Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

9,547 views
9,288 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,547
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
381
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

  1. 1. Marni Anita S S (1102120066) Tio Auzan H (1102120067) M. Ramadhan N B (1102120069) Burhan Hendra H (1102121269) Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
  2. 2. PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN • Komunikasi pemasaran ( marketing communication ) adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan , membujuk dan meningkatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.
  3. 3. Komunikasi pemasaran yang berhubungan dengan internet Peranan internet dalam dunia pemasaran sudah sangat besar dan berpengaruh pada tingkat penjualan produk barang maupun jasanya. Dalam hal ini internet memegang peranan sebagai media penyampaian pesan dari perusahaan/marketers kepada konsumen secara luas.
  4. 4. Pemasaran menggunakan internet memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan menggunakan media massa, diantaranya: 1. Internet marketing lebih menekankan pada konsep pull medium daripada push medium. 2. Internet sebagai media digital memungkinkan terjadinya interaksi. 3. Internet marketing berpotensial untuk one-to-one atau many-to- many dibandingkan dengan one-to-many seperti pada media masa umumnya. 4. Media dapat mengubah standar komunikasi pemasaran. 5. Perubahan saluran distribusi dan marketplace oleh media digital. Melalui web batasan-batasan keluar maupun masuk perusahaan semakin kecil.
  5. 5. Komunikasi , ekuitas merek dan penjualan Iklan sering menjadi elemen pusat dalam program komunikasi pemasaran, iklan bukanlah satu- satunyaa atau bahkan yang paling penting dalam membentuk ekuitas merek dan mendorong penjualan.
  6. 6. 1. Iklan BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 2. Promosi Penjualan 3. Acara dan Pengalaman 4. Hubungan Masyarakat dan Publisitas 5. Pemasaran Langsung 6. Pemasaran Interaktif 7. Pemasaran dari mulut ke mulut 8. Penjualan Personal
  7. 7. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 1. Iklan Iklan dianggap sebagai manajemen citra yakni menciptakan dan menancapkan citra serta makna-makna di benak para konsumen.
  8. 8. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 2. Promosi Penjualan Promosi penjualan adalah bujukan langsung pada konsumen untuk membeli suatu produk
  9. 9. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 3. Acara dan Pengalaman Kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
  10. 10. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 4. Hubungan Masyarakat dan Publisitas Publisitas memiliki cakupan pada berbagai bentuk komunikasi guna untuk meningkatkan citra pada perusahaan, produk atau merek.
  11. 11. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 5. Pemasaran Langsung Pemasaran langsung merupakan hubungan langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat.
  12. 12. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 6. PEMASARAN INTERAKTIF Kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan atau prospek dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra dan menciptakan penjualan produk dan jasa.
  13. 13. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 7. Pemasaran dari mulut ke mulut Komunikasi lisan ,tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan pembeli atau menggunakan produk atau jasa.
  14. 14. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN 8. Penjualan Personal Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan transaksi.
  15. 15. Periklanan Promosi Penjualan Hubungan Masyarakat Penjualan Personal Pemasaran Langsung Cetak dan sebarluas iklan Kontes, permainan, undian, lotre Kotak pers Presentasi penjualan Katalog Pengemasan Luar Premi dan hadiah Pidato Pertemuan penjualan Surat Pengemasan dalam Penarikan contoh Seminar Program insentif Pemasaran dengan telpon Film Pasar malam dan pameran dagang Laporan tahunan Contoh/sampel Belanja lewat alat elektronik Brosur dan buklet Pameran Sumbangan Pasar malam dan pamaran dagang Poster dan selebaran Demonstrasi Sponsor Belanja lewat TV Buku petunjuk Pemberian kupon Publikasi Pencetakan iklan kembali Potongan harga Hubungan masyarakat Papan pengumuman Pendanaan dengan bunga rendah Lobi Tanda pameran Hiburan Media identitas Tampilan pada tempat pembelian Kelonggaran tukar tambah Majalah perusahaan Bahan audiovisual Kupon barang dagangan Peringatan peristiwa Simbol dan logo Tie -ins
  16. 16. IKLAN PROMOSI PENJUALAN ACARA & PENGALAMAN HUBUNGAN MASYARAKAT & PUBLISITAS PEMASARAN LANGSUNG & PEMASARAN INTERAKTIF PEMASARAN DARI MULUT KE MULUT PENJUALAN PERSONAL PEMASARA N LANGSUNG HUBUNGAN MEREK RESPONS MEREK CITRA MEREK KESADARAN MEREK PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN EKUITAS MEREK
  17. 17. Pengaruh komunikasi pemasaran Cara dimana asosiasi merek dibentuk tidak menjadi masalah. Dengan kata lain konsumen mempunyai asosiasi tersendiri tentang produknya
  18. 18. Model Proses Komunikasi • Respon Makro Adalah tentang faktor-faktor kunci dalam komunikasi efektif. Pengirim harus tau pemirsa yang dijadikan respon • Respon Mikro Mengasumsikan bahwa pembeli melewati tahap kognitif, afektif, dan perilaku dalam urutan elemen-elemen proses komunikasi.
