Your SlideShare is downloading. ×
Konsep gender dds
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Konsep gender dds

688

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
688
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
24
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TUJUAN YANG DIHARAPKAN• Menjelaskan apa sesungguhnya yang dimaksud “gender” dan mampu membedakan mana GENDER dan mana yang JENIS KELAMIN/seks.• Menjelaskan bahwa persoalan “gender” bukanlah persoalan perempuan saja, tetapi persoalan kita semua, baik laki-laki maupun perempuan :• Menjelaskan bahwa yang dipersoalkan dalam “gender” pada dasarnya adalah persoalan diskriminasi dan ketidakadilan kepada kedua jenis kelamin.
  • 2. PENYADARAN GENDER diarahkan kepada PEREMPUAN maupun LAKI- LAKI untuk meningkatkanKEMITRASEJAJARAN yang harmonis,dimana perempuan memiliki KesamaanHak, Kewajiban, Kedudukan, Peranandan Kesempatan yang dilandasi sikap dan perilaku saling menghormati, saling menghargai, saling membantu dan saling mengisi dalam pembangunan.
  • 3. PEMBAGIAN ANTARA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI PEREMPUAN LAKI-LAKII. BIOLOGIS  HAID  HAMIL  JAKUN  VAGINA  OVUM  SPERMA  RAHIM  MENYUSUI  PENIS  MELAHIRKAN  MENGHAMILI  KODRAT, DITENTUKAN OLEH TUHAN  TIDAK BISA DIPERTUKARKANII. SIFAT/PEKERJAAN  KASAR  EMOSIONAL  KUAT BEKERJA  LEMAH LEMBUT  TELITI  MENCARI NAFKAH  RASIONAL  MENYUSUI  MENGASUH ANAK  AGRESIF  HEMAT  MEMASAK  MENCUCI  BERKEBUN  PEMIMPIN  BUKAN KODRAT, DITENTUKAN OLEH  SEKRETARIS  MENDIDIK MASYARKAT/BUDAYA  BISA DIPERTUKARKAN (GENDER)
  • 4. SEX (JENIS KELAMIN) GENDER BIOLOGIS KONSTRUKSI SOSIAL DIPUNYAI SEJAK LAHIR TIDAK DIPUNYAI SEJAK LAHIRKARENANYA TIDAK BISA DIRUBAH KARENANYA BISA DIRUBAH CONTOH : CONTOH :2. HANYA PEREMPUAN YANG BISA 2. PEREMPUAN/LAKI-LAKI BISA MELAHIRKAN BEKERJA SEBAGAI BURUH, GURU, INSINYUR, DOKTER, DLL.3. HANYA LAKI-LAKI YANG BISA MENGHAMILI 3. PEREMPUAN/LAKI-LAKI BISA MENGURUS RUMAH TANGGA, MENGASUH ANAK DAN MENJAGA ORANG TUA.
  • 5. SEKS TIDAK BISA BERUBAH TIDAK BISA DIPERTUKARKAN GENDER BERLAKU SEPANJANG MASA  DAPAT BERUBAH BERLAKU DIMANA SAJA  DAPAT DIPERTUKARKAN  TERGANTUNG BUDAYA BERLAKU BAGI SIAPA SAJA MASING-MASING DITETAPAKAN OLEH TUHAN  BERBEDA ANTARA KODRAT KELOMPOK MASYARAKAT DAN ANTAR SATU KELAS DENGAN KELAS LAINNYA  DITENTUKAN OLEH MASYARAKAT  NON - KODRAT
  • 6. PERBEDAAN ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PERAN, FUNGSI, HAK,PERILAKU YANG DIBENTUK OLEH KETENTUAN SOSIAL DAN BUDAYASETEMPATDENGAN DEMIKIAN DAPAT DISIMPULKAN :GENDER KONSTRUKSI SOSIAL TIDAK DIMILIKI SEJAK LAHIR BISA DIBENTUK/BISA BERUBAHDIPENGARUHI : TEMPAT  PEMAHAMAN AGAMA WAKTU / ZAMAN  IDEOLOGI NEGARA SUKU / RAS / BANGSA  POLITIK / HUKUM / EKONOMI BUDAYA STATUS SOSIAL
  • 7. KARENANYA, BUKAN KODRAT DIBUAT MANUSIA BISA DIPERTUKARKAN RELATIF CIRI-CIRI TERSEBUT, BISA TERDAPAT PADA LAKI- LAKI MAUPUN PEREMPUANPEMBAGIAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN YANGDITENTUKAN TUHAN (KODRAT). OLEH KARENA ITUTIDAK DAPAT DITUKAR.
  • 8. BERKAITAN DENGAN PERAN,TUGAS, KEGIATAN DAN PEKERJAAN YANG DIANGGAP “SESUAI” UNTUK MASING-MASING JENIS KELAMIN DALAM SUATU MASYARAKAT. PEMBAGIAN YANG PADAPERMULAANNYA DIDASARKAN PADAPERBEDAAN BIOLOGIS, DIPAKAI JUGA SEBAGAI DASAR TERHADAP PEMBAGIAN TUGAS-TUGAS LAIN.
