• Save
Guide chrono cross
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Guide chrono cross

on

  • 520 views

 

Statistics

Views

Total Views
520
Slideshare-icon Views on SlideShare
520
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Guide chrono cross Guide chrono cross Document Transcript

    • Strategy Guide Chrono CrossAllow semuanya.....Ada yang pernah main game Chrono Cross ga???NeH, Aku kasih strategy nya...Selamat membaca....DISK 1Di awal game, timmu adalah Serge, Kid dan seorang karakter random. Jalan ke kiri untukmelihat pilar cahaya yang harus dimatikan. Pergi ke kanan dan teruskan sampai mencapai pilartersebut, cek untuk memadamkannya. Kembali ke ruang sebelumnya dan pergi ke teleporter ditengah ruangan. Lalu buka pintu.Serge akan terbangun karena panggilan ibunya. Cek tempat tidur untuk mendapat 200G. Turunke bawah dan bicaralah dengan Marge(ibu Serge). Pergi ke bar, ambil uplift dengan mencekbarel di tengah(4x).,dan heckran bone di tempat tidur. Masuki rumah di sebelahnya dan bicaradengan pria di basement untuk mendapat shark tooth.Temui Radius untuk berlatih. Kalian juga bisa merekrut Poshul dengan memberi heckran bone,namun sebaiknya tak usah dilakukan dilakukan(kalian bisa merekrutnya nanti) Lalu temuiLeena di dermaga, ia akan meminta 3 komodo scale untuk membuat kalung.Pergi ke Lizard Rock. Untuk menangkap komodo pertama, dorong batu menutup lubang tempatia melarikan diri, lalu kejar dari arah sebaliknya. Untuk yang kedua, panjat pohon dan pergi ketebing, lalu loncat ke arahnya. Sedang untuk yang terakhir harus dikejar sampai dapat. Setelahmengalahkan Komodo Pup ketiga, Serge akan dihadang Mama Komodo.
    • Keluar lewat jalan di kiri dan pergi ke Opassa Beach. Saat berbicara dengan Leena, Serge akanterhisap pintu dimensi dan muncul di Another World. Kembali ke Arni Village, di sini parapenduduk tak mengenalmu. Temui Leena di dermaga, ia mengatakan Serge telah mati 10 tahunlalu.Pergi ke Cape Howl untuk melihat makamnya, ia akan dihadang Karsh, Solt dan Peppor, namunia akan dibantu Kid. Usai pertempuran tolak tawaran Kid untuk pergi bersama(ambil pilihankedua 3x).Paginya Leena akan membangunkanmu dan bergabung denganmu, begitu juga Poshul. Temuipria dibasement rumah di sebelah bar dan tunjukkan shark tooth, Mojo akan bergabung.Singgah ke Hydra Marshes dan temui Captain di puncak pohon untuk mendapat safety gear,agar kalian bisa melintasi rawa tanpa keracunan.Kini pergi ke Fossil Valley. Mula-mula naiki tangga(pilih yes, we are). Di dekat fossiltengkorak naga mereka akan bertemu Skelly, tengkorak yang memintamu mencari bagian-bagian tubuhnya. Ambil bellflower di kiri atas, dan turun ke sarang burung raksasa untukmendapat big egg(saat melawan Dodo, jangan menyerangnya dengan element atau ia akanmembalas dengan peck yang berdamage besar).Turun lagi lewat tangga dan pergi ke pintu keluar, mereka akan dihadang Solt dan Peppor. Lalulanjutkan ke Termina, saat masuk mereka akan bertemu Glenn yang mencari Bell Flower.Teruskan ke utara dan bicara dengan pria di dekat patung Viper, Kid akan bergabung danmemberi Serge teleporter untuk mengganti anggota tim di world map/save point. Pergi ke kanandari toko element dan teruskan sampai makam Dario, berikanBellflower pada Glenn.