  19. 19. Elemen-elemen dalam Proses Komunikasi Pengirim Umpan balik Penyandian Pesan Gangguan Pengertian Penerima Respons
  20. 20. 4 Model Hierarki Respon Klasik : • Kesadaran • Pengetahuan • Rasa suka • Preferensi • Keyakinan • Pembelian
  21. 21. Mengembangkan Komunikasi Efektif 1. Mengidentifikasi pemirsa sasaran 2. Menentukan tujuan komunikasi 3. Merancang komunikasi 4. Memilih saluran 5. Menetapkan anggaran 6. Memutuskan bauran media 7. Mengukur hasil 8. Mengelola komunikasi pemasaran terintegrasi
  22. 22. 1. Mengidentifikasi pemirsa sasaran • Proses harus dimulai dengan pemirsa sasaran yang jelas dalam pikiran: pembeli potensial produk perusahaan, pengguna saat ini, pengambil keputusan, atau pembeli pengaruh.
  23. 23. 2. Menentukan tujuan komunikasi • Pemasar dapat menentukan tujuan komunikasi pada semua tingkat model herarki pengaruh. Rossiter dan Percy mengidentifikasi empat kemungkinan tujuan : Kebutuhan kategori Menentukan kategori produk atau jasa yang dibutuhkan untuk mengalihkan atau memutuskan perbedaan anggapan antara motivasi dan kesadaran emosional Kesadaran merek Kemampuan untuk mengidentifikasi (mengakui dan mengingat) merek dalam kategori, dengan cukup rinci untuk melakukan pembelian.
  24. 24. Sikap merek Mengevaluasi merek dengan memperhatikan kemampuan anggapannya untuk memenuhi kebutuhannya saat ini. Maksud pembelian merek Instruksi mandiri untuk membeli merek atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian.
  25. 25. Merancang Komunikasi Merumuskan komunikasi untuk mencapai respons yang diinginkan akan memerlukan penyelesaian tiga masalah : 1. Apa yang harus dikatakan (strategi pesan) 2. Bagaimana mengatakannya (strategi kreatif) 3. Siapa yang harus mengatakannya (sumber pesan)
  26. 26. 1. Apa yang harus dikatakan (strategi pesan) Dalam menentukan strategi pesan, manajemen mencari daya tarik, tema, atau ide yang terkait dengan positioning merek dan membantu menentukan titik paritas atau titik perbedaan.
  27. 27. 2. Bagaimana mengatakannya (strategi kreatif) Strategi kreatif adalah cara pemasar menerjemahkan pesan mereka ke komunikasi tertentu. Kita dapat secara luas menggolongkan mereka sebagai daya tarik informasional (informational) atau transformasional (transformational).
  28. 28. • Daya Tarik Informasional (Informational) Daya tarik informasional mengelaborasi atribut atau manfaat produk atau jasa. Iklan solusi masalah Iklan demonstrasi produk Iklan perbandingan produk
  29. 29. • Daya Tarik Transformasional (Transformational) Daya tarik transformasional mengelaborasikan manfaat atau citra yang tidak berhubungan dengan produk.  Daya tarik transformasional mungkin menggambarkan jenis orang macam apa yang menggunakan merek (SUZUKI ERTIGA menunjukkan iklannya pada orang yang sudah berkeluarga, yang aktif dengan kampanye “lebih mengerti keluarga”)
  30. 30. Atau jenis pengalaman apa yang dihasilkan dari penggunaan merek (STAR MILD mengiklankan “bikin hidup lebih hidup”).
