Tumbuhan khas jawa barat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tumbuhan khas jawa barat

on

  • 5,603 views

@saputrafitra on twitter, line, wechat

@saputrafitra on twitter, line, wechat

Statistics

Views

Total Views
5,603
Views on SlideShare
5,603
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
8
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tumbuhan khas jawa barat Tumbuhan khas jawa barat Presentation Transcript

    • TumbuhanKhas JawaBaratMuhammad Fitra SaputraX1 IPA 1
    • 1. Gandaria Gandaria merupakan nama pohon danbuah yang mempunyai nama latin (ilmiah)Bouea macrophylla. Pohon gandaria jugaditetapkan sebagai flora identitas dariprovinsi Jawa Barat, mendampingi macantutul (Panthera pardus) yang ditetapkansebagai fauna identitas provinsi JawaBarat. Pohon gandaria (Bouea macrophylla)disebut juga sebagai ramania ataukundangan di beberapa daerah diIndonesia disebut dengan berbagai namayang berbeda seperti gandaria(Jawa), jatake, gandaria (Sunda), remieu(Gayo), barania (Dayak ngaju), dandoriah(Minangkabau), wetes (SulawesiUtara), Kalawasa, rapo-rapo kebo(Makasar), buwa melawe (Bugis).
    • 2. Kembang Sepatu Tanaman ini banyak ditanam orang dihalaman sebagai tanaman hias atau sebagaipagar hidup untuk memperindah halamanrumah. Kembang sepatu memiliki lima helaidaun kelopak. Mahkota bunga terdiri dari 5lembar atau lebih. Tangkai putik berbentuksilinder panjang dikelilingi tangkai sariberbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Pada umumnya tinggi tanaman kembangsepatu ini sekitar 2 m- 5 m. Daun berbentukbulat telur yang lebar atau bulat telur yangsempit dengan ujung daun yangmeruncing. Bunga kembang sepatu iniberbentuk terompet dengan diameter bungasekitar 5 cm hingga 20 cm. Bunganya bisamekar menghadap ke atas, ke bawah, ataumenghadap ke samping. Akar, daun danbunga kembang sepatu dapat dijadikansebagaibahan obat. Terdiri dari berbagai jenisdan warna : merah tua, pink, pinkputih, putih, orange, kuning.
    • 3. Suplir Suplir memiliki penampilan yang jelas berbeda darijenis paku-pakuan lain. Daunnya tidak berbentukmemanjang, tetapi cenderungmembulat. Sorus merupakan kluster-kluster di sisibawah daun pada bagian tepi. Spora terlindungioleh sporangium yang dilindungi olehindusium.Tangkai entalnya khas, berwarna hitam mengkilap,kadang-kadang bersisik halus ketika dewasa.Sebagaimana paku-pakuan lain, daun tumbuhdari rizoma dalam bentuk melingkar ke dalam(bahasa Jawa mlungker) seperti tangkai biola(disebutcircinate vernation) dan perlahan-lahanmembuka. Akarnya serabut dan tumbuh dari rizoma. Tanaman ini tidak memliliki nilai ekonomi penting.Fungsinya yang utama adalah sebagaitanamanhias yang bisa ditanam di dalam ruang atau di luarruang. Suplir sangat suka tanah yang gembur, kayabahan organik (humus). Pemupukan dengankadar nitrogenlebih tinggi disukainya. Pembentukanspora memerlukan tambahan fosfor dan kalium.