Karya ilmiah biologi

35,996 views
35,727 views

Published on

1 Comment
9 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
35,996
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
539
Comments
1
Likes
9
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Karya ilmiah biologi

  1. 1. BAB I : PENDAHULUANLatar belakang Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepung biji kacang hijau, disebut di spasaran sebagai hunkue, digunakan dalam pembuatan kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.
  2. 2. Manfaat Kacang Hijau Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukuptinggi dan merupakan sumber mineralpenting, antara lainkalsiumdanfosfor. Sedangkan kandungan lemaknyamerupakan asam lemak tak jenuh. Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijaubermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau jugamengandung rendah lemak yang sangat baik bagimereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi.Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijaumenjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuatdari kacang hijau tidak mudah berbau. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak takjenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi.Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjagakesehatan jantung. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang bergunauntuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Maka kacang hijaudan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi olehmereka yang baru menikah.
  3. 3. Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya.A.Rumusan masalah Dari hasil praktikum yang kami ikuti rumusan masalah yang dapat kami ambil adalah bagaimana cara bertumbuh dan berkembangnya kacang hijau yang menjauhi cahaya/tidak dipengaruhi oleh cahaya.B. Tujuan penelitian Untuk dapat melakukan penelitian secara ilmiah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan atau perkembangan tumbuhan (faktor eksternal maupun internal).
  4. 4. C. Manfaat Penelitian Mengetahui seberapa besar cahayaterhadap pertumbuhan kacang hijau.D. Variabel Penilitian 1. Variabel kontrol, meliputi : media tumbuh, jenis bibit, jumlah air. 2. Variabel bebas, meliputi : suhu udara, jumlah cahaya, kelembaban udara. 3. Variabel terikat, meliputi : jumlah daun, tinggi batang, usia tanaman, kualitas tanaman.
  5. 5. BAB II : TINJAUAN PUSTAKAA. Landasan teori Tumbuhan kacang hijau bertubuh dengan duafaktor :Faktor internal- intraseluler ; gen-interseluler ; hormon antara lain: a. Auksin : merangsang perpanjangan sel terutamapada titik tumbuh dan juga merangsangpartenokapri ( timbulnya buah didahuluipembuahan), mempercepat diferensiasi. b.Giberrelin : mempengaruhi peningkatan sel c. Sitokinin : merangsang pembelahan sel d. Kalin : - rhizokalin : merangsang pembentukan akar - kaulokalin : merangsang pembentukanbatang - filokalin : merangsang pembentukan daun
  6. 6. e. Traumalin: mempercepat pertumbuhan lukaf. Gas etilen : merangsang pemasakan buah , batangtumbuh menjadi tebal g. Gas asam absisat :mengahambat pertumbuhan ,membantu mengugurkan daun pada musim gugur.Faktor eksternalCahaya , nutrisi, suhu atau temperatur, kelembapan ,PH, gravitasi.B. HipotesisAsumsi: Benih kacang hijau yang di tanam tersebut memilikidaya tumbuh yang berbeda karena pengaruh cahayamatahari.Hipotesa : Berdasarkan asumsi di atas dapat disimpulkanbahwa ada pengaruh cahaya matahari terhadappertumbuhan kacang hijau.
  7. 7. BAB III : METODE PENELITIANA. LOKASI DAN WAKTU PENELITIANLokasi yang kami ambil sebagai tempat penelitianyaitu di rumah dan di sekolah, waktu yang kamigunakan selama 8 minggu (dua bulan)B. BAHAN DAN ALAT PENELITIANDi sesuaikan dengan tema penelitian yang di lakukan.C. CARA KERJABasahi kapas dengan air, setelah itu letakkan kapasdalam suatu wadah.Letakkan biji-biji kacang hijau pada kapas tersebut.Letakkan wadah tersebut pada tempat sejuk.Amati perkembangannya setiap hari.
