• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
5,761
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
80
Comments
3
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Kelompok kami akan membahasmateri “Microsoft Power Point”
  • 2. Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kalidikembangkan oleh Bob Gaskins dan DennisAustin, sebagai Presenter untuk perusahaanbernama Forethought, Inc yang kemudian merekaubah namanya menjadi PowerPoint. Pada tahun1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputeryang didukungnya adalah Apple Macintosh.PowerPoint kala itu masih menggunakan warnahitam/putih, yang mampu membuat halaman teksdan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).
  • 3. Setahun kemudian, versi baru dari PowerPointmuncul dengan dukungan warna, setelahMacintosh berwarna muncul ke pasaran.Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Incdan tentu saja perangkat lunak PowerPointdengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windowsdari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran,mengikuti jejak Microsoft Office 3.0. Sejak tahun1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yangtidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoranMicrosoft Office System (kecuali Basic Edition).
  • 4. Versi terbaru adalah Microsoft OfficePowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilispada bulan November 2006, yang merupakansebuah lompatan yang cukup jauh dari segiantarmuka pengguna dan kemampuan grafikyang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkandengan format data sebelumnya yangmerupakan data biner dengan ekstensi , versi inimenawarkan format data XML dengan ekstensi
  • 5. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPointadalah sebuah program komputer untuk presentasi yangdikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasikantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word,Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPointberjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasiMicrosoft Windows dan juga Apple Macintosh yangmenggunakan sistem operasi Apple Mac OS,meskipunpada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasiXenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan,apalagi olehkalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa,Dan trainer.
  • 6. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003,Microsoft mengganti nama dari sebelumnya MicrosoftPowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint.Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12(Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabungke dalam paket Microsoft Office System 2007.
  • 7. Fitur-fitur Power PointPowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalammembuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Padasetiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkankomponen-komponen multimedia yang meliputi:• Teks• Gambar dan Grafik• Foto• Suara• FilmPowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan softwarelain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Seseorangbisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalumemolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel danmenyisipkannya ke PowerPoint.
  • 8. Bagaimana cara mencari file PowerPoint? www.orifile.com adalah search engine yangdikombinasi dengan google, dimana di orifile.com kitabisa mendownload file tertentu secara gratis untukformat document, power point, pdf, dan excel. HasilPencarian menggunakan orifile.com berupa file yangBisa didownload. Dan hasilnya langsung berformatdoc, ppt, pdf, dan xls. Terdapat fitur tambahan yaitufast login dimana kita bisa mengakses websitefacebook, youtube, twitter dengan 1 langkah klik.
  • 9. OperasiDalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasilainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnyadiposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan"slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang samadengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnyaperangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacamPowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkandalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter.Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di WorldWide Web). PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan,yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance,Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh CustomAnimation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide keslide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara.
  • 10. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diaturmenggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dariprsentasi dapat disunting menggunakan Primitive Outliner(Outline)• PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:• *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)• *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)• *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk
  • 11. Fungsi Microsoft Power PointDalam kehidupan sehari-hari memang tidak begitukelihatan, tetapi dalam kegiatan-kegiatan yangbersifat ceremonial pastilah selalu kita jumpaiprogram ini. Sebagai contohdalam acara presentasi dikantor-kantor, presentasi suatu perusahaan,presentasi penawaransuatu produk dan pada acaraacara di televisi. Dari beberapa contoh presentasitersebut, berarti Power Point fungsinya untukmembuat dan melakukan Presentasi.Jadi soft warePower Point sama dengan soft ware Presentation(presentasi).
  • 12. Penerapan Power Point dalam KBM (KegiatanBelajar Mengajar)Pembelajaran ketrampilan dan pengetahuan harusada model yang ditiru. Modelmemberikan contohcara melakukan sesuatu, guru bisa jadi model tetapiguru bukanlahsatu-satunya model yang harusmemberi contoh. Tetapi model bisa dari siswaItu sendiri. Misalnya salah satu siswamendemontrasikan ketrampilan danpengetahuannyadi depan teman sekelasnya. Dan inisekaligus melatih siswa untuk bertanggung jawabAtas hasil karyanya.