    • Tujuan berikut adalah Viper Manor, dan ada 3 jalur yang bisa diambil:1. Jalur gerbangTemui Pierre di smithy, lalu bicara dengan anak di halaman samping untuk mendapat herosmedal. Berikan benda itu pada Pierre untuk merekrutnya. Pergi ke Viper Manor lewat pintudepan, kalahkan Solt, Peppor dan Kechop. Lalu mereka akan menunggu hingga malam.2. Jalur sumurJalan ke arah dermaga(kiri dari bar), naiki tangga ke kapal dan bicara dengan anak buah Nikki,Miki akan memintamu mencari Nikki. Pergi ke Shadow Forest di timur, dan ikuti Nikki, bantuia mengalahkan prajurit. Lalu ikuti ia ke gua, Nikki akan bergabung. Masuki lagi gua dan ambilaroma pouch di peti serta baca catatan di dekatnya untuk mendapat angry scapula.Cek salah satu tumbuhan untuk mendapat aromanya, lalu pancing monster sesuai warna aromatersebut. Untuk mudahnya, cek tumbuhan hijau di kanan air terjun, lalu masuki gua dan cekmonster hijau, pancing ia ke arah monster yang menutupi jalan di kiri. Monster itu akanterbangun, kalahkan ia. Teruskan, di pintu gua lain kalian akan dihadang Zoah, Solt dan Peppor.Di dalam gua kalahkan Wraith, lalu dorong batu menutupi pintu sarang monster. Lanjutkanhingga dasarsumur, mereka akan menunggu hingga malam.3. Jalur tebingTemui Guile di bar, dan rekrut ia. Kembali ke makam Dario, lewati jalan di kolong rumah untuktiba di tempat Korcha, sewa perahunya. Korcha akan membawamu ke tebing di belakang ViperManor. Ini mungkin jalur terberat, karena selain musuh, kamu juga dihujani batu dari atas.Setelah mengalahkan penjaga, lawan Kingmoamon, lalu mereka akan menunggu hingga malam.Jalur manapun yang dipilih, pergi ke kandang naga. Bicara dengan pak tua di sana, lalu berimakan naga.
    • Setelah tugas itu usai, ambil Manor key dari lemari di kanan atas.Masuki Viper Manor dengan kunci tersebut, cek pintu dan masukkan sembarang kode, merekaakan terjebak. Kalahkan para prajurit untuk mendapat pakaian mereka. Jalan ke kiri, temuiGlenn di kantin, lalu ikuti ia ke kamar prajurit dan baca tulisan di dinding.Kembali ke pintu dimana kalian terjebak dan jalan ke kanan dulu. Bicara dengan prajurit didepan ruang harta, saat ditanya, cukup diam saja, maka kalian bisa memasuki ruang tersebut.Ambil armor, shield, dan sword di patung. Cek pendant di dinding, kalian akan tiba di ruanganLuccia. Kalahkan monster Luccia, lalu buka kandang Pip di pojok ruangan.Kembali ke pintudengan patung ular, putar patung sesuai passwordmu tadi. Masuki pintu danjalan ke perpustakaan di kiri. Bicaralah dengan Marcy dan Prosphet akan menjelaskan tentangdimensi lain. Kalahkan Marcy, Prosphet akan memberitahumu untuk menekan sebuah saklar dibalik pilar.Kembali ke ruang sebelumnya(kalian akan bertemu Harlequin) dan tekan tombol di balik pilar,elevator akan turun. Naik ke atas dan masuki ruang penyimpanan Dragon Tear, lawan Shadowof Lynx. Usai pertempuran, mereka akan kabur dengan menyandera Lynx, namun di atap Lynxakan melukai Kid. Mereka akan terjun ke laut dan ditolong Korcha.Serge akan tersadar di Guldove. Keluar dan temui rekanmu, ternyata Kid terkena racun Hydra,dan hanya hydra humour yang bisa menyelamatkannya. Kid akan memberimu astral amulet.Saat Korcha menanyaimu, pilihanmu akan menentukan jalan berikutnya.1. Ambil jawaban pertama(2x), Serge akan mengembalikan astral amulet. Keluar dan bicaradengan Trading Girl untuk mendapat pelvic bone. Temui Korcha untuk meminjam perahunya.Meski Korcha menolak, Macha akan mengantarmu dan akan menunggumu di dermaga. TemuiDirea di tenda kiri atas, lalu kembali ke dermaga dan bicara dengan Macha untuk pergi keTermina.