  • 9. PERANAN ADA YANG BERSIFAT KODRATI YAITU KARUNIADARI TUHAN YANG TIDAK DAPAT DIUBAH YAITU : HAID HAMIL MELAHIRKAN MENYUSUIPERANAN YANG DIBENTUK OLEH BUDAYA DAN NILAI-NILAISOSIAL. PERANAN SEPERTI INI MENGALAMI PROSESPERKEMBANGAN SEPANJANG MASA, MISALNYA : GURU JURU MASAK PENERBANG PETANI DLSBANGGAPAN DAHULU, PERANAN WANITA DALAMKELUARGANYA HANYA TERBATAS DALAM LINGKUP RUMAHTANGGA SAJA.PERKEMBANGAN MENUNJUKKAN BAHWA WANITA JUGA
  • 10. KERANGKA 3 PERAN REPRODUKTIF PRODUKTIF SOSIAL BUDAYAKegiatan yang berkaitan Segala kegiatan yang Kegiatan didalamdengan pemeliharaan berkaitan dengan usaha lingkungan masyarakat,sumberdaya manusia menghasilkan barang- seperti partisipasi dalamatau kelangsungan hidup barang dan pelayanan, kelompok pertanianmanusia, termasuk baik untuk dikonsumsi atau kelompok wanita,mengasuh anak dan maupun untuk pertemuan keagamaan,pekerjan rumah tangga diperdagangkan guna mengorganisir kegiatanmenyiapkan makan, mendapatkn uang sosial/pelayanan, dsb.mencuci dsb. tunai
  • 11.  REPRODUKTIF  MEMASAK  MENCUCI  MENGASUH ANAK  BERKEBUN  MEMELIHARA TERNAK  BURUH LEPAS  KE PASAR  ORGANISASI  POLITIK  PEMBERIAN HAK SUARA  PELAYANN MASYARKATPERAN GENDER PERAN YANG DITERIMA SEBAGAI KETENTUAN SOSIAL
  • 12.  PRODUKTIF PUBLIK MASKULIN  REPRODUKTIF PENCARI NAFKAH UTAMA  DOMESTIK  FEMININ  PENCARI NAFKAH TAMBAHAN
  • 13. APAKAH PERAN GENDER TIDAK ADA MASALAH DAN SELALU TIDAK PERLU DIGUGAT MENIMBULKAN DISKRIMINASI ?  HAID TETAPI :PERAN  HAMIL KARENA HAMIL,KODRAT  MELAHIRKAN MELAHIRKAN DAN INILAH YANG MENJADI FAKTOR  MENYUSUI PENYEBAB MAKA PEREMPUAN TIDAK  MERAWAT DITERIMA BEKERJA PADAPERAN PERUSAHAAN TERTENTU,GENDER  MENGASUH MAKA TERJADILAH  MENDIDIK DISKRIMINASI, DAN INILAH YANG PERLU DIGUGAT. Laki-laki dan Perempuan memang berbeda tetapi bukan untuk dibeda-bedakan
  • 14. YANG DIEMBAN LELAKI / PEREMPUAN PERAN BERDASARKAN PERAN GENDER NON KODRATJENIS KELAMIN (PERAN SEKS) KODRAT DITENTUKAN OLEH DISKRIMINASI(KETENTUAN TUHAN) MASYARAKAT/BUDAYA - SUBORDINASI - MARGINALISASI - STEREOTYPE - BURDEN (BEBAN KERJA) - VIOLENCE (KEKERASAN)A. WID B. GAD C. MAINSTREAMING GENDER(WOMEN IN (GENDER AND ( PENGARUSUTAMAANDEVELOPMENT) DEVELOPMENT) GENDER )± 1960 ± 1960FOKUS : FOKUS : FOKUS : KEPADA SEMUAPERAN /KONDISI SISTEM / DEPARTEMEN / SEKTORPEREMPUAN STRUKTUR
  • 15. ISSU
  • 16. MENYANGKUT MASALAH KETIDAKADILAN YANG MENIMPA BAIK LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN. AKAN TETAPI DALAMBANYAK KASUS KETIDAKADILAN ITU BANYAKMENIMPA PEREMPUAN, BAIK DI RUMAH, TEMPATKERJA MAUPUN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT.UNSUR PENTING YANG MENYEBABKAN TIMBULNYAISSU GENDER ADALAH HUBUNGAN GENDER YANGTIMPANG DAN KONSEKWENSINYA TERHADAPSESEORANG DALAM MEMPEROLEH AKSES,PARTISIPASI, MANFAAT, KONTROL TERHADAPSUMBER DAYA PEMBANGUNAN, SEHINGGAMUNCUL DISKRIMINASI.
