Bioteknologi Modern

39,202
-1

Published on

PPT ini merupakan salah satu materi kuliah BIOTEKNOLOGI yang ditulis oleh Trianik Widyaningrum, M.Si. (dosen Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta).

Butuh lebih banyak materi biologi..???
http://belajar-di-rumah.blogspot.com/

Published in: Education
11 Comments
24 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
39,202
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
47
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
11
Likes
24
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bioteknologi Modern

  1. 1.  Bioteknologi modern memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah melalui penelitian. Dalam bioteknologi modern menghasilkan produk secara efektif dan efisien. Bioteknologi modern tidak hanya dimanfaatkan dalam industri makanan tetapi telah mencakup berbagai bidang, seperti rekayasa genetika, penanganan polusi, penciptaan sumber energi.
  2. 2.  Rekombinasi rekayasa/rekayasa genetika = proses pengubahan gen dengan tujuan mendapatkan organisme baru yang memiliki sifat sesuai yang dikehendaki. Contoh rekayasa genetika: 1. rekombinasi DNA 2. fusi sel 3. transfer inti.
  3. 3.  Setiap jenis makhluk hidup memiliki DNA yang sama DNA dari satu spesies dapat disambungkan dengan DNA dari spesies yang lain, dengan tujuan agar mendapatkan sifat yang baru. Proses penyambungan ini dikenal dengan nama rekombinasi DNA Contoh rekombinasi DNA a. pembuatan insulin b. pembuatan vaksin
  4. 4.  DNA sel manusia dipotong dengan enzim pemotong. Diambil gen penghasil insulin dari DNA yang dipotong tersebut. Gen disambungkan pada plasmid bakteri Escherichia coli. Hasil sambungan dimasukkan ke dalam sel bakteri Escherichia coli. Spesies ini dipelihara di tempat khusus dan dikembangbiakkan. Sehingga mampu memproduksi insulin manusia
  5. 5.  E. Coli dari anggota family Enterobacteriaceae. panjang 2,0 – 6,0 µm dan lebar 1,1 – 1,5 µm. Bentuk sel dari bentuk seperti coocal hingga membentuk sepanjang ukuran filamentous. Tidak ditemukan spora. E. Coli batang gram negatif. Selnya bisa terdapat tunggal, berpasangan, dan dalam rantai pendek, biasanya tidak berkapsul. bakteri ini aerobic dan dapat juga aerobic fakultatif. E. Coli merupakan penghuni normal usus, seringkali menyebabkan infeksi.
  6. 6.  Gen yang digunakkan sel ragi Saccharomyces yang menghasilkan protein virus (tidak berbahaya). Jika protein disuntikkan ke tubuh akan menghasilkan antibodi. Cara pembuatannya sama dengan insulin hanya menggunakan sel ragi.
  7. 7.  struktur Saccharomyces cerevisiae terdiri dari sel anak, budding dan sel induk, serta berwarna putih keruh dan bagian tengah yang berwarna kehitaman. Tepi berbentuk entire, dan permukaan halus. Koloninya berwarna putih keruh, permukaaan dan tepinya rata. Saccharomyces cerevisiae mikroorganisme eukaryotic dengan diameter 5-10 µm, reprduksinya melalui proses difusi yang dikenal sebagai budding. Saccharomyces cerevisiae dapat survive dan tumbuh dalam bentuk haploid dan diploid.
  8. 8. Contoh: Vaksin Hepatitis B danmalaria. Secara konvensional pelemahankuman dilakukan dengan pemanasanatau pemberian bahan kimia. Dengan bioteknologi dilakukantransplantasi gen.
  9. 9. Fusi sel/teknologi hibridoma = peleburan/fusi dua selyang berbeda menjadi kesatuan tunggal yangmengandung gen-gen dari kedua sel asli.Sel yang dihasilkan dari fusi ini dinamakan hibridoma(hibrid = sel asli yang dicampur, oma = kanker).Hibridoma ini sering digunakan untuk memperolehantibodi dalam pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.
  10. 10. Apabila sel-sel sekali melebur menjadi satu,maka sel-sel ini akan menghasilkan proteinyang sangat baik.Misalnya, antibodi monoklonal dapatdigunakan untuk mendiagnosis penyakit, teskehamilan, dan mengobati kanker.Contoh fusi sel =a. Fusi sel manusia dengan tikusb. Fusi sel tomat dan sel kentang