    • Pergi ke pintu masuk Termina untuk melihat event Glenn. Lalu pergi ke arah makam Dariountuk melihat event Greco, dan temui ia di rumahnya untuk merekrutnya. Kembali ke dermagadan bicara dengan Macha, ambil pilihan pertama, Glenn dan Macha akan bergabung. Kalianbisa menggunakan perahu ke manapun.2. Ambil jawaban kedua, temui Direa di tendanya, lalu bicara dengan Korcha di dermaga untukmengantarmu ke Termina. Rekrut Greco(kalian tak bisa merekrut Glenn). Pergi ke OpassaBeach dan gunakan astral amulet untuk kembali ke Home World.Pergi ke Hydra Marshes, panjat pohon ke kiri dan kalahkan Bubbabeeba, lalu ambil beeba fluteyang ditinggalkannya. Jalan ke puncak pohon di kanan atas dan gunakan beeba flute di tengahtempat ini. Wingapede akan muncul, kalahkan ia lalu berdiri di tengah, kalian akan jatuh kelubang.Jalan ke kanan bawah, bicara dengan Razzly dan lawan Pentapus. Lalu bebaskan Razzly, iaakan bergabung. Panjat ke atas, ke kanan dan terjun ke bawah. Jalan ke kanan dari save pointuntuk melawan para Dwarf, lalu ikuti Dwarf Chieftain dan kalahkan Hydra. Cek tubuhnyauntuk mendapat hydra humour.Kembali ke Another World dan temui Korcha di termina untuk kembali ke Guldove. BerikanHydra humour pada Doc untuk menyembuhkan Kid. Lalu temui Kid. Malamnya Mel akanmencuri elemen milik Kid. Paginya saat bertemu Mel, ambil pilihan pertama lalu kedua. Pergike kemah Direa dan bicara dengan penjaganya, lalu kembali untuk melihat Mel. Kembali ketenda Macha untuk menangkapnya.Temui Korcha di dermaga untuk mengantarmu ke Termina. Lihat event dengan Glenn di pintumasuk Termina, lalu kembali temui Korcha, ia akan bergabung lagi dan kalian bisamenggunakan perahunya denganbebas.
