Your SlideShare is downloading. ×
0
Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah
Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah
Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah
Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah
Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah
Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Aqidah akhlak - Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah

11,082

Published on

Cool job & be great if u like & download it.. …

Cool job & be great if u like & download it..
thanks for visit mine.. :)

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
11,082
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
37
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KATA PENGANTAR  Segala puji bagi Allah SWT. Yang telah memberi petunjuk kepada kita kepada jalan yang lurus. Dan tak lupa pula kita sanjung sajikan kepangkuan nabi kita Muhammad SAW yang mana beliau telah membimbing kita dengan tauladanNya yang baik.  Syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan anugrah,kesempatan dan pemikiran kepada kami untuk dapat menyelesaikan makalah ini . makanlah ini merupakan pengetahuan tentang RUANG LINGKUP PEMBAHASAN AQIDAH , semua ini di rangkup dalam makalah ini , agar pemahaman terhadap permasalahan lebih mudah di pahami dan lebih singkat dan akurat .  Kami telah menyusun makalah ini dengan urutan: kata pengantar sebagai pembuka, daftar isi, Bab 1 sebagai penyampaian masalah, Bab 2 isi dan di tutup dengan kesimpulan serta diakhiri dengan daftar pustaka  Dan kami sebagai penyusun mengucapkan beribu terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian.  Terima kasih, Banda Aceh, September 2012
  • 2. BAB 1 PENDAHULUAN  Dewasa ini jika kita berpandang lebih ke hamba yang mengenal atau mengetahui zat-zat Tuhannya itu jarang/ bisa dikatakan kurang fanatik.  Mari kita lihat lebih kepada kaum muslimin, jadi yang akan kita bahas sekarang yaitu tentang mengenal zat-zat, sifat, perbuatan dan wujudNya Allah Ta’ala. Atau yang biasa di sebut dengan Ilmu Tauhid. Dan Tauhid itu merupakan intinya rukun iman.  muslimin sekarang pasti banyak yang sama dengan fakta yang pertama, mengapa hal demikian bisa terjadi.......? Dan apakah mempelajari tauhid itu wajib......? Dan jikalau wajb, adakah hadist atau ayat Al-quran yang menjelaskan tentang masalah tersebut.....?. Dan mari kita lihat dalil yang menyatkannya.  Dan apakah kita termasuk orang-orang yang kurang peduli terhadap Agama kita...? Mudah-mudahan jawabanya tidak.  Agar kita tidak seperti orang yang dikatakan hanya islam KTP, mari pelajari bersama yang menyangkut dengan Ilmu Tauhid yaitu Ruang Lingkup Pembahasan Aqidah yaitu suatu pembahasan yang didalamnya tidak hanya membahas dari Ilmu Tauhid saja tetapi juga sistematikanya seperti pengetahuan tentang Rasul, Malaikat Jin dan sebangsanya, juga pengetahuan tentang apa yang seharusnya kita percaya baik itu hal yang baik maupun tidak.  Dan juga kami membahas makalah ini dengan bahasa yang komunikatif agar sesuai dengan cara bicara siswa saat ini atau InshaAllah lebih mudah dipahami.
  • 3. BAB 2 PERMASALAHAN  Aqidah islam itu berawal dari keyakinan zat mutlak Allah yang Maha Esa. Allah yang Maha Esa dalam zat, bentuk, sifat, perbuatan dan wujudNya itu disebut Tauhid. Tauhid itu inti rukun iman.  Menurut sistematika Hasan Al-Banna Ruang Lingkup Aqidah Islam itu meliputi empat pembahasan yaitu Ilahiyat/h, Nubuwat/h, Ruhaniat/h dan Sam’iyyat/h: I. Ilahiyat/h, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah, seperti wujud Allah sifat Allah. dll II. Nubuwat/h, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu tentang para Nabi dan Rasul, juga pembicaraan mengenai kitab-kitab Allah. Dll III. Ruhaniyat/h, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisik seperti Jin, Iblis, Setan. Dll IV. Sam’iyyat/h, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang dapat dilihat melalui sam’i yakni dalil Naqli berupa Al-quran dan As-sunnah seperti alam barzakh, ahirat, azab kubur, tanda-tanda kiamat, surga, neraka. Dll
  • 4. BAB 3 PENUTUP I. Kesimpulan, jadi dari apa yang telah kami presentasikan dapat merubah pola pikir kita masing masing mengenai harusnya mengetahui seluk-beluk agama yang kita anut dan jangan hanya menyepelekan karna jika kita mencari tahu bagaimana sebenarnya inti dari segala ilmu yang kita pelajari semuanya sebenarnya bersumber dari Allah dan percuma jika kita tidak mengenalNya dan berberusaha untuk menganggapnya lebih penting dari apapun. II. Saran, semoga dari apa yang kami presentasikan kita dapat diambil hikmah dan juga informasi yang telah kami berikan semoga bermanfaat bagi teman dan guru sekalian dimasa yang akan datang.
  • 5. SEKIAN DARI KAMI & Hanya ini yang dapat kami sampaikan Lebih dan kurang Kurang dan lebih Kami mohon Ma’af Wabillahi taufiq walHidayath Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh TTD : Mulia Fathan,M. Zikrullah, Riski Fajar.S.P. & M. Rizki R.

×