Ciri ciri masyarakat

3,861
-1

Published on

sosiologi

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
3,861
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
63
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ciri ciri masyarakat

  1. 1. CIRI-CIRI MASYARAKAT DESA DAN KOTA 1. 2. 3. 4. ACHMAD HISYAM ARIF YULIANTO NILA ANGGRAINI RUT APRILIA KARTINI
  2. 2. Apakah Desa itu? Merupakan satu bentuk pemukiman di daerah yang berada di luar batas perkotaan. (Sugihen, 1996).
  3. 3. Sedangkan pedesaan adalah tempat dimana terdapat jumlah penduduk kurang dari 2500 orang, ditandai dengan derajat intimitas pergaulan antarwarga yang tinggi, dan pusat kepentingannya adalah pertanian (Paul Landis, dalam Leibo, 1995)
  4. 4. Ciri-Ciri Desa
  5. 5. Terdiri dari sekelompok rumah, sejumlah lumbung padi, dan gudang-gudang yang dipakai bersama, disamping terdapat lahan yang dimiliki sendiri. Terdapat lahan pekarangan untuk lahan usaha dalam mendukung kehidupan dan kebutuhan sehari-hari.
  6. 6. • Lahan usaha tani biasanya terdapat jauh atau terpisah dari pusat permukiman. • Sering pula di sekitar lahan usaha tani terdapat padang penggembalaan. • Terdapat hutan semak belukar yang merupakan sumber energi bagi pemukim desa (Smith dan Zopf, 1970; Sugihen, 1996).
  7. 7. Ciri-ciri masyarakat desa
  8. 8. Lingkungan umum dan orientasi thp alam Berhubungan kuat dengan alam; dibimbing oleh kepercayaan dan hukum-hukum alam Mata Pencaharian Pada umumnya bertani secara tradisional dan tidak efisien atau lazim disebut subsistence farming Ukuran komunitas Komunitas pedesaan lebih kecil dibandingkan dengan perkotaan Kepadatan penduduk Kepadatan penduduk lebih kecil dibandingkan dengan perkotaan Homogenitas Persamaan ciri-ciri sosial dan psikologis, bahasa, kepercayaan, adat istiadat. Interaksi sosial Solidaritas lebih dibangkitkan oleh adanya kesamaan kebiasaan, tujuan, dan pengalaman Pelapisan sosial Tidak terlalu tajam dibandingkan dengan masyarakat kota
  9. 9. Mobilitas Sosial Pada masyarakat desa lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat kota Pengawasan sosial Lebih kuat, karena kontak pribadi yang intens bersifat informal Pola Kepemimpinan Ditentukan oleh kualitas pribadi dan atas dasar kriteria keturunan Standar kehidupan Orientasi dan standar hidup yang sederhana Kesetiakawanan sosial Gotong royong lebih kuat dan tanpa pamrih Sistem nilai Nilai agama dipegang kuat, nilai ekonomi yang sederhana
  10. 10. PERKOTAAN
  11. 11. • Kota adalah suatu wilayah yang merupakan pusat kegiatan pemerintahan, ekonomi, dan budaya.
  12. 12. Ciri masyarakat perkotaan antara lain mata pencaharian penduduk beragam, umumnya di bidang non agraris, jumlah penduduk sangat besar, terdapat keragaman status sosial dan ekonomi, bersifat individualistis, terbuka, dinamis, dan sangat beragam (heterogen).
  13. 13.  Untuk menentukan penggunaan lahan di perkotaan, harus diperhatikan faktor alami penggunaan lahan, yaitu sebagai berikut. • Faktor lokasi menyangkut situs-situs alami dan situasi yang mendukung kemudahan fasilitas kota. • Faktor fisiografi meliputi keadaan wilayah yang berhubungan dengan bentuk lahan, keadaan tanah, dan tata airnya. • Faktor sumber daya alam dan manusia sebagai pendukung aktivitas yang berlangsung di wilayah tersebut.
  14. 14. Ciri Masyarakat kota : • Kehidupan keagamaan berkurang dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa. • Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Yang penting disini adalah manusia perorangan atau individu.
  15. 15. • Pembagian kerja di antara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata. • Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa.
  16. 16. • Interaksi yang lebih banyak terjadi berdasarkan pada faktor kepentingan daripada faktor pribadi. • Pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu.
  17. 17. • Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kotakota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh.
  18. 18. THANK’s

×