    • Jalur manapun yang kamu ambil, pergi ke Hermits Hideout. Kalahkan Harle. Lalu temuiRadius. Setelah itu temui Luccia di atap Viper Manor, ikuti ia ke ruangannya untukmerekrutnya. Pergi ke area berkabut di selatan tempat ini. Di Zelbess, kapal bajak laut, lawanbeberapa anak buah Farga, termasuk Farga sendiri nantinya. Meskipun menang, Serge cs akanpingsan karena racun.Saat sadar, kapal ini tengah diserang hantu. Keluar dari ruanganmu, baca pesan di pintuterkunci.Tolong semua awak kapal, lalu bicara dengan mereka untuk mengetahui pemegangkunci kapal. Pemegang kunci tersebut adalah seseorang di lantai 2. Setelah mendapat kunci,kembali dan masuki pintu terkunci tadi.Di perjalanan, jangan lupa tangkap Pip untuk merekrutnya. Lalu lanjutkan ke dek dan tolongFarga, kalahkan Dead Head. Farga akan menyarankanmu untuk menemui Water Dragon.Kembali dulu ke Guldove. Tergantung pilihanmu dulu, bila memilih jawaban pertama(merekrutMacha), Kid dan Doc akan bergabung. Sedang bila memilih jawaban kedua(merekrut Korcha),bawa Kid dan temui Mel untuk merekrutnya.Pergi ke Opassa Beach dan gunakan astral amulet di warp hole untuk pindah ke Home World.Pergi ke Arni dn temui seorang nelayan di dekat Leena untuk mengantarmu ke Water DragonIsle yang tengah diserang para Dwarf. Kalahkan mereka, juga Hi-O-Tank milik mereka, temuiRosetta. Lalu temui Water Dragon yang akanmemberimu ice breath dan frog prince.Kembali ke Another World. Gunakan perahu dan mendaratlah di Pyre Shore, lalu masukiMount Pyre.Gunakan ice breath untuk membekukan lava agar kalian bisa lewat. Di sini Sergeakan dihadang Solt dan Peppor. Usai mengalahkan mereka, lanjutkan untuk melawan MiniDragon. Pulihkan diri, karena berikutnya Serge akan dihadang Karsh, Zoah dan Marcy. Dipintu keluar mereka akan bertemu Harle, ambil pilihan pertama.
    • Masuki Fort Dragonia. Di lantai dasar ada 4 pilar cahaya yang harus dipadamkan.1. ruang paling kiriDi sini kalian harus mencek sebuah panel untuk membuka jalan. Bila tidak pas, ganti susunanformasimu (urutan head, body, tail) dengan tombol select atau menggunakan lantai biru di luarruangan itu. Mula-mula kalian harus membuka jalan ke sebuah salar yang bisa menurunkantangga. Setelah menurunkan tangga, kembali dan berikutnya atur jalan agar bisa membuka jalanke sebuah panel. Tekan panel itu untuk menurunkan lantai di tengah. Cek pilar di tengah untukmemadamkannya.2. Ruang kiri atasBuka/tutup peti untuk menggerakkan jembatan dan mencapai ruangan dekat pintu masuk. Didalam lawan Giant Gloob(gunakan elemen merah).3. Ruang kanan atasKalahkan Taurusoid, jangan menyerang dengan elemen karena ia akan memulihkan diri.4. Ruang kananAtur arah jatuhmu agar tiba di tempat pilar tersebut.Usai keempatnya dipadamkan, masuki ruang di tengah dan kalahkan Sun of A Gun. Matikanpilar kelima, lalu gunakan lift ke atas. Matikan pilar keenam seperti dalam mimpi Serge, namunsebelumnya kalahkan Bunyip. Lalu masuki teleporter untuk mencapai puncak menara.Masuki ruangan dan lawan Viper, lalu Lynx. Usai pertempuran, Lynx akan mengambil alihtubuh Serge. Sebagai Lynx, Serge akan berhadapan dengan timmu tadi dan pasti kalah. DarkSerge(Lynx) akan melukai Kid dan mengirim Serge ke dimensi lain. Di sini jatuhkan buah berrydari pohon dengan menggoyangnya, dan saat Sprigg keluar untuk mengambilnya, cepat masukirumahnya.Saat meninggalkan rumahnya, Sprigg akan bergabung. Dorong sebuah batu di puncak ke arahbatu yang menghalangi jalan ke peti berisi revive. Lalu masuki menara untuk bertemu Harle.
