Temulawak
1. Untuk Obat Sakit Pinggang
Bahan:
a. 1 rimpang temulawak
b. 1 rimpang kunyit
c. segenggam daun kumis kucing
Ca...
Kencur dan Sirih
1. Pengolahan Kencur untuk Asma
Bahan :
a. Kencur secukupnya
b. 2 sendok makan Madu murni
c. 1 butir telu...
Daun Pepaya
1. Untuk Obat Influenza
Bahan :
a. 1 lembar Daun pepaya
b. 2 batang meniran
Cara Pengolahan :
1 lembar Daun pe...
Daun Jeruk Nipis, Kangkung dan Cocor Bebek Untuk Sakit Kepala
Bahan : Daun Jeruk nipis 1/2 gengam dan Jeruk Nipis 1
butir....
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Temulawak

231 views
179 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
231
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Temulawak

  1. 1. Temulawak 1. Untuk Obat Sakit Pinggang Bahan: a. 1 rimpang temulawak b. 1 rimpang kunyit c. segenggam daun kumis kucing Cara Membuatnya: Rebus semua bahan dengan 1 liter air, saring dan minum segelas setiap hari 2. Untuk Obat Sakit Kepala dan masuk angin Bahan: a. temulawak secukupnya. Cara membuatnya: Cuci bersih temulawak, potong tipis-tipis, jemur dan dikeringkan, setelah itu ditumbuk halus sampai jadi tepung. Kemudian rebus 4 sendok tepung temulawak dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas air, saring dan kemudian minum selagi hangat. 3. Obat Sakit Maag Bahan: a. 1 rimpang temulawak. Cara membuatnya: Cuci bersih temulawak, potong tipis-tipis. Rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih, saring dan minum segelas sehari. 4. Obat Sembelit Bahan : a. 1 rimpang temulawak b. biji sawi. Cara membuatnya : tumbuk temulawak dan biji sawi sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya, saring dan minum selagi hangat.
  2. 2. Kencur dan Sirih 1. Pengolahan Kencur untuk Asma Bahan : a. Kencur secukupnya b. 2 sendok makan Madu murni c. 1 butir telur ayam kampong d. 1/4 Jerik nipis  Cara pembuatan : Kencur dicuci bersih lalu parut dan peras airnya. Hasil perasannya dicampur madu dan telur ayam dan jangan lupa campur juga perasan jeruk nipis lalu aduk sampai semuanya benar benar tercampur.  Cara menggunakan : Minum ramuan tersebut pada sore dan malam menjelang tidur Ramuan obat alami asma 2 2. Pengolahan Sirih untuk Asma Bahan : a. 7 lembar daun sirih b. 1 sendok teh lada putih c. Minyak kayu putih secukupnya  Cara pembuatan ramuan ini adalah; Gerus lada putih dan daun sirih hingga halus. Hasil gerusan tadi dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya.  Cara menggunakan ramuan ini adalah sebagai obat luar yaitu balurkan ramuan ini di dada dan leher penderita asma.
  3. 3. Daun Pepaya 1. Untuk Obat Influenza Bahan : a. 1 lembar Daun pepaya b. 2 batang meniran Cara Pengolahan : 1 lembar Daun pepaya dan 2 batang meniran dipotong kecil kecil, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. minum setengah gelas 3 kali sehari. Bahan : a. 3 lembar daun papaya Cara Pengolahan : 3 lembar daun pepaya ditumbuk halus, kemudian saring airnya, campurkan sedikit garam dan gula merah. Minum 3 kali sehari.
  4. 4. Daun Jeruk Nipis, Kangkung dan Cocor Bebek Untuk Sakit Kepala Bahan : Daun Jeruk nipis 1/2 gengam dan Jeruk Nipis 1 butir. Pengolahan : Daun Jeruk Nipis digerus halus, kemudian masukkan ke dalam gelas dan dibubuhi perasan air jeruk nipis, Kemudian Gosokan ramuan tersebut ke Bahu, Tengkuk dan pelipis. Lakukan 2 kali sehari. Bahan : Daun dan batang kangkung sebanyak ½ genggam, Pengolahan : Cuci sampai bersih kemudian asapkan sebentar. Makan sebagai lalapan bersama dengan nasi 2- 3 kali sehari sebanyak yang diperlukan. Bahan : Daun cocor bebek 10 lembar, Pengolahan : Cuci sampai bersih lalu digiling sampai halus, selanjutnya bubuhi dengan garam secukupnya. Lalu gunakan ramuan tersebut untuk menggosok pelipis dan dahi sebanyak 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

×