulangangempa di suatu tempat.
  13. 13. Gempa Bumi dibedakan menjadi 2 GEMPA GEMPATEKTONIK VULKANIK
  14. 14. GEMPA TEKTONIK Gempa tektonik terjadi karena lapisankerak bumi yang keras menjadi genting/ lunakakhirnya bergerak. Bumi terdiri dari beberapalapisan batuan sebagian besar area darilapisan kerak itu akan hanyut dan mengapungdi lapisan seperti salju. Lapisan tersebutbergerak perlahan-lahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Halinilah yang menyebabkan gempa tektonik.
  15. 15. GEMPA VULKANIK Gempa vulkanikmerupakan gempa yang terkaitdengan letusan gunung api ataukarena ada pergerakan magmaketika akan meletus.
  16. 16. INFO PENTING GEMPA ! Hal-hal yang harus diperhatikan !• Waktu terjadinya gempa bumi• Lokasi pusat gempa dipermukaan bumi / episenter (koordinat lintang dan bujur)• Kedalaman sumber gempa bumi• Kekuatan atau magnitude gempa bumi (skala ritcher)• Intensitas gempa bumi
  17. 17. KOMPONEN YANG TERANCAM …..
  18. 18. 1. Perkampungan dengankonstruksi bangunan yanglemah dan padat penghuni. 2. Bangunan daerah desain teknis yang buruk,bangunan tanah,bangunan tembok tanpa perkuatan (kolom beton).3. Bangunan dengan atap yang berat. 4.Bangunan tua dengan kualitas dan kekuatan sisi yang rendah.
  19. 19. Upaya mitigasi dan penguranganrisiko bencana
  20. 20. 1. Rencanakan penempatan pemukimanuntuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di daerah rawan bencana. 2. Mengasuransikan barang- barang atau harta yang berharga. 3. Pembangunan fasilitas umum dengan standar kualitas yang tinggi.. 4. Rencana kontingensi/kedaruratan untuk melatih anggota keluarga dalam menghadapi gempa bumi.
  21. 21. 5. Pendidikan kepada masyarakat tentang gempabumi,apa yang harus disiapkan dan dilakukan sebelum,saat, dan sesudah terjadi bencana. 6. Persiapan fasilitas dan peralatan penting, seperti alat pemadam kebakaran, peralatan panggilan, dan peralatan perlindungan masyarakat lainnya 7. kontruksi bangunan gedung dan rumah tahan getaran/gempa perkuatan bangunan dengan mengikuti standar kualitas bangunan.
  22. 22. SEKIAN DAN TERIMA KASIH……… Nabila Arifannisa

×