    • Ikuti kemanapun bayangan Serge pergi dan masuki pintu yang sama, maka Harle akanbergabung. Teruskan dan terjun lewat lubang di bawah untuk keluar di Hydra Marshes, HomeWorld.Pergi ke Opassa Beach dan coba gunakan astral amulet, ternyata Serge tak bisa pergi keAnother World. Pergi ke Arni Village dan temui Marge, Radius akan menantangmu. Kalahkan,maka ia akan bergabung. Pergi ke Termina dan temui Zappa di Smithy untuk merekrutnya.Rekrut juga Yan di mansion dekat situ.Bicara dengan semua orang yang kau temui, termasuk prajurit Porre, lalu pergi ke Viper Manor.Turun lewat sumur. Kalian bisa pergi menolong seorang pria yang terjebak di sarang monster.Caranya coba cek monster dekat aliran air di kanan, sampai monster itu meloncat ke lubang.Pria yang kamu tolong akan memberimu Mushroom. Berikan pada pria di gua di belakang airterjun di Shadow Forest, maka Funguy akan bergabung.Kembali dan masuki sewer, lalu keluar ke penjara. Bawa Radius menemui Norris, ia akanmenceritakan apa yang terjadi dan akan bergabung. Gunakan perahu di dermaga Termina untukbepergian. Pergilah ke Marbule dan bicara dengan Toma, tanyakan semua hal padanya. Lalutidur di gubuk dekat pintu masuk. Malamnya Serge akan melihat seekor putri duyung. PaginyaIrenes, duyung itu, akan memanggilmu.Ikuti ia ke Zelbess, kapal milik Farga. Lihat event di ruangan Farga. Lalu masuki ruangan dekatlimit area dan bicara dengan Old Man. Ia akam masuk ke Grand Slam dan kalian tak bisamengikutinya, jadi temui Farga. Ia akan menantangmu berjudi untuk izin memasuki areatersebut. Ikuti ia ke kasino, dan kalian pasti kalah.Lihat pertunjukan sulap Sneff, lalu ke inn untuk melihat event. Kembali ke tempat Sneff, iaakan mengubahmu jadi kucing. Pergi dulu menjelajahi kapal ini, terutama ke dapur, ambilfrying pan di peti. Bicara juga dengan bos kucing yang akan memberimu item. Kembali ke inn,naik ke loteng dan ambil handle.
    • Temui Sneff di ruangannya untuk mengembalikan wujudmu. Tantang lagi Farga, kali ini kalianakan menang. Pergi ke Grand Slam dan kejar Sage, lalu kalahkan ia untuk mendapat fiddlercrab.Masuki Grand Slam arena dan tantang Janice dalam perang antar monster, sebelumnya pastikanSprigg sudah menguasai kemampuan monster-monster yang dcukup kuat, misal Taurminatordan Airframe. Kalahkan ia dalam 3 ronde, maka ia akan bergabung.Gunakan kereta gntung di tiang kapal untuk tiba di tempat Nikki. Usai pembicaraan Irenes akanbergabung. Pergi ke kasino untuk bertemu Sneff, lalu ikuti ia ke ruangannya untuk mengajaknyabergabung. Bila sudah, pergi ke Dead Sea dan gunakan fiddler crab. Masuki area ini, namunjalan mereka akan dihalangi pedang Masamune. Radius menyarankan untuk mencari pedangEinlazer di Isle of The Damned.Bawa Radius ke Hermits Hideout untuk mengambil Garais keepsake. Lalu pergi ke Isle of theDamned, gunakan Garais keepsake untuk menembus dinding kaca. Temukan makam Garai dankalahkan ia untuk mendapat Einlazer.Pergi dulu ke El Nido Triangle dan ambil star fragment. Lalu ke Sky Dragon Isle dan kalahkanMega Starky, maka Starky akan bergabung. Kalian juga bisa pergi ke Fort Dragonite kalau maudan memecahkan teka-teki seperti sebelumnya, lalu ke basement dan letakkan big egg di deviceyang tengah untuk mendapat Draggy.Kini pergi ke Dead Sea dn buka jalan dengan Einlazer. Masuki area ini, di perjalanan kalianakan dihadang Hyghwayman yang cukup kuat. Di salah satu ruangan kalian bisa mendapatinformasi ttentang Lavos. Masuki Tower of Geddon dan ikuti sosok anak kecil, masuki portal.Beristirahatlah di enetron, lalu ikuti ketiga sosok anak kecil. Temui mereka, lalu Miguel(ayahLeena) akan muncul dan menceritakan kejadian 14 thun lalu. Lawan ia, dan gunakan elemenuntuk melemahkan efek
