PERBANDINGAN
WINDOWS VS
LINUX
DI SUSUN :
M. TAKDIR A.K SERO-SERO
(12105 55201 10 076)
www.rikho.com

A. Pengertian Windows
Windows adalah bahasa Inggris yang
artinya dalam bahasa indonesia adalah
jendela-jend...
www.rikho.com

Karena merupakan sistem dasar, kita bisa
menambahkan program-program atau
aplikasi lain untuk melengkapi si...
www.rikho.com

Sistem operasi lain yang juga cukup
populer selain Windows adalah Linux dan
Mac OS. Jika Windows dan Mac OS...
www.rikho.com

B. Pengertian Linux
Linux adalah salah satu contoh hasil
pengembangan perangkat lunak bebas dan
sumber terb...
www.rikho.com

Kelebihan Linux








linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka.
Sehingga dapat dikatakan, tid...
www.rikho.com

Kekurangan Linux






Banyak pengguna yang belum terbiasa
dengan Linux dan masih „Windows minded‟.
Hal ...
www.rikho.com

Kelebihan Windows








Masih yang paling user friendly penggunaannya
dibandingkan dengan sistem ope...
www.rikho.com

Kekurangan Windows







Masih sering kita dengan keluhan tentang
banyaknya virus yang sering menyera...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Perbandingan windows vs linux

1,426

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,426
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
51
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Perbandingan windows vs linux"

  1. 1. PERBANDINGAN WINDOWS VS LINUX DI SUSUN : M. TAKDIR A.K SERO-SERO (12105 55201 10 076)
  2. 2. www.rikho.com A. Pengertian Windows Windows adalah bahasa Inggris yang artinya dalam bahasa indonesia adalah jendela-jendela, namun jika dikaitkan dengan istilah komputer pengertian windows bisa menjadi lain. Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan Amerika yang bernama Microsoft. Sistem operasi adalah sistem dasar untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik.
  3. 3. www.rikho.com Karena merupakan sistem dasar, kita bisa menambahkan program-program atau aplikasi lain untuk melengkapi sistem operasi. Misalnya, untuk membantu proses tulis-menulis orang menambahkan program Microsoft Word / Excell, dan untuk membantu proses editing suatu foto, orang memasang program Adobe Photoshop.
  4. 4. www.rikho.com Sistem operasi lain yang juga cukup populer selain Windows adalah Linux dan Mac OS. Jika Windows dan Mac OS merupakan sistem operasi berbayar, maka Linux adalah sebuah sistem operasi yang gratis. Tetapi, mungkin karena ”menang tua” windows lebih banyak digunakan orang daripada Linux. Sehingga jika kita mengadakan suatu survei, mungkin pengertian windows lebih banyak diketahui daripada pengertian Linux.
  5. 5. www.rikho.com B. Pengertian Linux Linux adalah salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama “Linux” sendiri berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
  6. 6. www.rikho.com Kelebihan Linux     linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. ·Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows. ·Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain
  7. 7. www.rikho.com Kekurangan Linux    Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih „Windows minded‟. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihanpelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya. Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows.
  8. 8. www.rikho.com Kelebihan Windows      Masih yang paling user friendly penggunaannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, karna memang selama ini kita memang di ajari bagaimana menggunakan windows. dan banyak sekali lembaga2 pendidikan yang mengajarkan materi komputer dengan menggunakan sistem operasi ini. Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain. Banyak software berbasis Windows Dukungan driver yang lebih banyak Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows.
  9. 9. www.rikho.com Kekurangan Windows      Masih sering kita dengan keluhan tentang banyaknya virus yang sering menyerang sistem operasi ini. Meski sering adaperbaikan dari pihak pengembangnya, tetap saja tidak bisa meminimalisasi gelombang serangan virus. Komunitas terlalu sedikit, karna memang dia bersifat closed-source. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows Sistem keamanan yang masih dibilang kurang Sistem yang kurang stabil
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×