  • 17. BENTUK – BENTUK DISKRIMINASI  SUBORDINATE  MARGINALISASI  STEREOTYPE  DOUBLE BURDEN  VIOLENCE
  • 18. GENDER ITU TIDAK MENJADI MASALAH APABILA :2. TERJADI KESEPAKATAN KEDUA BELAH PIHAK (LAKI- LAKI DAN PEREMPUAN) DIDALAM PEMBAGIAN TUGAS.3. PEREMPUAN MASIH MEMILIKI KESEMPATAN UNTUK KEGIATAN DILUAR RUMAH UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN DIRINYA.4. LAKI-LAKI MEMBANTU PEKERJAAN PEREMPUAN DI RUMAH, APABILA TUGAS PEREMPUAN TERLALU BERAT.5. TIDAK TERJADI DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN MAUPUN LAKI-LAKI DI RUMAH, DI TEMPAT KERJA ATAU DI MASYARAKAT.
  • 19. GENDER MENJADI MASALAH APABILA :2. PEREMPUAN TIDAK DAPAT MENGEMBANGKAN POTENSI YANG DIMILIKINYA, KARENA HARUS DI RUMAH SAJA3. ANAK-ANAK PEREMPUAN TIDAK MENDAPAT PENDIDIKAN SEPERTI ANAK LAKI-LAKI, KARENA DIANGGAP TIDAK PERLU.4. PEREMPUAN TERGANTUNG PADA NAFKAH SUAMI, SEHINGGA KALAU KENA MUSIBAH, PEREMPUAN SULIT UNTUK MENGHIDUPI ANAK-ANAKNYA, KARENA TIDAK PUNYA KETERAMPILAN DAN PENGALAMAN.5. LAKI-LAKI TIDAK MAU TAHU DAN TIDAK MAU MENGERJAKAN PEKERJAAN DI RUMAH, KARENA MERASA TIDAK PANTAS MELAKUKANNYA.6. TERJADI DISKRIMINASI ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI RUMAH, DI TEMPAT KERJA ATAUPUN DI MASYARAKAT PADA UMUMNYA.
  • 20. KEYAKINAN GENDER MELAHIRKAN DISKRIMINASI KEYAKINAN GENDER 2. PEREMPUAN LEMBUT, KEIBUAN DAN EMOSIONAL 3. PEKERJAAN UTAMA DI RUMAH PENCARI NAFKAH TAMBHAN. 4. LAKI-LAKI - KERAS - RASIONAL 5. SETINGGI APAPUN SEKOLAH PEREMPUAN AKHIRNYA KE DAPUR JUGA. • PEREMPUAN LEBIH SAYANG ANAK. BENTUK DISKRIMINASI 2. TIDAK BOLEH – MANAGER. 3. DIBAYAR LEBIH RENDAH, TIDAK PERLU KEDUDUKAN TINGGI. 4. PANTAS MEMIMPIN – MANAGER, TIDAK PANTAS DI RUMAH/MEMASAK. 5. PENDIDIKAN ANAK LAKI-ALKI YANG DIUTAMAKAN, DIBANDINGKAN DENGAN ANAK PEREMPUAN. 6. SANGAT COCOK JIKA LEBIH BANYAK WAKTUNYA DI RUMAH DIPAKAI UNTUK MENGASUH ANAK.
  • 21. Apakah itu Apakah ituKEADILAN GENDER KESETARAAN GENDERKeadilan Gender atau Kesetaraan Gender atauGENDER EQUITY adalah GENDER EQUALITY berartiperlakuan yang adil yang Laki-laki dan perempuan menikmati status yang samadiberikan baik kepada dan memiliki kondisi yanglaki-laki maupun kepada sama untuk menggunakanperempuan. hak-haknya dan kemampuannya secara penuh dalam memberikan kontribusinya kepada pembangunan politik, ekonomi dan sosial budaya.
  • 22. Mengapa perlu memperbincangkan K KG MASIH ADA DISKRIMINASI DAN KETIDAKADILAN TERHADAP PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI PEREMPUAN TIDAK BISA BERKEMBANG – HANYA DIBERI PERAN DALAM URUSAN RUMAH TANGGA – TIDAK MENDAPAT KESEMPATAN/PELUANG UNTUK PERAN-PERAN PRODUKTIF LAKI-LAKI DIBEBANI PEKERJAAN, TUGAS, TANGGUNG JAWAB YANG TERLALU BERAT DAN DITUNTUT UNTUK LEBIH MAMPU DAN LEBIH KUAT DALAM BANYAK HAL ANAK PEREMPUAN TIDAK MENDAPAT PENDIDIKAN FORMAL YANG SAMA TINGGINYA SEPERTI YANG DITERIMA LAKI-LAKI DENGAN BERBAGAI MACAM ALASAN PEREMPUAN TERGANTUNG PADA NAFKAH SUAMI SEHINGGA TIDAK MEMILIKI KETERAMPILAN/PENGALAMAN YANG SEBANDING LAKI-LAKI PEREMPUAN MELAKUKAN PEKERJAAN GANDA POTENSI DAN BAKAT YANG DIMILIKI PEREMPUAN/LAKI-LAKI KURANG MENDAPATKAN WADAHNYA.
  • 23. PERAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUANSEX ROLE (PERAN SEKS) GENDER ROLE (PERAN GENDER) DISKRIMINA KEYAKINAN SI GENDER SUBORDINASI MARGINALISASI STEREOTYPE BURDEN VIOLENCE WID GAD  G M S (PUG)
  • 24. SALAH MEMAHAMI KESETARAAN GENDER

×