    • magicnya. Setelah ia kalah, tempat ini akan hancur, namun Sky Dragon akan menolong Sergecs.Kini kalian bisa pergi ke Another World. Pergi ke Another World dan singgah ke Arni Village,kalian akan tahu bahwa para penduduk bersembunyi dari anak buah Dark Derge.Pergi ke Hydra Marshes dan naik ke puncak pohon, lalu terjun ke bawah dan lawan De-Hydrate.Lalu teruskan hingga melawan Snob Goblin dan Snib Goblin. Ambil life sparkle. Cari jugagood backbone di rawa dekat peti berisi tablet.Pergi ke Termina dan dan masuki bar. Temui Karsh dan Zoah di ruang rahasia. Mereka akanmemberi tear of hate dan kalian bisa memilih salah satu dari mereka untuk bergabung sekarang.Kembali ke Viper Manor dan letakkan life sparkle di kolam di atap untuk mendapat NeoFio.Ambil dragoon gauntlet di kamar Karsh, dan jika kamu membawa Zoah, buka peti di kamarnyauntuk mendapat Toss&Spike.Temui Norris di ruangannya, ia akan memberi prison key. Lalu turun ke sewer lewat lubangventilasi di depan kamar prajurit atau di dapur. Dorong 2 tong ke air untuk membentuk jalanmu.Tutup pintu air, lalu naik lewat tangga di kiri atas, ambil parlor key di peti kayu dekat tong.Kembali ke dapur dan turun lagi ke sewer. Kali ini kalian harus membuka/menutup pintu airuntuk mencapai sel. Kalahkan Roachester lalu naiki tangga menuju sel Farga. Keluar dari sinidan masuki pintu dekat save point, kalahkan Hells Cook. Usai pertempuran Orcha akanbergabung.Setelah Norris(another) dan Riddle pergi, lari ke pintu utara, hadapi penjaga lalu Grobyc,disusul Guillot(2x). Di perpustakaan, naiki tanga ke atas dan lihat event. Grobyc akanbergabung. Pergilah ke Guldove dan Kalahkan Orlha, ia akan memberimu Saphire Brooch.
    • Bila ingin mengumpulkan seluruh bagian tubuh Skelly, ambil angry scapula di gua di balik airterjun di Shadow Forest(bila tadi tak mengambil jalur Nikki). Ambil juga mixed bone di guakiri atas di Isle of the Damned. Terakhir, pergi ke Water Dragon Isle dan bicara denganseseorang yang akan memberimu sturdy ribs. Kini pergi ke rumah di kanan atas Termina danbicara dengan wanita di sana, Skelly akan datang dan bergabung.Bila sudah, pergi ke Hermits Hideout dan bicaralah dengan Riddle, ia akan bergabung.Beristirahatlah, Kid dan Dark Serge akan menyerang, namun Farga akan menyelamatkan Sergecs. Di SS Zelbess, Viper, Fargo, Marcy dan Karsh/Zoah akan bergabung.Lihat event, Harle akanmeninggalkan tim. Temui Sky Dragon di Sky Dragon Isle, ia akan menyuruh Serge menemuisemua Dragon.1. Water DragonTemui ia di Water Dragon Isle(Home World) dan kalahkan ia. Bawa Farga dan curi blueplate(mengabsorb semua serangan elemen biru). Bila menang akan mendapat blue relic dan bluewhale.2. Earth DragonPergi ke Earth Dragon Isle dan masuki pasir hisap. Jalan kalian akan diblokir Rockroach, jadikembali ke permukaan lewat lubang yang menyemburkan pasir di sebelah kanan. Bicaralahdengan pemimpin ekspedisi, tinggalkan tempat ini lalu masuk lagi.Masuki gua bawah tanah lewat pasir hisap lagi. Bicara dengan seseorang untuk mendapateksplotive. Kalahkan seekor Rockroach lalu dorong cangkangnya untuk menutup pancaranpasir. Rockroach kedua harus dilawan saat ia berada di pinggir, lalu dorong cangkangnya kelubang di bawah. Untuk Rockroach terakhir, ledakkan dengn explosive.Setelah ketiga lubang pancaran pasir tersumbat, sebuah pancaran baru akan muncul. Gunakanpancaran itu untuk tiba di sisi seberang. Temui dan lawan Earth Dragon, curi yellowplate(mengabsorb elemen kuning). Bila menang akan mendapat thundersnake dan yellow relic.
