Mengenal perangkat keras komputer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Mengenal perangkat keras komputer

on

  • 1,136 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,136
Views on SlideShare
966
Embed Views
170

Actions

Likes
0
Downloads
79
Comments
0

3 Embeds 170

http://laraspermatahati.blogspot.com 166
http://translate.googleusercontent.com 3
http://laraspermatahati.blogspot.de 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Mengenal perangkat keras komputer Presentation Transcript

  • 1. MENGENALPERANGKAT KERAS KOMPUTEROleh : Laras Permata Hati Kelas : 7B Tugas TIK
  • 2. KEYBOARD Pengertian : Keyboard adalah bagian palingpenting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsimemasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi pemakai untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard komputer diciptakan dari modelmesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
  • 3. SCANNERPengertian: Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melaluipencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkanteks, barcode, gambar, dan sebagainya. Hasil scanner ditampilkanpada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan
  • 4. MOUSE Pengertian: Mouse merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan caramenekan tombol klik. Perangkat yang didesain sesuai dengan bentuk lekuk tangan ini umumnya memiliki dua tombol klik utama yaitu klik kiri dan klikkanan, yang dibawah ini atau baliknya terdapat bolakecil yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk (pointer). Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang rata, apabila mouse digerakkan sebelah kanan secara otomatis penunjuk akan bergerak ke kanan di atas layar, apabila penunjuk dituju kea rah menu, dan apabila ikon atau gambar ditunjuk dan klik sebanyak dua kali (klik ganda / double click), maka kita akan membuka suatu program. Biasanya mouse mempunyai 1 hingga 3 tombol klik dan setiap tombol klik mempunyai peranan yang tersendiri. Terdapat aktivitas utamabisa dilakukan oleh mouse yaitu klik atau single klik untuk membuat pilihan tertentu pada layar, untuk membuka klik ganda dokumen atau membuka folder, klik kanan untuk menunjuk arah pada layar komputer, dan drag and dorp untuk proses pemindahan ikon atau item pada layar.
  • 5. WEBCAM Pengertian: Webcam (singkatan dari web camera ) adalah sebutan bagikamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant massaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang digantidengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kotadan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalanraya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
  • 6. CAMCORDER Pengertian: Untuk menghasilkan suara yang baik diperlukan mikrofon yang tepat. Untuk produksi acara video juga diperlukan jenis mikrofon yang tepat pula. Dalam arti mudah dibawa ke segala tempat dan peka terhadap suara, tetapi dapat meredam gangguan suara dari luar. Di sampingitu, mikrofon harus dapat digunakan di dalam maupun di luar studio. Ada beberapa hal yang harusdiperhatikan dalam mempersiapkan dan memilih jenis mikrofon. Dekatkan mikrofon yang akan digunakan dengan sumber suara dan perhatikan arah mikrofonnya. Hati-hati dan perhatikan saatpemasangan mikrofon agar tidak ada suara yang tidakdiperlukan masuk ke dalam mikrofon, dan jangan lupa gunakan wind screen untuk keperluan menutup suara akibat gangguan angin. Perhatikan pula kemungkinan timbulnya gema di dalam ruangan. Disarankan agar lebih baik mengikuti gerakan sumber suara. Untuk keperluan ini gunakan mikrofon dengan pole boom atau fish pole. Di tempat yarig banyak gangguan suara, pergunakan mikrofon jenisunidirectional, yaitu jenis mikrofon yang hanya dapat menangkap suara dari satu arah saja. Sedangkan untuk tempat yang tenang, gunakan jenis nondirectional, yaitu jenis mikrofon yang dapat menangkap suara dari segala arah.
  • 7. CAMDIG Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut. Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuranyang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.
  • 8. PROSESOR Pengertian: Prosesor, atau yang biasanya disebut denganCPU, adalah otak dari notebook anda. Ini adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan Andauntuk memulai menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda. Prosesor datang dalam tigajenis: single core, dual-core, dan quad-core. Berikut adalah hal- hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika mengevaluasi CPU notebook.
  • 9. MOTHERBOARD Pengertian: Papan induk (Inggris: motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Pengertian lain dari Motherboard atau dengankata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM. Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard sepertisebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data.Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
  • 10. VGAPengertian: VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran640 480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desaingrafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATIdan nVidia.
  • 11. SOUND CARD Pengertian : Kartu suara (Sound Card) adalah suatuperangkat keras komputer yang digunakan untukmengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, SoundCard hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namunsekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiapkomputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi3:Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsungpada motherboard komputer.Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya dislot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudahmenggunakan PCISoundcard External, adalah sound card yang penggunaannyadisambungkan ke komputer melalui porteksternal, seperti USB atau FireWireSalah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses dipasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
