Your SlideShare is downloading. ×
SENI MUSIK KOREA
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

SENI MUSIK KOREA

4,217
views

Published on

IT'S OUR TASKS THAT CAN' BE SHOWN TO OUR FRIEND . SORRY IF IT'S NOT COMPLETE

IT'S OUR TASKS THAT CAN' BE SHOWN TO OUR FRIEND . SORRY IF IT'S NOT COMPLETE


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
4,217
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
80
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. ASSALAMUALAIKUM WR.WB
  • 2. KELOMPOK 5 KOREA – Mira Raudhotul Jannah – Nabila Salsabila – Putri Gisda A – Rafi Nasrullah – Randy Aditya H – Sausan Rihhadatulaisy
  • 3. KOREA SEJARAH MUSIK TRADISIONAL PENGARUH DI INDONESIA ARTIS ARTIS ALAT MUSIK TRADISIONAL
  • 4. Sejarah Musik awal rakyat Korea diketahui dimainkan sebagai bagian dari upacara dan penyembahan kepada dewa-dewa. Umumnya, bukti-bukti tersebut berasal dari sumber-sumber tertulis Cina kuno. Karena Semenanjung Korea menjorok dari benua Asia bagian timur laut, rakyat Korea telah melakukan pertukaran yang aktif sejak lama dengan bangsa Cina, Mongol, Jepang, Siberia dan Asia Tengah yang ikut memengaruhi kesenian mereka. Musik korea berkembang berjalan sesuai dengan pergantian dinasti.
  • 5. Alat Musik Tradisional Alat musik tradisional Korea adalah kumpulan alat musik dari Korea yang jumlahnya lebih dari 60 jenis. Alat-alat musik ini sebagian besar masih dimainkan dan telah diwariskan dari generasi ke generasi hingga kini. Alat musik yang paling banyak dimainkan antara lain gayageum, daegeum , haegeum dan geomungo. Alat musik Korea dapat dibedakan menjadi alat musik asli (hyang, 鄕) dan alat musik Cina (tang, 唐).
  • 6. Gayageum Gayageum adalah alat musik petik tradisional Korea yang berupa kecapi dengan 12 senar. Berdasarkan babad Samgu sagi (1145) alat musik ini diciptakan oleh Raja ke-6 dari Kerajaan Gaya, yakni Raja Gasil. Gayageum kemudian disebarkan ke kerajaan Silla dan masih dimainkan hingga kini. Gayageum telah mengalami banyak modifikasi sejak dahulu. Gayageum moderen adalah hasil modifikasi dari akhir zaman Dinasti Joseon pada abad ke-19 dan seringkali dinamakan sanjo gayageum. Gayageum yang dimoderenkan mempunyai jumlah senar yang lebih banyak yakni 13, 17, 18, 21, 22, atau 25 buah senar yang terbuat dari nilon. Di Korea Utara , gayageum bersenar 21 lebih banyak dimainkan. Gayageum ini masuk pada kategori alat musik Hyang.
  • 7. Haegeum Haegeum adalah jenis alat musik gesek tradisional yang berasal dari Korea. Haegeum adalah jenis rebab yang diadaptasikan dari rebab Cina dan masih sejenis dengan erhu, xiqin, dan erxian. Jenis haegeum yang bersenar 4 dinamakan sohaegeum (소해금) adalah jenis haegeum yang sudah dimodifikasi dan populer di Korea Utara. Haegeum termasuk kedalam alat musik Tang.
  • 8. Janggu Janggu (atau janggo) atau juga disebut seyogo adalah gendang tradisional dari Korea. Janggu disebut juga gendang jam pasir karena bentuknya yang ramping dan menyerupai jam pasir. Janggu ditabuh menggunakan kedua buah tongkat kecil.
  • 9. Pyeongyeong Pyeongyeong adalah potongan batu yang berbentuk L, yang dimainkan dengan cara dipukulkan. Batu musik ini diperkenalkan dari Cina dan dimainkan dalam pementasan musik istana.
  • 10. K-pop K-pop, kepanjangannya Korean Pop ("Musik Pop Korea"), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara. Diantaranya penyanyi,boyband,girlband korea berikut ini:
  • 11. Super Junior • Super Junior (Korea: 슈퍼주니어), atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Super Junior) (Korea: 슈주), merupakan sebuah boyband yang berasal dari Seoul,Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Super Junior merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005. Pada tahun 2010, hanya ada 10 anggota yang aktif, 4 orang diantaranya yaitu Hangeng memiliki masalah hukum dengan SM Entertainment sehingga menyebabkan HanGeng keluar dari Super Junior (sekarang bersolo karier di kancah hiburan Mandarin-Pop), KangIn dan Pada tahun 2011 ,Heechul meninggalkan grup sementara waktu untuk melaksanakan wajib militer, dan Kibum yang juga absen dikarenakan fokus pada karier seni perannya. Namun, anggota lain bersikeras bahwa 3 anggota tersebut (Kangin, Kibum dan HanGeng) masih merupakan bagian dari Super Junior, mereka juga menyebutkan bahwa mereka sangat sedih dengan kepergian HanGeng dari grup.
  • 12. T-Ara T-ara (bahasa Korea 티아라; Pengucapan Korea: [tʰiara], Japanese: ティアラ)adalah grup penyanyi wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Core Contents Media pada tahun 2009. Berawal dari 5 Anggota mereka merilis lagu pertama mereka "Good Person" untuk soundtrack film drama korea "Cinderella Man" pada April 2009. Pada Juni 2009, Jiwon dan Jiae mengundurkan diri dari T-ara,dan kemudian core contents menambah 3 orang ke anggota baru mereka yaitu Boram, Qri dan Soyeon dan mereka merilis lagu debut mereka "거짓말" (Lies).dan pada bulan Juli 2010. T-ara memperkenalkan anggota baru mereka "Ryu Hwayoung" dan bertambah menjadi 7 orang.[Pada tahun 2011, T-ara menandatangani kontrak sebesar $ 4.300.000 dengan perusahaan manajemen J-ROCK untuk debut Jepang mereka, angka tertinggi dari semua kelompok gadis memulai debutnya di Jepang. Label rekaman utama mereka adalah EMI Music Japan sementara manajemen dan pemasaran promosi ada di bawah J-ROCK.
  • 13. Ailee Lee Ye Jin (Hangul: 이예진, lahir 30 Mei 1989; umur 23 tahun) atau lebih dikenal dengan nama panggung Ailee (Hangul: 에일리, adalah seorang penyanyi Korea-Amerika dibawah naungan YMC Entertainment, sebuah label rekaman Korea Selatan. Ia merilis singel pertamanya, Heaven, pada tanggal 8 Februari 2012. Singel
  • 14. MUSIK TRADISIONAL Musik Korea terbagi atas 2 kategori, 1. Musik istana (gungjung-ak;궁중음악) 2. Musik rakyat (minsok-ak;민속 음악).
  • 15. MUSIK ISTANA Musik istana terdiri atas: 1. Aak, musik yang ditujukan untuk ritual Konfusius di kuil Munmyo dan Jongmyo. 2. Hyang-ak dan Dangak yang dimainkan dalam pesta-pesta istana dan upacara kenegaraan. 3. Chwita (kependekan dari Daechwita) dimainkan sebagai musik militer.
  • 16. MUSIK RAKYAT Musik rakyat lebih bervariasi daripada musik istana dan terdiri atas 2 kelas, musik instrumental (gi-ak) dan musik vokal (seong- ak).
  • 17. Pengaruh k-pop di Indonesia • Masuknya budaya Korea ke Indonesia menyebabkan banyak pengaruh di Indonesia. Contohnya seperti lagu-lagu Korea atau yang biasa disebut K-POP. Banyak anak bangsa yang mengikuti genre musik Korea seperti banyak dibuatnya boyband dan girlband yang mirip seperti boyband dan girlband asal Korea. Contoh boyband dan girlband di Indonesia adalah smash, dragon boys, Hits, XO IX, cherrybell, 7 icons, dll.
  • 18. • Masuknya K-POP ke Indonesia membuat pergeseran musik melayu dan dangdut Indonesia. Musik melayu dan dangdut sudah semakin jarang diminati masyarakat dan jarang ditampilkan di layar televisi. Masyarakat sekarang lebih menyukai boyband dan girlband ala Korea. Pergeseran tersebut membuat musik melayu dan dangdut mulai menurun drastis.
  • 19. WASSALAMUALAIKUM WR.WB