    • 3. Fire DragonPergi ke Mount Pyre(Another World) dan tantang Fire Dragon. Setelah berubah bentuk ia akanmengcounter tiap serangan elemen biru dengan fiery blast. Gunakan elemen untuk menurunkanattack power dan magic powernya. Curi juga red plate(mengabsorb elemen merah) darinya.Setelah menang, akan mendapat Salamander dan red relic.4. Black DragonBawa Farga menemui Farga(Home World), Zelbess akan berlayar menuju marbule. Nikki akanmelakukan konser, pergi ke Marbule dan kalahkan semua(9?) monster sampai terdengar suaranaga. Kembali ke Zelbess dan rekrut Miki. Kini pergi ke Marbule(Another World) dan kalahkanBlack Dragon, curi black plate(mengabsorb elemen hitam) darinya. Setelah menang, kalian aknmendapat grimreaper dan black relic.5. Green DragonPergi ke Hydra Marshes(Home World) dan kalahkan Bubbabeeba untuk mendapat beeba flute,jika kalian belum mendapatkannya. Gunakan di puncak pohon, di tengah-tengah untukmemancing Wingpede, jatuhkan diri lewat lubang. Lalu kembali ke tempat tadi dan lawanBubbabeeba lagi untuk mendpat ancient fruit. Pergi ke cabang dimana ada Bubbabeeba lain dangunakan beeba flute, seekor Wingpede akan mengantarmu ke Gaea;s Novel. Di sini Leah akanbergabung.Bunuh semua monster, lalu ke kanan dari save point dan hadapi Tyrano. Setelahmengalahkannya, barrier yang menghalangi kalian akan hilang. Hadapi Green Dragon, curigreen plate(mengabsorb elemen hijau). Tiap ia menggunakan yellow field segera gunakanelement dengan warna lain. Juga gunakan aksesori untuk menangkal status. Setelah menangakan mendapat genie dan green relic.Kembali ke tempat kamu mendarat di pulau ini tadi dan gunakan beebaflute untuk kembali keHydra Marshes.
