Sistem just in time & activity based costing
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sistem just in time & activity based costing

on

  • 3,148 views

 

Statistics

Views

Total Views
3,148
Views on SlideShare
2,897
Embed Views
251

Actions

Likes
0
Downloads
39
Comments
0

3 Embeds 251

http://mikhaelherman.wordpress.com 249
http://webcache.googleusercontent.com 1
http://www.google.co.id 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sistem just in time & activity based costing Sistem just in time & activity based costing Presentation Transcript

    • SISTEM “ JUST IN TIME “ &“ ACTIVITY BASED COSTING “ PRESENTASI AKUNTANSI MANAJEMEN S 1 MANAJEMEN STIE AMA SALATIGA 2013
    • HERMANSEPTIANA ERMA NDARUSUWONO
    • DEFINISI Secara umum pengertian Activity Based CostingSystem (ABC System) adalah suatu sistem biaya yang mengumpulkan biaya-biaya ke dalam aktivitas- aktivitas yang terjadi dalam perusahaan lalumembebankan biaya atau aktivitas tersebut kepada produk atau jasa, dan melaporkan biaya aktivitasdan produk atau jasa tersebut pada manajemen agar selanjutnya dapat digunakan untuk perencanaan, pengendalian biaya, dan pengambilan keputusan. (Charles T. Hongren, Sundem, & Stratton, 1996 : 502).
    • Kelompok Tingkatan Aktivitas 1. Tingkat Unit (Unit level activity) Aktivitas yang besar kecilnya dipengaruhi langsung oleh unit produksi. 2. Tingkat partai (Bacth level activity) Aktivitas yang besar kecilnya dipengaruhi oleh banyaknya partai (batch) yang terjadi didalam satu periode.3. Aktivitas mempertahankan produk (Sustain level activity) Aktivitas yang berfungsi untuk mendukung dan mempertahankan suatu produk secara individual.4. Aktivitas mempertahankan fasilitas (Facility level Activity) Aktivitas yang berkait dengan pengadaan fasilitas yang dibutuhkan oleh kegiatan perusahaan secara menyeluruh.
    • Tradisional vs ABC TradisionalDasar aktivitas yang dipakai biasanya berkaitan denganvolume (volume-related activity base) seperti ekuivalen unit, jam kerja langsung atau jam mesin langsung ABCMemakai pemicu biaya dasar unit maupun non unit,yang jumlah pemicu biayanya lebih besar ketimbang jumlah pemicu pada system tradisional, sehinggameningkatkan akurasi penentuan biaya pokok produk.
    • DEFINISI JIT (Just In Time) merupakan suatu filosofi yang memusatkan pada eliminasi aktivitaspemborosan dengan cara memproduksi produksesuai dengan permintaan konsumen dan hanya membeli bahan sesuai dengan kebutuhanproduksi dengan tujuan strategis meningkatkan laba, meningkatkan mutu, mengendalikan persediaan, dan memperbaiki kinerja pengiriman (RA. Supriyono, 1999).
    • Empat Aspek Pokok JIT 1. Semua aktivitas yang tidak bernilai tambah terhadap produk atau jasa harus di eliminasi. Aktivitas yang tidak bernilai tambah meningkatkan biaya yang tidak perlu,misalnya persediaan sedapat mungkin nol. 2. Adanya komitmen untuk selalu meningkatkan mutu yang lebih tinggi. Sehingga produk rusak dan cacatsedapat mungkin nol,tidak memerlukan waktu dan biaya untuk pengerjaan kembali produk cacat, dan kepuasan pembeli dapat meningkat. 3. Selalu diupayakan penyempurnaan yang berkesinambungan (Continuous Improvement) dalam meningkatkan efisiensi kegiatan. 4. Menekankan pada penyederhanaan aktivitas dan meningkatkan pemahaman terhadap aktivitas yang bernilai tambah.
    • SISTEM JIT Sistem Pull-through Persediaan tidak signifikan Sel-sel pemanufakturanTenaga kerja terinterdisipliner Pengendalian mutu (TQC) Desentralisasi jasa
    • TRADISIONAL Sistem Push-through Persediaan signifikan Berstruktur departemen Tenaga kerja terspesialisasiLevel mutu akseptabel (AQL) Sentralisasi jasa
    • Analisis Biaya-Volume-Laba Konvensional Analisis biaya-volume-laba (CPV)konvensional menganggap bahwa semuabiaya, produksi dan non produksi, dapat digolongkan ke dalam dua kelompok: Biaya yang bervariasi dengan volume, disebut biaya variabel Biaya yang tidak bervariasi dengan volume, disebut biaya tetap.
    • Analisis CPV (cost profit volume) dalam JIT Dalam sistem JIT, biaya variabel per unit produk yang dijual turun namun biaya tetapnya naik. Dalam JIT, biaya variabel berdasar batch tidak ada karena batch menjadi satu kali
    • SEKIAN & TERIMAKASIH