Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat

4,907 views
4,634 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,907
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
17
Actions
Shares
0
Downloads
101
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat

  1. 1. MENGAKSES BEBERAPA SITUS UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI YANG BERMANFAAT Nama : Miko Herbudhi Laksono Kelas : IX - 5
  2. 2. Mendownload Informasi dari Internet Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat , kita dapat dengan mudah memperoleh informasi tersebut dengan mengakses beberapa situs dari internet. Kita dapat mendownload informasi yang kita butuhkan. Download adalah proses mengambil data dari komputer pusat ke sebuah komputer lain yang sama-sama terhubung ke Internet. Internet diibaratkan sebagai perpustakaan raksasa yang memuat beragam informasi yang jumlahnya sangat banyak. Hal ini akan menyulitkan kita dalam mencari informasi yang kita butuhkan. Bisa jadi, kita tersasar dari satu website ke website lain dan tidak mendapatkan apa – apa. Untuk memecahkan masalah dibuatlah sebuah program yang dapat digunakan untuk membantu kita mencari informasi yang kita butuhkan di internet. Program tersebut dikenal dengan nama mesin pencari atau sering disebut search engine.
  3. 3. Mesin Pencari (Search engine) Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item-item yang terdapat di Internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.
  4. 4. Ada beberapa kriteria yang bisa kita gunakan untukmenentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal Yaitu : 1. Mengetahui kelebihan cara kerja mesin pencari sehingga kita bisa 2. Mengekploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. 3. Mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui 4. Tidak memiliki spam sehingga memberikan hasil pencarian yang relevan 5. Mempunyai kecerdasan buatan yang baik sehingga mengerti apa yang kita cari .
  5. 5.  Secara umum Struktur Dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut : 1. Kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian. 2. Tombol pencarian untuk menjalankan perintah pencarian.
  6. 6. Berikut beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyakdigunakan : 1. www.google.com Google berdiri tahun 1998, dan didirikan oleh dua orang dari Stanford University. Kelebihan utama google adalah mudah digunakan, layout ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang.
  7. 7.  2. www.yahoo.com Yahoo adalah mesin pencari yang menggunakan indeks direktori. Yahoo berawal dari koleksi link pribadi dari Jerry Yang. Yahoo mempunyai kelebihan yaitu mempunyai database yang besar.Jika kata yang dicari tidak terdapat padaYahoo, pencarian akan dilakukan di database Google. Kelebihan lain dariYahoo adalah semua webmaster ingin agar website mereka terdaftar di indeksYahoo.
  8. 8.  Untuk mengaktifkan search engine dapat kita lakukan seperti pada saat kita membuka website atau alamat internet biasa. Untuk mendapatkan informasi tersebut kita tinggal mengetikkan informasi yang akan kita cari, untuk selanjutnya akan kita bahas pencarian informasi ini dengan menggunakan www.google.com. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
  9. 9.  1. Buka Browser Internet Explorer dan ketikkan alamat website www.google.com
  10. 10.  2. Pada kotak pencarian ketikan kata kunci informasi yang ingin dicari, misal : roomantik + SMP
  11. 11.  3. Tekan Enter atau klik tombol Mesin Cari Google ( Google Search ) 4. Situs search engine tersebut akan menampilkan maksimal 10 link situs yang berkaitan dengan kata kunci.
  12. 12.  5. Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara mengerakan mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah menjadi gambar tangan pada text atau gambar tertentu, itu menandakan bahwa text atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik link tersebut, maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang kita klik. 6. Apakah halaman web yang terbuka menyajikan informasi yang kita cari, bila ya simpan, bila tidak maka kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik ikon back. Setelah halaman web menyajikan informasi yang kita butuhkan ditampilkan dan kita ingin menyimpannya ( download ), maka langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :
  13. 13.  7. Klik File dan selanjutnya pilih Save As, kemudian ditampilkan kotak dialog Save Web Page. 8. Di dalam dialog Save Web Page, pada pilihan Save in kita tentukan folder mana yang akan digunakan untuk penyimpanan informasi tersebut. 9. Ketik nama file pada kotak File name, selanjutnya klik Save atau tekan Enter. Setelah disimpan kita dapat membuka kembali informasi tersebut tanpa terkoneksi ke internet.

×