Pemasaran (marketing)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pemasaran (marketing)

on

  • 1,433 views

Materi kewirausahaan semester 7

Materi kewirausahaan semester 7

Statistics

Views

Total Views
1,433
Views on SlideShare
1,433
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
47
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Pemasaran (marketing) Pemasaran (marketing) Presentation Transcript

    • PEMASARAN (MARKETING) KEWIRAUSAHAAN
    • DEFINISI PEMASARAN Kotler (1997) mengatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai didalam pasar
    • TUGAS, FUNGSI DAN ORIENTASI PEMASARAN Secara teoritis pemasaran mempunyai 8 (delapan) fungsi, yang dapat diuraikan,sebagai berikut: A. Fungsi perdagangan (merchandising) Perencanaan yang berkenaan dengan pemasaran produk (barang dan/atau jasa) yang tepat, dalam jumlah yang tepat, harga yang selaras, termasuk di dalamnya faktor- faktor lain seperti bentuk, ukuran, kemasan dan sebagainya. B. Fungsi Pembelian (buying) Peranan perusahaan dalam pengadaan bahan sesuai dengan kebutuhannya. Fungsi Penjualan (selling) Meyakinkan orang untuk membeli suatu produk (barang dan/atau jasa) yang mempunyai arti komersial baginya. C. Fungsi Transportasi (transportation) Perencanaan, seleksi dan pengerahan semua alat pengangkutan untuk memudahkan produk (barang dan/atau jasa) dalam proses pemasaran.
    • D. Fungsi Pergudangan (storage) Menyimpan barang selama waktu produk tersebut dihasilkan dan dijual. E. Fungsi Standarisasi (standardization) Penetapan batas-batas elementer berupa perincian-perincian yang harus dipenuhi oleh produk, termasuk di dalamnya grading, yakni memilih kesatuan dari suatu produk yang dimasukkan ke dalam kelas-kelas dan derajat-derajat yang sudah ditetapkan dengan standarisasi F. Fungsi Keuangan (financing) Merupakan usaha untuk mencari dan mengurus modal dan kredit yang langsung bersangkutan dengan transaksi dalam mengalirkan produk (barang dan/atau jasa) dari produsen ke konsumen. G. Fungsi Komunikasi (communication) Segala sesuatu yang dapat memperlancar hubungan di dalam perusahaan dan di luar perusahaan. H. Fungsi Resiko (risk) Fungsi untuk menangani atau menghadapi resiko kerugian karena kerusakan, kehilangan atau anjloknya harga di pasaran
    • STRATEGI PEMASARAN Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing masing tingkatan serta lokasinya. Strategi pemasaran modern secara umum terdiri dari tiga tahap yaitu: segmentasi pasar (segmenting), penetapan pasar sasaran (targeting), dan penetapan posisi pasar (positioning)
    • Strategi pemasaran modern secara umum terdiri dari tiga tahap yaitu: 1. Segmentasi pasar (segmenting) 2. Penetapan pasar sasaran (targeting) 3. Penetapan posisi pasar (positioning)
    • SEGMENTASI PASAR (SEGMENTING)  Di pasar terdapat banyak konsumen yang berbeda-beda dalam banyak hal  Menurut Swasta (1996) segmentasi pasar diartikan sebagai kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen
    • TARGET PASAR (TARGETING) Target pasar adalah kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri atau sifat hampir sama (homogen) yang dipilih perusahaan dan yang akan dicapai dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix)
    • MANFAAT TARGET PASAR A. Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran. B. Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar C. Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru. D. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin E. Mengantisipasi persaingan
    • POSISI PASAR (POSITIONING) Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997) Positioning merupakan elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran.
    • “...Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki...” (Mahatma Ghandi)