• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Prinsip dan asas belajar dan pembelajran
 

Prinsip dan asas belajar dan pembelajran

on

  • 8,326 views

 

Statistics

Views

Total Views
8,326
Views on SlideShare
8,326
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
93
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Prinsip dan asas belajar dan pembelajran Prinsip dan asas belajar dan pembelajran Presentation Transcript

    • DISUSUN OLEH : HARYANINGSIH MEYLAN INGRIANI OTAY NUR’AIN HASAN RACHMAWATI RONAL B. SIDU
    • PENGERTIAN BELAJAR Moh. Surya (1997) : “belajar diartikan sebagai suatu proses yangdilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secarakeseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalamberinteraksi dengan lingkungannya”. Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadianyang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentukketerampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”. Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yangmuncul karena pengalaman”.
    •  Wingkel, 1987 : “belajar adalah suatu aktifitas mental &psikis dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkanperubahan perilaku pada diri sendiri.”Belajar adalah suatu proses/usaha sadar yang dilakukan olehindividu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku baikdalam aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap dan nilai)maupun psikomotor (keterampilan) sebagai hasil interaksinyadengan lingkungan untuk mencapai tujuan tertentu.
    • PENGERTIAN PEMBELAJARANGagne dan Briggs (1979:3) : pembelajaran adalahsuatu sistem yang bertujuan untuk membantu prosesbelajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yangdirancang, disusun sedemikian rupa untukmempengaruhi dan mendukung terjadinya prosesbelajar siswa yang bersifat internal.
    • PRINSIP BELAJARPrinsip belajar adalah landasan berpikir,landasan berpijak, dan sumber motivasi agarproses belajar mengajar dapat berjalandengan baik antara pendidik dengan pesertadidik.Prinsip ini dijadikan sebagai dasar dalamupaya pembelajaran, baik bagi siswamaupaun bagi guru dalam upaya mencapaihasil yang diinginkan.
    • MACAM-MACAM PRINSIP BELAJARBerikut ini prinsip-prinsip belajar yang dikemukakan oleh Rothwal A.B. (1961) adalah :1. Prinsip Kesiapan (Readinees)Proses belajar dipengaruhi kesiapan siswa. Yang dimaksud dengan kesiapan siswaialah kondisi yang memungkinkan ia dapat belajar.2. Prinsip Motivasi (Motivation)Tujuan dalam belajar diperlukan untuk suatu proses yang terarah. Motivasi adalahsuatu kondisi dari pelajar untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan itudan memelihara kesungguhan.3. Prinsip PersepsiSeseorang cenderung untuk percaya sesuai dengan bagaiman ia memahami situasi.Persepsi adalah interpertasi tentang situasi yang hidup. Setiap individu melihat duniadengan caranya sendiri yang berbeda dari yang lain. Persepsi ini mempengaruhiperilaku individu.
    • 4. Prinsip TujuanTujuan harus tergambar jelas dalam pikiran dan diterima oleh para pelajarpada saat proses terjadi. Tujuan ialah sasaran khusus yang hendak dicapai olehseseorang.5. Prinsip Perbedaan IndividualProses pengajaran semestinya memperhatikan perbedaan individual dalamkelas dapat memberi kemudahan pencapaian tujuan belajar setinggi-tingginya.Pengajaran yang hanya memperhatikan satu tingkat sasaran akan gagalmemenuhi kebutuhan seluruh siswa
    • 6. Prinsip Transfer dan RetensiBelajar dianggap bermanfaat bila seseorang dapat menyimpan danmenerapkan hasil belajar dalam situasi baru. Apapun yang dipelajaridalam suatu situasi pada akhirnya akan digunakan dalam situasi yang lain.Proses tersebut dikenal sebagai proses transfer. Kemampuan sesesoranguntuk menggunakan lagi hasil belajar disebut retensi.7. Prinsip Belajar KognitifBelajar kognitif melibatkan proses pengenalan dan penemuan. Belajarkognitif mencakup asosiasi antar unsur, pembentukan konsep,penemuan masalah dan keterampilan memecahkan masalah yangselanjutnya membentuk perilaku baru, berpikir, bernalar, menilai danberimajinasi.
    • 8. Prinsip Belajar AfektifProses belajar afektif seseorang menemukan bagaimana ia menghubungkandirinya dengan pengalaman baru. Belajar afektif mencakup nilai emosi,dorongan, minat dan sikap9. Prinsip Belajar EvaluasiJenis cakupan validitas evaluasi dapat mempengaruhi proses belajar saatini dan selanjutnya pelaksanaan latihan evaluasi memungkinkan bagiindividu untuk menguji kemajuan dalam pencapaian tujuan.10. Prinsip Belajar PsikomotorProses belajar psikomotor individu menentukan bagaimana ia mampumengendalikan aktivitas ragawinya. Belajar psikomotor mengandung aspekmental dan fisik.
    • PRINSIP-PRINSIP BELAJAR SECARA UMUMSecara umum, prinsip-prisip belajar yaitu :1) Perhatian dan Motivasi2) Keaktifan3) Keterlibatan langsung atau pengalaman4) Pengulangan5) Tantangan6) Balikan dan penguatan (law of effect)7) Perbedaan individual
    • PENERAPAN PRINSIP DAN ASAS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN1) Pembelajaran Untuk Belajar Isyarat2) Pembelajaran Untuk Belajar Stimulus Respon3) Pembelajaran Untuk Belajar Rangkaian4) Pembelajaran Untuk Belajar Asosiasi Verbal5) Pembelajaran Untuk Belajar Diskriminasi6) Pembelajaran Untuk Belajar Konsep7) Pembelajaran Untuk Belajar Aturan8) Pembelajaran Untuk Belajar Memecahkan Masalah
    • IMPLIKASI PRINSIP-PRINSIPBELAJAR BAGI SISWA DAN GURU1) Perhatian dan Motivasi2) Keaktifan3) Keterlibatan langsung atau pengalaman4) Pengulangan5) Tantangan6) Balikan dan penguatan (law of effect)7) Perbedaan individual