Laporan Prakerin

2,210 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,210
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
44
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Laporan Prakerin

  1. 1. ABSTRAKJudul : Memperbaiki Kinerja KomputerNama : Kiki IrawanNISN : 9940360672Jurusan : Teknologi Informasi dan KomunikasiProgram Keahlian : MultimediaPembimbing 1 : Lukman Hakim, S.KomPembimbing 2 : Mamat Supriadi, M.Pd Menurut penelitian yang telah dilakukan pada Toko Ocha KomputerKabupaten Mukomuko khususnya pada bagian Teknisi ( Servis Komputer ).Dapat dikemukakan beberapa hal yang perlu dibahas dan jadi perhatian bagipihak pemakai komputer. Dimana pemakai ( User ), banyak yang mengeluhkarena Laptop atau komputer loadingnya lambat. Penelitian ini bertujuanmasalah yang terjadi pada pelanggan. Dalam penelitian Sistem Operasi yangdigunakan adalah Windows XP.
  2. 2. I.1. Latar Belakang Dilaksanakan Prakerin Pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang tangguh. Seiring dengan semangat dua sistem penyelenggaraan pendidikan di SMK perlu adanya upaya nyata membangun sinergi di dunia pendidikan. Prakerin adalah salah satu program sekolah yang harus dilaksanakan setiap siswa dari kelas XI yang masuk SMK.1.2. Ruang Lingkup Bagaimana cara memudahkan Run servicemsc (Module Devault Windows Xp). Bagaimana cara mengubah tingkat resolusi yang memperlambat windows xp. Bagaimana cara membuang program yang tidak di perlukan dari start-up. Bagaimana cara mengoptimalkan sistem operasi windows
  3. 3. 1.3. Metode Penulisan Metode yang digunakan dalam penulisan yaitu Metode Deskriptif. Metode deskriptif adalah metode pengumpulan data dengan cara menggambarkan apa adanya dari isi keseluruhan laporan (Kamus Besar Bhasa Indonesia, halaman 258). Pengumpulan data selain menggunakan Metode Deskriptif, juga berdasarkan fakta – fakta dari tempat prakerin / Dokumentasi.
  4. 4. BAB PEMBAHASAN3.1. Pengertian Komputer Istilah Komputer berasal dari kata To Compute dalam bahasa Inggris atau Komputare dalam bahasa Latin yang berarti menghitung. Pada awalnya komputer membantu kita dalam penghitungan matematika. Namun seiring dengan perkembangan zaman, fungsi komputer ini bukan hanya untuk menghitung tetapi juga dapat digunakan untuk mengolah data, baik numeric maupun alpanumeric. pendapat ahli dapat disimpulkan bahwa komputer adalah : Suatu alat elektronika. •Dapat menerima input berupa data. •Dapat melakukan pengolahan data. •Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan data. •Dapat memberikan informasi secara otomatis. •Dapat menggunakan program yang tersimpan didalam memory komputer untuk melaksanakan tugasnya.
  5. 5. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan ala-talat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat dan akurat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.Pengggolongan Alat Pengolah Data  Peralatan manual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana,dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia  Peralatan Mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang dengan tangan secara menual  Peralatan Mekanik Elektronik yaitu Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik  Peralatan Elektronik yaitu Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
  6. 6. Penggolongan Komputer Penggolongan komputer berdasarkan 5 hal : 1. data yang diolah, 2. penggunaan 3. kapasitas dan ukurannya 4. Perkembangan Hardware 5. Perkembangan Software1. Berdasarkan Data Yang Diolah  Komputer Analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll.  Komputer Digital Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakterkarakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.  Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya: Facsimile
  7. 7. 2. Berdasarkan Penggunaannya Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik Perlu diketahui bahwa komputer tidak dibedakan kemampuannya berdasarkan ukuran fisiknya. Bukan berarti komputer yang kecil bentuknya berarti kecil pula Kemampuannya. • Tower Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja • Desktop (meja) Desktop (meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.
  8. 8. • Portable (mudah dibawabawa) Portable (mudah dibawabawa) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagianbagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemanamana.• Notebook (buku catatan) Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
  9. 9. • Subnotebook Subnotebook adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.• Palmtop Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pamakai.
  10. 10. 3. Berdasarkan Perkembangan Hardwarenya 1. Komputer Generasi Pertama (194-61959) Dengan terjadinya Perang Dunia II, negaranegara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. 2. Komputer Generasi Kedua (19591964) Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan SpreryRand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
  11. 11. 3. Komputer Generasi Ketiga (19641970) Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagianbagian internal komputer.4. Komputer Generasi Keempat (1979sekarang Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.5. Komputer Generasi Kelima proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Ciri: • Adanya kecerdasan buatan • Mengkoordinasikan CPU secara serempak
  12. 12. 4. Berdasarkan Perkembangan softwerenya 1. Era Pioner Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel keantar bagian dalam Komputer. 2. Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. 3. Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. 4. Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di manamana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