  31. 31. Games Termasuk iklan apakah ini ? Informasional or Transformasional ?
  32. 32. 3. Siapa yang harus mengatakannya (sumber pesan) Komunikasi lainnya menggunakan orang terkenal atau orang tidak terkenal. Pesan dihantarkan oleh sumber yang menarik atau terkenal dapat menarik lebih banyak perhatian dan ingatan.Selebriti akan efektif jika mereka kredibel. Yang penting adalah kredibilitas juru bicara.
  33. 33. Faktor Yang Mendasari Kredibilitas Sumber Tiga kredibilitas sumber yang paling sering adalah keahlian, ketepercayaan, dan kesukaan orang terhadapnya. Keahlian : pengetahuan khusus yang dimiliki komunikator untuk mendukung klaim. Ketepercayaan : berhubungan dengan seberapa efektif dan jujur orang tersebut di mata publik Kesukaan orang terhadap juru bicara: menggambarkan daya tarik sumber. Kualitas seperti ketulusan, humor dan kealamian membuat sumber lebih disukai.
  34. 34. Juru bicara produk paling berpengaruh ketika mereka sangat kredibel, seperti Dr.Robert Jarvik, pencipta jantung buatan terkenal, dalam iklan untuk Lipitor.
  35. 35. ADAPTASI GLOBAL perusahaan harus memutuskan apakah sebuah produk tepat untuk satu negara. Perusahaan harus memastikan segmen pasar yang mereka layani sah secara hukum dan sesuai dengan kebiasaan. Perusahaan harus memutuskan apakah gaya iklan itu dapat diterima.  Produk : banyak produk dilarang di bagian dunia tertentu. Bir, anggur, dan minuman beralkohol tidak dapat diiklankan atau dijual di banyak negara muslim.  Segmen pasar: perusahaan dapat menentukan segmen pasar yang tepat pada suatu wilayah.
  36. 36. Gaya :komunikasi pemasaran kepada pelanggan dengan melakukan iklan secara komparatif pada pesaing Lokal atau global : saat ini, semakin banyak perusahaan multinasional yang berusaha membangun citra merek global dengan menggunakan iklan yang sama di semua pasar.
  37. 37. Memilih saluran komunikasi Saluran komunikasi bisa bersifat: - Saluran komunikasi Pribadi (personal communication channels) - Saluran komunikasi nonpribadi (nonpersonal communication channels) Di dalam setiap saluran, ada banyak subsaluran
  38. 38. SALURAN KOMUNIKASI PRIBADI Saluran komunikasi pribadi (personal communication channels) memungkinkan dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon, atau melalui e-mail. Terdiri atas:  Saluran penasihat : terdiri dari wiraniaga perusahaan yang menghubungi pembeli di pasar sasaran.  Saluran ahli : terdiri dari ahli independen yang membuat pernyataan ke pembeli sasaran.  Saluran sosial : terdiri dari tetangga, teman, anggota keluarga, dan rekan yang berbicara pada pembeli sasaran.
  39. 39. SALURAN KOMUNIKASI NONPRIBADI Saluran nonpribadi adalah komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan meliputi media, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan masyarakat. 1. Media terdiri dari :Media cetak , Media siaran ,Media jaringan, Media elektronik , Media tampilan
  40. 40. 2. Promosi penjualan terdiri dari : - Promosi konsumen, Promosi dagang , Promosi bisnis dan promosi wiraniaga
  41. 41. 3. Acara dan pengalaman meliputi: olahraga, seni , hiburan dan acara amal 4.Hubungan masyarakat meliputi Komunikasi yang diarahkan secara internal kepada karyawan perusahaan atau secara eksternal kepada konsumen, perusahaan lain, pemerintah, dan media.
  42. 42. Integrasi Saluran Komunikasi Media massa menjadi sarana utama menstimulasi komunikasi pribadi Komunikator massa harus mengarahkan pesan secara khusus terhadap pemimpin opini dan membiarkan mereka membawa pesan itu kepada orang lain.