  • 12. NIC Pengertian: Kartu jaringan (Inggris: network interfacecard disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yangberfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. JenisNIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, danNIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalahNIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logisadalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai NetworkAdapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MACaddress, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
  • 13. MODEM Pengertian: Modem berasal darisingkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasikedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untukdikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagianyang memisahkan sinyal informasi (yang berisi dataatau pesan) dari sinyal pembawa yang diterimasehingga informasi tersebut dapat diterima denganbaik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi duaarah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut"modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lainsebagainya, namun umumnya istilah modem lebihdikenal sebagai perangkat keras yang seringdigunakan untuk komunikasi pada komputer.
  • 14. MONITOR Pengertian: Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalahberupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil dilayar monitor. Gambar yang tampil adalah hasilpemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memilikiberbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merekdan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusiini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapatditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudahsangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layarcembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
  • 15. PROYEKTOR Pengertian: Proyektor adalah sebuah oleh untukmenampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaanserupa.Proyektor elektronik: -Proyektor digital -Proyektor LCD -Proyektor CRT -Proyektor DLP -Proyektor LCOSProyektor transparansi: -Proyektor film -Proyektor slide -Proyektor overhead -Magic Lantern -Enlarger
  • 16. PRINTER Pengertian: Pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentukcetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanyaterbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas daribaki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atautinta bubuk (toner) adalah alatpencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yangdigunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialahperbedaan sistem; tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau semburtinta tak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut.mencetak di atas kertas, kain, kaca, film putih, ebonit, dll. Ada pula kabel lentur untukpengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis danlentur, namun kuat. Pada bagian belakang pencetak biasanya ada colokan sejajaratau USB untuk penghubung ke komputer.Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalamsebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itusendiri. Pencetak mempunyai enam jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis DaisyWheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
  • 17. PLOTTER Pengertian: Plotter adalah printer yang digunakanuntuk aplikasi grafis/gambar.Plotter menggunakan pin plotter untuk membentuk gambaryang di cetak, namun ada pula yang menggunakan drumplotter.
  • 18. HARD DISK Pengertian: akram keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddiskdrive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuahkomponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisipiringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kalioleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertamatersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatanrotasinya mencapai 1.200 rpm(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cmdengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci. Jika dibuka, terlihat mata cakram keras padaujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputarData yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberitegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satupiringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
  • 19. CD Pengertian: CD (Compact disc atau Cakram Digital), alat penyimpanan data CD-ROM, piranti pembaca CDCD, Kode negara ISO 3166-1 Republik Demokratik Kongo, sebuah negara di Afrika Tengah "CD" adalah nomor polisi kendaraan bermotor Corps Diplomatique "CD" merupakan angka Romawi untuk angka 400 (angka) atau tahun 400
  • 20. DISKETPengertian : Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk(floppy disk drive , FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB(seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
  • 21. FLASH DISK Pengertian: Penggerak kilat USB (bahasa Inggris: USB flashdrive) adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yangmemiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat inibiasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi denganmudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerakkilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitasmedia ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alatpenyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat.Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebihdapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripadadisket.Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yangsingkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahanlama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan datahingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15tahun jika cara penyimpanannya benar.