  13. 13. 3.3. Memperbaiki Kinerja Kompututer a) Tambah kecepatan komputer dengan menghilangkan penampakan yang bagus namun memakan banyak waktu, yakni animasi. Caranya dengan : Buka Control Panel dan klik Ganda System. Klik Tab Advanced dan tekan tombol Performance Setting. Kemudian Enable Adjust for the Best Performance.
  14. 14. b) Untuk mengurangi waktu booting yang terasa lama, atur BIOS agar Booting dimulai dari Hardisk baru kemudian CD atau Floppy Drive pada pilihan berikutnya.c) Atur supaya Windows hanya akan me-Loading program yang dibutuhkan saja saat mulai berjalan supaya waktu loading lebih cepat dan kerja komputer lebih ringan. Ketika Msconfig dikotak dialog Run tekan tombol Enter. Pada Tab General, pilih Selective Startup dan non-aktifkan semua
  15. 15. d) Dapat memonitor penggunaan Prosessor dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del untuk membuka Task Manager dan kemudian minimize windows tersebut, juga dapat melihat grafik penggunaan kapasitas Prosessor disystem Tray.
  16. 16. e. Untuk meningkatkan kecepatan penyimpanan data di USB ZIP drive, buka my komputer dan klik kanan drive ZIP tersebut, pilih properties, buka tab hardware, klik properties, kemudian buka tab policies dan aktifkan pilihan Optimize For Performance.
  17. 17. f. Ada cara cepat mematikan komputer, tekan tombol Ctrl+Alt+Del. Pada saat Windows Task Manager muncul, tekan menu Shut Down dan tahan tombol Ctrl saat mengklik Turn Off. Pastikan dulu semua dokumen telah tersimpan.
  18. 18. e. Dapat juga melihat grafik yang menampilkan performance komputer berdasarkan beberapa indicator. Misalnya penggunaan Prosessor,Memory, dan lain sebagainya. Caranya, buka Control Panel dan klik ganda Administrative Tools. Buka fitur performance.
  19. 19. 3.1. Run Service.msc (Module Default Windows XP Windows XP melakukan loading dari modul program yang lengkap dengan tujuan untuk menyamankan pemakai system operasi. Selain memakan resource memory karena modul dijalankan pertama kali ketika komputer bekerja, terkadang membuat system operasi windows menjadi lebih lambat. Fitur module program yang tidak di perlukan dapat dimatikan melalui fasilitas SERVICES.MSC. caranya, masuk kebagian Start dan Run serta ketik services.msc. 1. Cara nya
  20. 20. Dibawah ini adalah daftar komponen wondows yang secara default da-load tetapi kadang tidakdiperlukan untuk berbagai kebutuhan (Sumber Techtree) :a Computer Browser Module ini untuk memonitor daftar dari komputer yang terhubung kedalam network. Module Computer Browser dapat dimatikan bila menggunakan komputer yang tidak terhubung dengan network/LAN.b. Distributed Link Tracking Client Module ini berfungsi untuk memonitor hubungan antar NTFS file didalam kompute sendiri atau jaringan Network dengan nama Domain. Module ini hanya dibutuhkan bila seseorang membutuhkan link kekomputer lain pada sebuah file.C Fungsi module Error Reporting Service adalah untuk memberikan laporan bila windows XP terganggu. Fungsi ini tidak berguna dan dapat Disable.
  21. 21. 3.2.Tingkat Resolusi Yang Memperlambat Windows XP Apabila layar desktop sedikit lambat, ubah tampilan fitur warna dari 32 Bit ke 16 Bit. Selain mempercepat kineja desktop, gambar pada layar juga menjadi lebih responsive
  22. 22. 3.4.Buang Program Yang Tidak Diperlukan Dari Start-Up Untuk membuka dan melihat program apa saja yang diload ketika pertama kali windows XP mulai bekerja. Dapat mengetik regedit pada Run. HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrent Version|Run. program yang akan di loading pada system Windows XP diluar
  23. 23. 3.5. Hasil Pengoptimalan Sistem Operasi Windows Dengan mengubah set-up dari Start Module pada service windows xp, Windows akan memiliki source memory yang lebih besar untuk aplikasi sehingga aplikasi memiliki space memory yang lebih banyak. Windows XP-AniSpy sedikitnya dapat membantu membuang fitur yang tidak di butuhkan dari windows xp, yang terkadang justru mengganggu ketika komputer bekerja, sedangkan mematikan program pada Start-Up akan membantu mempersingkat booting windows xp. Dengan cara mengetik di Run Msconfig
  24. 24. PENUNTUP4.1 SIMPULAN 4.1.1 Kesimpulan Umum a.Komputer merupakan suatu penemuan penting dalam bidang elektronika dalam teknologi di dunia secara global dan canggih. b.Melalui praktek kerja industri di Toko Ocha Komputer dapat menambah pengaturan siswa dan pengalaman kerja bagi siswa. 4.1.2.Kesimpulan Khusus Secara khusus dari uraian BAB III diatas dapat disimpulkan bahwa dengan meningkatkan kenerja komputer dapat mempercepat loading komputer
  25. 25. 4.2. Saran 1. Saran Untuk Pihak Sekolah • Sebelum melaksanakan prakerin hendaknya siswa diberi materi dan praktik terlebih dahulu seperti : Install Ulang, perakitan PC dan lain- lain. Karena semua itu merupakan bekal siswa supaya tidak terlalu mengalami kesulitan selama melaksanakan prakein. • Bagi guru pembimbing mohon senang hati memberikan bimbingan dan pengawasan langsung kepada siswa yang telah ditentukan dari sekolah agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam menyusun laporan. • Untuk tahun yang akan datang semoga siswa/siswi prakerin yang akan melaksanakan program praktik kerja industri lebih banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu yang kelak bermanfaat bagi siswa/siswi.
  26. 26. 2. Saran Untuk Perusahaan • Saling menghargai sesama karyawan. Menjaga kualitas agar masyarakat percaya dan perusahaan semakin berkembang. Agar berhati-hati dalam menjaga dan menggunakan Peralatan komputer, terutama menjaga kebersihannya.3 Saran Untuk Pembaca Penulis mengharapkan agar pembaca bisa menjadikan laporan ini sebagai contoh atau acuan dalam pembuatan laporan. Agar dapat mempermudah pembuatan laporan pada pelaksanaan Prakerin tahun depan.
  27. 27. SELESAI BY KIKI IRAWANXII MULTIMEDIA A

×