Rasmus lerdorf penemu php

522 views
468 views

Published on

Published in: Education, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
522
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rasmus lerdorf penemu php

  1. 1. Rasmus Lerdorf (Penemu PHP)Rasmus Lerdorf (Penemu PHP)Rasmus Lerdorf (Penemu PHP)Rasmus Lerdorf (Penemu PHP)Rasmus Lerdorf (dilahirkan pada tanggal 22 November 1968 di Qeqertarsuaq,Greenland) merupakan seorang pemrogram dari Denmark/Greenland dan penciptabahasa pemrograman PHP. Rasmus menulis dua versi pertama dari PHP. Rasmus jugaberpartisipasi dalam pengembangan versi-versi PHP selanjutnya yang dikembangkanoleh sebuah kelompok pengembang, termasuk di dalamnya Andi Gutmans dan ZeevSuraski yang selanjutnya mendirikan Zend Technologies. Pada tahun 1993 Rasmus lulusdari Universitas Waterloo. Sejak bulan September 2002, dia bekerja di Yahoo! sebagaiseorang Insinyur Arsitek Infrastruktur.Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupasekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. SelanjutnyaRasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI.Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogramyang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Awalnya, PHP digunakan untukmencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung pada homepage-nya.Rasmus lerdorf adalah seorang pendukung open source. Oleh karena itu, iamengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis, kemudian menambahkemampuan PHP 1.0 dan meluncurkan PHP 2.0. Pada tahun 1996, PHP telah banyakdigunakan dalam website didunia. PHP merupakan kependekan dari Personal HomePage (Situs personal).Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudahdiimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modulekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.
  2. 2. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHPmenjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaantersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebutdikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai padaawal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untukmembangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yangtinggi.Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHPmengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrogramanberorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrogramanke arah paradigma berorientasi objek.Contoh Program Hello World yang ditulis menggunakan PHP adalah sebagai berikut:<?phpecho "Hello World";?>Konsep Dasar PHPKonsep Dasar PHPKonsep Dasar PHPKonsep Dasar PHPKode PHP diawali dengan tanda lebih kecil (<) dan diakhiri dengan tanda lebih besar(>). Ada beberapa cara untuk menuliskan skrip PHP yaitu:1. <?…..skrip PHP?>2. <?php…..skrip PHP?>3. <script language=”PHP”>…..skrip PHP</script>4. <%…..skrip PHP%>Pemisah antar instruksi adalah tanda titik koma (;) dan untuk membuat ataumenambahkan komentar/standar penulisan adalah: /* komentar */, // komentar, #komentar. Untuk menuliskan skrip PHP ada dua cara yang sering digunakan yaituEmbedded Script dan Non-Embedded Script.
  3. 3. a. Embedded Script adalah script PHP yang disisipkan diantara tag-tag dokumenHTML. Contoh penulisan dari Embedded Script:<html><head><title>Embedded Script</title></head><body><?phoecho “Hallo, selamat menggunakan PHP”;?></body></html>b. Non-Embedded Script adalah skrip PHP murni, tag HTML yang digunakan untukmembuat dokumen merupakan bagian dari skrip PHP.Contoh penulisan dari Non-Embedded Script:<?phpecho “<html>”:echo “<head>”:echo “<title>Mengenal PHP</title>”:echo “</head>”:echo “<body>”:echo “<p>PHP itu mudah</p>”:echo “</body>”:echo “<html>”:?>Script yang dibuat dengan PHP disimpan dengan nama file dan diikuti dengan ekstensi*.php, misalnya : coba.php. Bila skrip PHP diakses melalui komputer local maka file PHPdisimpan di folder htdocs di web server.Sama halnya dengan penaman dokumen HTML, pemberian nama dokumen yang samatetapi dituliskan dengan case yang berbeda akan dianggap sebagai dokumen yangberbeda. Skrip dapat disisipkan di bagian manapun dalam dokumen HTML, begitu pulasebaiknya skrip HTML dapat diletakkan di antara skrip PHP.Kelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman LainKelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman LainKelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman LainKelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman Lain::::Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukansebuah kompilasi dalam penggunaanya.2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulaiapache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  4. 4. 3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dandeveloper yang siap membantu dalam pengembangan.4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karenamemiliki referensi yang banyak.5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux,Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui consoleserta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.PHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaituPHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaituPHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaituPHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaitu ::::1. Integer2. Double3. Boolean4. String5. Object6. Array7. Null8. Nill9. ResourceSUMBER:SUMBER:SUMBER:SUMBER:• http://lerdorf.com• http://lerdorf.com/bio.php• http://id.wikipedia.org/wiki/Rasmus_Lerdorf• http://www.maniacms.web.id/2012/01/pengertian-php.html• http://nurmanto.com/sejarah-dan-pengertian-oracle/MOTIVASI:MOTIVASI:MOTIVASI:MOTIVASI:Sesuatu hal yang belum terwujud dapat kita wujudkan jika kita mempunyai tekat dankemauan untuk belajar dan mencoba sesuatu hal yang baru. Kita perlu mengubahpemikiran kita agar kita dapat berinovasi dan berkreasi. Jangan pernah takut untukmencoba hal baru, walaupun nantinya terdapat suatu kegagalan, itu akan berbuah suatukesuksesan. Sebagai generasi muda kita dituntut untuk berpikir kreatif dan inovasi.Dengan begitu otak kita akan lebih terasah dan pengetahuan kita juga bertambah, selainitu kita juga tidak kalah dengan orang-orang yang lebih tinggi dari kita. Dengankepercayaan diri yang begitu besar dalam diri para generasi muda saat ini dapatmenjadi salah satu pendukung untuk kita agar terus dapat berkreasi dan berinovasi.

×