Raja’
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Raja’

on

  • 8,808 views

@saputrafitra on twitter, line, wechat

@saputrafitra on twitter, line, wechat

Statistics

Views

Total Views
8,808
Views on SlideShare
8,808
Embed Views
0

Actions

Likes
2
Downloads
73
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Raja’ Presentation Transcript

  • 1. Kelas : XI IPA 1Anggota :Aldio Pilliang (Penjawab)Dhiaulhaq Bustomi (Moderator)Galuh Kristanto Genta Radewa (Pembaca)Muhammad Fitra Saputra (Notulen)Muhammad Fikri Ramadhan (Pembaca)Sulthan Raihan Ramzy. (Penjawab)
  • 2. 1. Pengertian dan Perintah Raja’ Menurut bahasa, raja’berarti harap. Secara isilah, raja’artinya ketetapanhati yang penuh harapan kepada rahmat atau kasibhsayan Allah S.W.T Raja’ merupakan sikap rendah hati yang selalu mengharap rida dan kasih sayang AllahS.W.T Raja’ juga menjadi sikap seseorang dengan kesadaran bahwa manusia manusia memilikikekurangan dan kelemahan, kekurangan dan kelemahan itu yang membuat dirinyamenjadi maksiat. Jika seseorang hanya berharap saja tanpa mau berusaha, hal ini disebut berangan-anganpada sesuatu yang mustahil atau yang disebut dengan tamammi, yang dampaknya nantimenyebabkan seseorang berputus asa, putus harapan terhadap rahmat dan rida Allah.
  • 3.  Raja’ merupakan kebalikan dari sikap putus asa, sikap yang sangat dibenci oleh Allah S.W.T Seorang yang beriman kepada Allah SWT tentunya memiliki sifat raja’. Dengan sifat raja’tersebut maka akan tercermin suatu sikap yang khusnudzon, berhaluan maju, dan berpikiryang islami. Khusnudzon adalah sifat yang terpuji yaitu sifat yang menunjukkan prasangka yang baik.Sifat kebalikannya adalah su’udzan yaitu suatu prasangka buruk. Perilaku Raja’ hanya akan dimiliki oleh seseorang yang memiliki keyakinan kepadakebesaran dan kekuasaan Allah S.W.T . Selama ada rasa sombong dalam diri seseorang, iatidak akan memiliki sifat Raja’
  • 4. 2. Ciri-ciri Seorang Muslim YangMemiliki Sifat Raja’a) Optimistisb) Senantiasa berfikir positif dan dinamis atas usahanya yang ia lakukanc) Munculnya sikap ulet, pantang menyerah dalam menghadapi cobaan.d) Selalu bertawakkal kepada Allah. Selalu berusaha meningkatkan diri untuk lebihbaik.e) Memiliki sifat bersyukur kepada Allah.f) Berfikir dengan kritis.
  • 5. 3. Manfaat dan Hikmah Raja’a) Memperoleh keridaan Allahb) Terhindar dari perbuatan dosac) Mendapatkan kepuasan hidupd) Mendekatkan diri kita pada Allah S.W.Te) Sarana penyelesaian persoalan hidupf) Memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat
  • 6. Dalil Naqli Raja’ Arti : Berkata Yaqub: "Bagaimana aku akan mempercayakannya (Bunyamin)kepadamu, kecuali seperti aku telah mempercayakan saudaranya (Yusuf)kepada kamu dahulu?"[759]. Maka Allah adalah sebaik-baik Penjaga dan Diaadalah Maha Penyanyang diantara para penyanyang. (Q.S Yusuf / 12 : 64)
  • 7. Dalil Naqli Raja’ Arti : Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusufdan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah.Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaumyang kafir." (Q.S Yusuf : 87)
  • 8. Dalil Naqli Raja’ Arti : Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa sepertikamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnyaTuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa." Barangsiapamengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklahia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah iamempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepadaTuhannya."
  • 9. Dalil Naqli Raja’ Arti : Firaun menjawab: "Jika benar kamu membawa sesuatu bukti, makadatangkanlah bukti itu jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang benar." (Q.SAl-’Araf/ 7 : 106)
  • 10. Dalil Naqli Raja’ Arti : Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batasterhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmatAllah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa[1314] semuanya.Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Q.S. Al-Zumar 39 : 53)
  • 11. Pertanyaan1. Mengapa kita senantiasa mengharapkan kasih sayang dari Allah SWT? (DinaPurnamasari) Karena Allah memiliki sikap penyayang. Dan juga allah merupakan tuhan kita. Allahpasti menyayangi hambanya terutama yang taat akan perintahnya.2. Apakah boleh kita berharap banyak kepada Allah SWT? (Jafar A) Tentu saja boleh, akan tetapi kita sebagai manusia tidak boleh berharap terlalubanyak. Harus disertai dengan tawakal (berusaha) dan juga di seimbangi dengandoa3. Cara mendapat Ridho Allah SWT? (Lulu Alya A) Seperti diketahui ridho Allah SWT terletak pada ridho orang tua. Maksudnya, kitadalam melakukan sesuatu harus mendapat ridha orang tua. Jika mendapat ridhoorang tua insya allah mendapat ridho Allah SWT