Your SlideShare is downloading. ×
Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

9,749
views

Published on

ulasan tentang Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi.

ulasan tentang Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi.


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
9,749
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
540
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TUGAS EKONOMIPertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Oleh:Eka Oktafiana W (02)Fransisca Lisa P (11)Hengky Agus AY (15)Imanina Atsari O (17)Meinastiti Anggita (28)Metta Ayu Wisanindya (29) XI IPS 2
  • 2. Pengertian PembangunanEkonomiPembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan dalam pendapatan total dan pendapatan per-kapita dengan menghitung adanya pertambahan penduduk disertai adanya perubahan fundamental dalam struktur ekonomi.
  • 3. Empat Unsur yang MempengaruhiPembangunan Ekonomi :A. Proses perubahan terus menerusB. Adanya perubahan sosialC. Meningkatkan GNP per kapitaD. Berlangsung dalam jangka waktu panjang
  • 4. Faktor Ekonomi1.Sumber Daya Alam meliputi tanah dan kekayaan alam, seperti: kesuburan tanah, keadaan iklim atau cuaca, hasil hutan, tambang hasil laut.
  • 5. 2. Sumber Daya Manusia SDM sangat menentukan keberhasilan pembangunan melalui jumlah dan kualitas penduduk. Produksi dan kualitas penduduk tinggi memungkinkan tingginya produktivitas.
  • 6. 3. Sumber Daya Modal Sumber Daya Modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi. Karena dapat memperlancar proses pembangunan juga meningkatkan produktivitas. Pembentukkan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan.
  • 7. 4. Keahlian/Kewirausahaan &Teknologi Faktor ini merupakan yang paling menentukan. Dengan mempunyai kemampuan mengkoordinasi faktor produksi, pengetahuan dan teknologi serta mengkombinasikan faktor-faktor produksi sangat membantu usaha peningkatan produksi karena penguasaan teknologi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
  • 8. Faktor Non EkonomiAntara lain lembaga-lembaga sosial,keadaan politik dan institusional yangdapat mempengaruhi kemampuanmasyarakat sebagai pelaksanapembangunan. Administrasi yang kuat,efisien dan tidak korup juga faktorpenting bagi pembangunan ekonomi.
  • 9. Kriteria Pengukuran KeberhasilanEkonomi:A. PENDAPATAN NASIONAL Tingkat pendapatan nasional yang tinggi menandakan kapasitas produksi nasional yang tinggi. Berarti jumlah barang dan jasa yang dihasilkan besar dan tingkat kesempatan kerja tinggi.B. PENDAPATAN PER-KAPITA Tinggi rendahnya pendapatan perkapita dapat menggambarkan sejauh mana kemampuan penduduk untuk mengkonsumsi barang-barang jasa hasil produksi. Juga dapat memberikan petunjuk mengenai kemampuan yang dicapai.
  • 10. C. DISTRIBUSI PENDAPATAN Distribusi pendapatan yang merata merupakan ukuran yang penting, jika hanya sebagian kecil penduduk berpenghasilan tinggi, maka pembangunan ekonomi belumlah sempurna. Distribusi pendapatan yang merata merupakan tanda keberhasilan pembangunan ekonomi.
  • 11. D. PERANAN SEKTOR INDUSTRI DAN JASA Umumnya semakin besar kontribusi sektor industri dan jasa maka akan semakin maju suatu negara. Atas dasar hal tersebut dapat dikatakan bahwa besarnya proporsi kontribusi sektor industri dan jasa merupakan salah satu indikasi yang penting bagi tingkat kemajuan ekonomi.
  • 12. E. KESEMPATAN KERJA Bila suatu negara mampu mempertahankan tingkat kesempatan kerja yang tinggi berarti masyarakat mampu mempercepat laju perkembangan ekonominya. Dapat dilihat dari meningkatnya investasi dan lapangan kerja baru serta berkurangnya pengangguran.F. STABILITAS EKONOMI Hal ini meliputi stabilitas tingkat pendapatan dan kesempatan kerja serta tingkat harga mempengaruhi pasar produk dalam negri.
  • 13. G. NERACA PEMBAYARAN LUAR NEGRI Setiap negara menginginkan agar neraca pembayarannya seimbang. Sebab jika neraca pembayaran mengalami defisit berpengaruh terhadap kredibilitas negara tersebut.