Contoh rpp matematika sm
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Contoh rpp matematika sm

on

  • 1,545 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,545
Views on SlideShare
1,507
Embed Views
38

Actions

Likes
1
Downloads
45
Comments
0

1 Embed 38

http://www.slideee.com 38

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Contoh rpp matematika sm Contoh rpp matematika sm Document Transcript

  • RENCANA PELAKSANAAN PMBELAJARAN (RPP) Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kurikulum Matematika Sekolah Menengah Semester Genap Tahun Akademik 2011/ 2012 Dosen Pengampu : Dr. Mulyadi Disusun Oleh : NAMA : DIYAH SRI HARIYANTI NIM : 1051500083 SEMESTER : IV/C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN 2012
  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Program Semester Standar Kompetensi : 2. : : : : SMAN I PERHENTIAN RAJA Matematika XII / IPS Ganjil Menyelesaikan masalah program linear. Kompetensi Dasar : 2.1. Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Indikator : 1. 2. Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan). A. Mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta didik dapat mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel. 2. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel. B. Materi Ajar Sistem pertidaksamaan linear. C. Metode Pembelajaran Ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan soal. D. Model Pembelajaran Think Pair and Share ( TPS ) E. Langkah-langkah Kegiatan 1. Pendahuluan a. Apersepsi : Peserta didik dibimbing untuk mengingat kembali materi mengenai persamaan garis dan pembuatan grafiknya, serta cara menentukan titik potong dua garis. b. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
  • 2. Kegiatan Inti a. Eksplorasi Peserta didik menerima stimulus berupa pemberian materi oleh guru (jika dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penjelasan secara detail tentang arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan cara menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel. b. Elaborasi 1) Peserta didik dibimbing untuk mengembangkan pemikiran tentang materi yang telah disampaikan guru. 2) Peserta didik mencari pasangan untuk mengutarakan hasil pemikiran masing-masing. 3) Peserta didik mendiskusikan materi tersebut dengan bimbingan dari guru (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Prog. IPS karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 44-52 mengenai sistem pertidaksamaan linear, yang terdiri dari hal. 44 mengenai sistem pertidaksamaan linear dua variabel, dan hal. 44-48 mengenai cara menentukan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel). 4) Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengidentifikasian beberapa pertidaksamaan yang merupakan pertidaksamaan linear dua variabel, penentuan daerah yang memenuhi himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel yang diberikan, serta penentuan sistem pertidaksamaan yang daerah himpunan penyelesaiannya diberikan pada gambar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 49 sebagai tugas individu. c. Konfirmasi 1) Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan cara menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. 2) Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 45-48 mengenai penentuan daerah yang memenuhi himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan penentuan sistem pertidaksamaan yang daerah himpunan penyelesaiannya diberikan pada gambar. 3) Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 49. 3. Penutup a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai sistem pertidaksamaan linear khususnya sistem pertidaksamaan linear dua variabel. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear.dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. 90-92 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
  • E. Alat dan Sumber Belajar 1. Sumber : Kurnianingsih, Sri , dkk.Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A. 1993. Jakarta : Erlangga. 2. Alat : Spidol - Kertas - Penghapus F. Penilaian Teknik : tugas individu. Bentuk Instrumen : uraian singkat. Contoh Instrumen : Tentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear berikut. xy ,  x ,   12y x 2 16, 0 y 0 Sukoharjo,21 juni 2012 Mengetahui, Kepala Sekolah _______________________ NIP. Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP.
  • SOAL TUGAS INDIVIDU 1. Tentukan himpunan penyelasaian dari pertidaksamaan berikut : a. b. 2. Daerah penyelesaian dari pertidaksamaan berikut adalah ..... 3. Suatu tempat parkir luasnya rata diperlukan tempat parkir seluas , untuk memarkir sebuah mobil ratadan untuk bus rata-rata 20 , tempat parkir itu tidak dapat menampung lebih dari 12 mobil dan bus. Jika di tempat parkir itu akan diparkir x mobil dan y bus, maka tulislah pernyataan di atas dalam bentuk pertidaksamaan linier ! 4. Tentukan bentuk pertidaksamaan linier dari daerah himpunan penyalasaian berikut : a. 5 3 HP 2 4 b. 6 HP 2 -2 4
  • Sintaks Model Pembelajaran Think Pair and Share ( TPS ) Fase 1 Sintaks Kegiatan guru Menyampaikan tujuan dan Guru menyampaikan tujuan memotivasi peserta didik pembelajaran yang ingin dicapai dan memberi motivasi peserta didik agar dapat belajar dengan aktif dan kreatif tentang sistem pertidaksamaan linier. 2 Menyajikan informasi Guru menyajikan informasi kepada peserta didik dengan cara ceramah dengan buku panduan yang ada tentang materi inti dari sistem pertidaksamaan linier. 3 Mengorganisasikan peserta Guru menjelaskan kepada peserta didik dalam bentuk didik bagaimana caranya membentuk pasangan pasangan kelompok belajar dan membantu setiap pasangan agar melakukan transisi secara efisien 4 Membimbing setiap Guru membimbing setiap pasangan pasangan bekerja dan kelompok belajar pada saat mereka belajar mendiskusikan materi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. 5 Evaluasi Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari dan juga terhadap presentasi hasil kerja masingmasing pasangan kelompok 6 Menarik kesimpulan Guru menyampaikan kesimpulan dari hasil diskusi yang telah dilakukan 7 Memberi penghargaan Guru memberi nilai lebih kepada peserta didik yang aktif.