  8. 8. BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. PENELITIAN Tabel 1 (POT 1 diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari)Usia tanaman Jumlah Keadaan/kualitas (hari ke-…) Daun(/pasang) Tinggi batang (cm) tanaman 1 0 0,3 2 0 0,6 Tanaman segar, daun berwarna hijau tua, batang 3 0 1,9 tanaman tumbuh tinggi ke 4 1 3 atas, hanya saja pertumbuhan 5 2 6 tanaman cukup terhambat, 6 2 9 tanaman juga agak layu 7 2 13 karena mendapatkan terlalu banyak sinar matahari setiap hari..
  9. 9. Tabel (POT 3 diletakkan di tempat yang tidak terkena sinarmatahari) Usia tanaman (hari Jumlah Tinggi batang (cm) Keadaan/kualitas ke-…) daun (/pasang) tanaman 1 0 0,7 Tanaman segar, daun berwarna 2 1 3,4 hijau kekuning- 3 1 7,9 kuningan dan, 4 2 12 batang tanaman tumbuh lurus ke 5 2 19,1 atas dan lama kelamaan 6 2 22 melengkung, 7 3 24,1 pertumbuhan tanaman berjalan dengan sangat cepat
  10. 10. B. PEMBAHASAN Tanaman kacang hijau yang dietiolasi (tumbuhan yangtumbuh dalah gelap) pertumbuhannya lebih cepat daripadatanaman yang terkena banyak sinar natahari maupun ditempat yang redup karena kerja hormon auksin tidak dihambatoleh sinar matahari. Auksin adalah hormon tumbuh yangbanyak ditemukan di sel-sel meristem, seperti ujung akar danujung batang. Oleh karena itu, tanaman akan lebih cepattumbuh. Akan tetapi batang tanaman tersebut tidah bisa tegak,melainkan melengkung. Begitu juga dengan daunnya. Dauntanaman tersebut nampak layu dan tidak segar, sertaberwarna hijau kekuning-kuningan dan agak pucat. Hal initerjadi karena tanaman tidak mendapat sinar matahari samasekali sehingga tanaman tidak mampu menghasilkankarbohidrat untuk pembentukkan klorofil. Tanaman ini jugamemiliki kadar air yang berlebihan akibat tidak terkena sinarmatahari. Dan karena tidak mendapatkan sinar matahari,lama-lama akan mengkerut lalu mati karena tidak mendapatsumber makanan.
  11. 11. Sedangkan tanaman kacang hijau yang mendapatkansedikit sinar matahari / diletakkan di tempat reduppertumbuhannya berjalan normal. Tanaman nampak segarkarena mendapatkan cukup sinar matahari. Daun tanamantersebut berwarna hijau tua. Pertumbuhannya berjalan normalke atas. Hormon auksin pada tanaman ini berjalan dengannormal yang mengakibatkan tidak terlalu tinggi. Daun jugamendapatkan cukup sinar matahari untuk pembentukanklorofil dari karboidrat. Berbeda lagi dengan tanaman yang selalu terkenacahaya matahari. Pertumbuhan tanaman ini sangat terhambattetapi tekstur batangnya sangat kuat dan juga warna daunnyanampak berwarna hijau tua dan tampak segar. Hal ini terjadikarena tumbuhan terlalu banyak mendapatkan cahayamatahari yang menyebabkan hormon auksin terhambatsehingga tanaman menjadi kerdil / pendek. Dengan demikian, sinar matahari sangat berpengaruhterhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau.
  12. 12. BAB V : SIMPULAN DAN SARANA. SIMPULANDari hasil pengamatan dapat di simpulkan bahwa kacang hijauyang tertinggi adalah kacang hijau yang di tanam di tempatgelap dan pertumbuhannya yang paling cepat juga di tempatgelap. Hal ini di sebabkan karena hormon auksin sangat cepatberkembang di tempat gelap.B. SARANDi muka bumi ini, tumbuhan adalah sumber makanan. Sarankami adalah marilah kita menjaga kelestarian tanaman karenakita menyadari bahwa tanpa tanaman atau tumbuhan kitatidak akan bisa bertahan hidup di muka bumi ini.
  13. 13. DAFTAR PUSTAKAhttp://www.anneahira.com/struktur-penulisan-karya-ilmiah.htmwww.google.comwww.wikipedia.comhttp://kimwenny.blogspot.com/2011/04/contoh-kir-tentang-kacang-hijau.htmlhttp://manfaat.org/search/contoh-karya-ilmiah-tentang-pengaruh-berbagai-macam-air-terhadap-pertumbuhan-kacang-hijau#http://www.scribd.com/doc/39907114/Pengaruh-Hormon-Pada-Pertumbuhan-Tanaman-Printhttp://darkshadow-dayat.blogspot.com/2009/09/makalah-biologi-tentang-penelitian.html

×