  43. 43. Menetapkan Total Anggaran Komunikasi Pemasaran Terdapat metode umum menentukan anggaran promosi:  Metode terjangkau  Metode persentase penjualan  Metode paritas kompetitif
  44. 44. Memutuskan Bauran Komunikasi Pemasaran Perusahaan harus mengalokasikan anggaran komunikasi pemasaran atas 8 model komunikasi: a) Iklan b) Promosi penjualan c) Hubungan masyarakat dan publisitas d) Acara dan pengalaman e) Pemasaran langsung f) Pemasaran interaktif g) Pemasaran dari mulut ke mulut h) Tenaga Penjualan
  45. 45. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran a) Iklan  Dapat membangun citra jangka panjang produk  Memicu penjualan cepat  Pengulangan ; memungkinkan penjual mengulangi pesan berkali- kali MEDIA CETAK
  46. 46. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran b) Promosi Penjualan • Perusahaan menggunakan alat promosi untuk menarik respon pembeli yang lebih kuat dan cepat • Ada 3 manfaat : i. Komunikasi ii. Insentif iii. Undangan
  47. 47. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran c) Hubungan Masyarakat dan Publisitas Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas didasarkan pada tiga kualitas berbeda: Kredibilitas tinggi Kemampuan untuk mencapai pembeli Dramatisasi
  48. 48. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran d) Acara dan Pengalaman: Ada banyak keuntungan dari acara dan pengalaman: Relevan Melibatkan konsumen secara aktif Implisit
  49. 49. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran e) Pemasaran Langsung dan Interaktif: Memiliki tiga karakteristik pesan berbeda:  Penyesuaian, dapat disiapkan untuk menarik individu yang dibidik  Terkini, pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat  Interaktif, pesan dapat diubah tergantung respons seseorang
  50. 50. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran f) Pemasaran dari Mulut ke Mulut Pemasaran ini banyal bentuknya seperti melalui telepon, tatap muka, dsb Terdapat 3 karakteristik :  Kredibel Pribadi Tepat waktu
  51. 51. Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran g) Penjualan Personal Komunikasi langsung (tatap muka) Memiliki tiga kualitas berbeda:  Interaksi Pribadi  Pengembangan  Respons
  52. 52. Faktor-faktor dalam Menentukan Bauran Komunikasi Pemasaran • Jenis Pasar Produk Ada 2 jenis pasar produk : oPemasar konsumen oPemasar bisnis
  53. 53. Peranan Penting Iklan dalam Pasar Bisnis i. Iklan dapat memberikan pengenalan terhadap perusahaan dan produknya ii. Jika produk mempunyai fitur baru, iklan dapat menjelaskan fitur tersebut iii. Iklan pengingat lebih ekonomis dibandingkan kunjungan penjualan. iv. Iklan menawarkan brosur dan mencantumkan nomor telepon perusahaan merupakan cara efektif untuk menghasilkan petunjuk pada perwakilan penjualan. v. Perwakilan perusahaan dapat menggunakan salinan iklan perusahaan untuk melegitimasi perusahaan dan produk mereka vi. Iklan dapat mengingatkan pelanggan bagaimana cara menggunakan produk dan meyakinkan mereka tentang pembelian yang mereka lakukan.
  54. 54. Tahap Kesiapan Pembeli: • Pembentukan kesadaran lebih dipengaruhi oleh iklan dan publisitas • Pemahaman pelanggan lebih dipengaruhi oleh iklan dan penjualan personal • Keyakinan pelanggan lebih dipengaruhi oleh penjualan personal • Menutup penjualan lebih dipengaruhi oleh penjualan personal dan promosi penjualan
  55. 55. Tahap Siklus Produk INTRODUCTION GROWTH DECLINE DEVELOPMENT LAUNCH 1. Iklan 2. Acara dan Pengalaman 3. Publisitas 1. WOM 1. Iklan 2. Acara dan Pengalaman 3. Penjualan personal 1. Alat promosi penjualan kuat 2. Alat komunikasi lain berkurang 3. Perhatian wiraniaga minimal kepada produk GROWTH(E.G.SALES,VOLUMES) TIME MATURITY
  56. 56. Mengelola Proses Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing Communication/IMC) adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah rencana komprehensif i. Mengkoordinasikan Media ii. Mengimplementasikan IMC » Menghasilkan konsistensi pesan lebih kuat » Membantu membangun ekuitas merk dan menciptakan dampak penjualan lebih besar » Memaksa manajemen memikirkan semua cara pelanggan berhubungan dengan perusahaan
  57. 57. Program ”Agen 1000 Sunlight” memberdayakan wanita untuk mengajak teman-temannya mengunakan Sunlight

×