  11. 11.  Sel limfosit manusia mampu menghasilkan antibodi, tetapi jika dikultur dan dipelihara proses pembelahannya sangat lambat. Sel manusia tersebut difusikan dengan sel kanker tikus dengan tujuan dapat membelah dengan cepat karena sel tikus mengandung mieloma yang mempunyai kemampuan untuk membelah dengan cepat. Hibridoma yang terbentuk akan mendapatkan antibodi (sifat sel manusia) dan mampu untuk membelah dengan cepat (sifat sel kanker tikus).
  12. 12.  Fusi sel tumbuhan sering disebut dengan fusi protoplasma. karena dalam fusi sel antar tumbuhan ini dinding sel tumbuhan yang tersusun atas selulosa harus dihancurkan oleh enzim terlebih dahulu. maka tinggallah protoplasma untuk difusikan. Misalnya, tanaman tomato, yaitu tanaman baru yang berbuah tomat dan berumbi kentang.
  13. 13. Transfer inti = proses pemindahan inti sel tubuh ke dalam sel telurtanpa inti, sehingga sel telur tersebut akan membelah diri danmenjadi embrio. Transfer inti disebit juga kloning inti. Contoh kloning = domba ‘Dolly’.- Inti sel tubuh yang diambil dari jaringan kelenjar susu domba bermuka putih- Sedangkan ovumnya diambilkan dari domba betina yang bermuka hitam yang intinya telah dirusak sehingga menjadi ovum tak berinti.- Selanjutnya, inti sel tubuh domba muka putih dimasukkan ke dalam ovum domba muka hitam dan dipelihara sampai mencapai tahap blastula,- kemudian dimasukkan ke dalam uterus domba bermuka hitam, dan hasilnya lahirlah domba Dolly.
  14. 14.  Transgenik = tanaman yang telah direkayasa bentuk maupun kualitasnya melalui penyisipan gen atau DNA binatang, bakteri, mikroba, atau virus untuk tujuan tertentu. Organisme transgenik adalah organisme yang mendapatkan pindahan gen dari organisme lain. Gen yang ditransfer dapat berasal dari jenis (spesies) lain seperti bakteri, virus, hewan, atau tanaman lain. Contoh tanaman transgenik = kacang kedelai, jagung, kentang, dan kapas.
  15. 15. Damak Positif : rekayasa genetika menghasilkan produk yang tidak terbatas. Bioteknologi pengelolahan limbah menghasilkan produk biogas, kompos, dan lumpur aktif. Bidang kedokteran dapat menghasilkan obat-obatan, antar lain vaksin , antibiotik, antibodi monoklat, dan intrferon. Bidang pertanian dapat meningkatkan variasi dan hasil pertanian melalui kultur jaringan, fiksasi nitrogen pengendalian hama tanaman, dan pemberian hormon tumbuhan Menghasilkan bahan bakar dengan pengelolahan biommasa menjadi etanol (cair) dan metana (gas). Bidang industri dapat menghasilkan makanan dan minuman, antara lain pembuatan roti, nata de coco, brem, mentega, yoghurt, tempe, kecap, bir dan anggur.
  16. 16.  Dampak Negatif - kerugian keanekaragaman hayati disebabkan oleh potensi terjadinya aliran gen ke tanaman sekarabat atau kerabat dekat. - Di bidang kesehatan manusia terdapat kemungkinan produk gen asaing (seperti, gen cry dari bacillus thuringiensis maupun bacillus sphaeericus) dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh mausia, perlu di cermati pula bahwa insersi ( penyisipan ) gen asing ke genom inang dapat menimbulkan interaksi antar gen asing dan inang produk bahan pertanian dan kimia yang menggunakan bioteknologi. - persaingan internasional dalam perdagangan dan pemasaran produk bioteknologi yang dapat menimbulkan ketidakadilan bagi negara berkembang karena belum memiliki teknologi yang maju. - Kesenjangan teknologi yang sangat jauh tersebut disebabkan karena bioteknologi modern sangat mahal sehingga sulit dikembangkan oleh negara berkembang. - Ketidakadilan, misalnya, sangat terasa dalam produk pertanian transgenik yang sangat merugikan bagi agraris berkembang. Hak paten yang dimiliki produsen organisme transgenik juga semakin menambah dominasi negara maju.

×