  • 13. Program Power Point sangat tepat untuk dipakaidalam penerapan metode CTL. Semua pelajaranbisa dilakukan dengan program ini sehinggasiswa tidak bosan denganmendengarkan guruberceramah didepan kelas sekaligus siswa bisabelajar presentasi dalam Mempertanggungjawabkan hasil karyanya.Dengan demikianPengetahuan dan ketrampilan siswa diperolehbukan dari Hasil mengingat atau hafalan tetapi dariKerja nyata, sehingga tidak mudah lupa
  • 14. Title BarMenu BarToolBarLembar KerjaSlide dokument aktifTaskpaneScrollbar
  • 15. Menciptakan PresentasiAnda bisa langsung membuat presentasi. Slidepertama adalah slide dengan format layoutuntuk Judul presentasi. Anda ketikkan langsungsaja Judul dan Sub Judul pada slide yang pertama.Misalnya kita akan buat slide tentang PengenalanInternet maka tampilan slide pertama seperti pada contoh Gambar :
  • 16. Membuat desain WarnaApabila Task Pane belum tampak, tampilkanDengan cara Klik View kemudian Klik Task Pane1. Klik Drop down taskpane2. Klik slide design-color schemes3. Klik drop down pada salah satu menu desain warna4. Kemudian klik apply to select slide, maka tampilan pada layar editing akan berubah warna sesuai keinginan anda.
  • 17. Membuat desain animasi
  • 18. Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:• Teks Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.• Content Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.• Text and Contents Layout Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.• Other Layout Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.
  • 19. Sekarang mari kita membuat slide ketiga dengan bentuk yangberbeda, misalnya bentuk layout Title and 2 Content. Kemudiantambahkan tulisan pada slide ketiga tersebut sebagai berikut.• Pada bagian Click to add title ketikkan: Sumber Daya di Internet• Lalu klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kiri dan Tuliskan: E-mail Mailing list Newsgroup Web• Klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kanan.Tuliskan : Telnet FTP Gopher Chat* Hasil Langkah di atas adalah sebagai berikut :
  • 20. Membuat Slide dengan gambar, clipart, tabel,Grafik atau obyek lainnya :Klik tombol Insert New Slide kemudian pilih layoutTitle and Two Content.Pada Title ketikkan “Arsitektur Internet”.Pada Content yang pertama ketikkan:* Dapat menghubungkan seluruh komputer di dunia* Dapat berkomunikasi antar komputerPada Content yang kedua, jika inginMenambahkan Gambar, dengan cara klik picturepada content, kemudian akan muncul kotakdialog Insert Picture dan pilih file gambar yangakan dimasukkan ke silde.
  • 21. jika ingin menambahkan clipart, makaKlik Icon clipart pada slide di content 2kemudian akan muncul kotak dialog InsertClip Art sebagai berikut.
  • 22. Menukarkan Posisi Slide Untuk menukar posisi slide, pilihlah Normal View. Sebagai contoh langkah berikut digunakan untuk memindahkan slide keempat menjadi slide ketiga.• Klik ikom kotak slide milik slide keempat, dan tahan. Langkah ini membuat slide keempat diblok.• Geser mouse sehingga penunjuk mouse berada di atas ikon Slide milik slide ketiga.• Lepaskan penekanan terhadap tombol kiri mouse, hasilnyaMenghapus Slide Penghapusan slide dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contoh berikut menunjukkan cara penghapusan slide kelima.• Klik ikon slide milik slide kelima.• Tekan tombol Delete Slide kelima akan terhapus dari Internet.ppt.
  • 23. Menduplikasi Slide Adakalanya kita perlu menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:• Klik pada ikon slide milik slide keempat• Pilih menu Edit lalu klik Duplicate.Menyisipkan Slide Bila anda ingin menambahkan slide baru, tetapi bukan sebagai slide terakhir, anda dapat memilih slide yang terletak tepat sebelum slide baru disisipkan. Contoh berikut akan menyisipkan slide baru yang akan diletakkan sebagai slide keempat.• Klik ikon slide milik slide ketiga.• Klik Insert New Slide• Pilih Layout Slide yang dinginkan
  • 24. Menambahkan Latar Belakang SlideSejauh ini anda membuat slide dengan tampilanlatar belakang yang polos. Pada bab ini andaakan mempelajari berbagai cara untuk membuat latarbelakang sehingga presentasi menjadi lebih menarik.Mengatur Skema Warna untuk semua SlideTemplate background yang telah anda pilih bisadiganti warnanya dengan cara:1. Klik Colors pada toolbar kiri atas kemudian pilih komposisiWarna yang diinginkan. Lebih jelasnya dapat dilihat padaGambar 9.14 berikut ini.
  • 25. 2. Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template fontyang sudah disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klikdesign kemudian klik tombol Fonts pada bagian kanan atas. Lebihjelasnya seperti pada Gambar 9.15 berikut ini
  • 26. 3. Untuk merubah format background dapat juga menggunakantemplate font yang sudah disediakan oleh Microsoft Powerpoint. Caranya klik design kemudia klik tombol Fonts padabagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 9.16berikut ini.
  • 27. Manado, 8 Febuari 2012
  • 28. Created By :: Okvira RumuatLolaro Windy Ezrani Tasiam Mario MandagiLavega Parasan