MKU Unhas Wastek_Seni dan Keindahan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

MKU Unhas Wastek_Seni dan Keindahan

on

  • 1,830 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,830
Views on SlideShare
1,830
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
46
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

MKU Unhas Wastek_Seni dan Keindahan MKU Unhas Wastek_Seni dan Keindahan Presentation Transcript

  • SENI DANKEINDAHAN
  • KELOMPOK 81. SRI SUMARNI2. JEINET MACITA3. USWATUN HASANAH4.ALIFIAH MUTMAINNAH5. NURIS PURNAMASARI6. A. MAJID
  • OUTLINEPENGERTIAN SENI FUNGSI SENI FILOSOSFI SENI DAN KEINDAHAN APRESIASI PESONA SENI DAN KEINDAHAN KESADARAN BERKESENIAN
  • PENGERTIAN SENI
  • Schopenhauer Seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. SudarmadjiSeni adalah manifestasi batin dan pengalaman estetis menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume dan gelap terang. Ensiklopedia Indonesia Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya, mendengarkan dan menimatinya.
  • Ki Hajar Dewantara Seni adalah segala aktifitas perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia Suwaji Bastomi Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang dinyatakandalm bentuk-bentuk yang agung dan mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan keharuan Wiyoso YudoseputroSeni adalah manifestasi artistik dari interaksi antara kehidupan manusia dengan lingkungannya
  • FUNGSI SENI
  • -- SEBAGAI ALAT PEMENUHAN KEBUTUHAN INDIVIDU --PEMENUHAN KEBUTUHAN PEMENUHAN KEBUTUHAN FISIK EMOSIONAL
  • -- FUNGSI SOSIAL SENI --  SENI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti, kritik sosial, gagasan, kebijakan dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. SENI SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN Di sekolah, permainan drama dapat diaplikasikan dalam pelajaran sejarah, menyanyi dan bermain musik dipakai untuk memperhalus perasaan. Sedangkan pendidikan nonformal dapat dilakukan oleh pemerintah melalui film, lagu, atau wayang.
  •  SENI DI BIDANG AGAMA Karya seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contoh : kaligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lagu rohani. SENI DI BIDANG REKREASI Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang khusus pertunjukan untuk berekspresi ataupun hiburan.
  • FILOSOFI SENIDAN KEINDAHAN
  • Keindahan (beauty) mengisi beragam dunia mulai dari mikrokosmos sampai pada makrokosmos, tema “kosmos”mengandung pengertian tertib sbg lawan kata “chaos”R. E. Brennan (1959) menyatakan bahwa seni keindahan itu berada pada ketertibannya, pada pesona susunan, dan seluruh bagiannya, dan pada sifat kegenapannyaContohnya : keindahan itu berada pada deburan ombak yang memecah, berada pada gemercik air mengalir, sejumlah contoh keindahan di alam dan budaya kehidupan dan penghidupan masyarakat membekas dalam diri seniman, timbullah proses peniruan alam dalam dirinya dan dalam rangka berkomunikasi dengan dirinya, maka terciptalah seni lukis, seni pahat, seni sastra, dan sejumah seni lainnya
  • Keindahan seni dapat mengandung keharuan,betapa tidak setiapyang indah memiliki ketertiban,setiap yang tertib memilikiinformasi, sesuatu yang penuh dengan informasi akan memilikispektrum yg luas untuk berkomunikasi dengan manusia melaluisensibilitas yang dimilikinya,dalam diri manusia telah berakumulasisejumlah memori dari yg manis sampai pahit,panas sampaidingin,memuaskan sampai mengecewakan, menyelamatkan sampaimencelakakan dan space-space lainnya berdasarkan spektrumpengalaman hidupnya. Akan tetapi bagi masing” orang terkadangapresiasinya bergantung pada pribadi yg bersangkutan sebab sesuatudapat dikatakan indah namun oranglain menganggapnya tidak indahdemikian pula sebaliknya.
  • APRESIASI PESONA SENIDAN KEINDAHAN
  • Apresiasi pesona seni tidak hanya bagaimana menangkap makna ataupesan yang disampaikan oleh karya seni, akan tetapi akan jauh lebih baiklagi adlah menghayati dan mengambil manfaat dari makna yangterserap.untuk dapat mengapresiasi karya seni dibutuhkan sejumlah perangkatlunak yang telah diinstalkan terlebih dahulu dalam jiiwa pengapresiasi.diantaranya adalah:1. kepekaan analis dan sintesis dari sensibilitas2. intelektual dan moralitas3. yang dapat mengukkur keindahan (seni)4. kebenaran (sains) dan kebaikan budaya (pemikiran)manusia, sedangkan seni hanya merupakan upaya seniman untukmengapresiasi seninya.
  • Realitas karya seni secara umum tampil berupa pemikiran,tuturkata, tulisan, perilaku, karya seni yang bersifat material sepertilukisan,ukiran, pahatan, bangunan, dan karya seni yang dinamikseperti musik, holografi,, tiruan airterjun, lakon, sandiwara, drama, dll. semakin dekat tiruan keindahanitu dengan alam dan budaya manusia yang sebenarnya, maka karyaseni tersebut semakin memperlihatkan harmoni, bahwa satukomponen dengan komponen lainnya tidak saling meniadakan, tetapisaling memperkuat yang ingin disampaikan.
  • KESADARAN BERKESENIAN Lahir dari kehendak seorang manusiaDikendalikan oleh tingkat kesadaran (otak besar dan otak kecil)Bermuara pada tindakan/kegiatan Menghasilkan suatu karya seni
  • Kesadaran merupakan hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungannya melalui rangsangan dari luar dirinya berupa arus denyut /pulsa sensoriks seperti arus informasi optik,akustik,termik,elektrik,magnetik dan mekanik Ditinjau dari segi kualitas, karya seni tidak terlalu ekspresif dengan pesan diri sendiri dari dalam batin, tetapi lebihberupa upaya kepada penataan dekoratif yang mempesona.Karya seni yang ekspresif maupun dekoratif terlahir karena sang seniman telah menyelami ketertiban alam, sehingga wujud karya seninya dapat bermuatan pesan mulia, berkualitas syukur atau bermuatan epresiatif.
  • Seni dikelompokkan atas dua : • Normatif yaitu bersifat rasional, empiris, juga harus memiliki keterkaitan dengan aspek ilahiyah . • suyektif-pragmantis yaitu hanyaakan menjadi realita bersifat rasional dan empiris. Dengan demikian karya seni merupakan alat komunikasiekspresif yang daripadanya akan terpancar sinar ketertiban bagi semua penikmat yang berada pada panggungkehidupan. Oleh karena itu, karya seni akan menjadi suatu realita yang dianggap penting untuk disadari, dinikmati, dan dicita-citakan.