    • 6. Sky Dragon IslePergi ke Sky Dragon Isle(Another World) untuk menantangnya. Gunakan elemen untukmengurangi magic powernya dan curi white plate(mengabsorb elemen putih) darinya. Setelahmenang akan mendapat saints dan white relic.Pergi ke Guldove (Another World) dan tunjukkan Tears of hate pada Direa, ia akanmemberiDragon Emblem. Lalu pergi ke Guldove(Home World) dan tunjukkan dragon emblempada penjaga untuk masuk ke tenda. Di dalam temui Steena untuk merekrutnya, dan kalian akanmendapat dragon tears.Bila mau, kalian bisa pergi ke Earth Dragon Isle(another) dan menantang Creospinx di tempatEarth Dragon. Ia merupakan monster yang sangat tangguh, namun ia hanya menyerang denganserangan fisik dan elemen kuning. Jadi equipkan yellow plate dan gunakan trap element. Ataukalian bisa melawannya nanti bila sudah cukup kuat.Pergi ke Fort Dragonia dan kalahkan Dark Serge. Lalu pergi ke puncak menara dan masukiruangan dimana kamu melawan Lynx dulu. Serge akan mendapatkan kembali wujud aslinya,dan dragon tears akan berubah jadi tears of love.Kini kalian bisa menggunakan seluruh karakter yang sudah pernah kamu rekrut. Pergi keGuldove(Another World) dan kembalikan saphire broach pada Orlha, maka ia akan bergabung.Kumpulkan semua elemen level 7 para karaktermu. Kalian juga bisa mengganti namakaraktermu, caranya masuki pintu di balik meja di Viper Manors Library dan bicara denganBeach Bun di basement.Bawa Karsh ke Isle of the Damned(Another World) dan lawan Solt dan Peppor, maka Karshakan mendapat Axiomatic.Lalu bawa Riddle ke Forbidden Island(Home World), pulau kecil ditimur laut Fort Dragonite untuk bertemu Dario. Ia akan kerasukan Masamune, kalahkan ia.Gunakan bad eye dan weaken untuk melemahkannya. Equipkan juga black plate untukmengabsorb serangannya.
    • Sea Swallow Serge akan berubah jadi Mastermune, dan Riddle akan mendapat Snake Fangs.Kini bawa Steena ke Isle of the Damned dan cek makam Garai, Steena akan mendapat GaraisShadow. Untuk tech level 5 Steena yaitu Hydra shadow bisa dipelajari dengan mengalahkanHydra di Hydra Marshes. Pergi ke Dead SeaRuins dan masuki Fate Distortion.DISK 2Mendaratlah di Past Fate dan cek limas biru. Lalu ke Present Fate dan cek limas merah.Terakhir ke Future Fate dan cek limas hijau. Lawan Vita Duo. Gunakan elemen lain tiap iamenggunakan green field.Setelah ia kalah barrier akan hilang.Kini masuki Time Fortress Chronopolis dan Lawan Polis Police. Lanjutkan turun ke bawah dangunakan robot pembersih untuk menekan saklar agar kalian bisa melanjutkan perjalanan. Naikke lantai 2 dan cek panel untuk melepas security level 2. Kini kalian bisa menggunakan lift.Naik ke lantai 3 dan ambil rainbow shell di salah satu ruangan.Naik ke lantai 4 dan masuki ruangan sebelah kanan. Usai event, jalan ke kiri, ruangan sebelahkiri dijaga 2 orang dan kamu tak bisa masuk. Turunke lantai 1 dan pergi ke dermaga(ruang yangada save point), bicara dengan chief sampai ia pergi. Naik lagi, jangan lupa ambil strongarm(bawa Grobyc untuk mengambilnya) di lantai 2. Di ruang yang sama ada lemari besi, kodeuntuk membukanya adalah 00(entah ini random atau tidak).Kembali ke lantai 4, kini ruang tadi bisa dimasuki. Kalahkan Combot lalu ambil keycard.Kembali ke lift dan turun ke B1(basement). Hadapi Fate, ia akan melakukan countdown danakan melakukan serangan hebat saat hitungan mencapai nol. Kalahkan ia dan lihat event, TerraTower akan muncul dari dasar laut dan keenam dragon beserta Harlequin akan bergabung jadiLunar Dragon.Temui Kid di Hermits Hideout, kalian akan diteleportasi ke dalam mimpi masa lalu Kid. Cek
    • mesin dekat pintu dan masukkan kode L1, segitiga, R1, segitiga untuk mendapat Hotshot.Masuki kamar Lucca dan ambil ice gun. Kalahkan para monster, temukan semua anak, merekaakan memberimu item.Turun ke basement lewat kamar sebelah kanan, dan gunakan ice gun untuk memadamkan api.Temukan Kid. Setelah event Kid akan sadar kembali. Saat keluar, gunakan ice gun di tanahyang terasa panas. Pergi ke Viper Manor dengan membawa Kid dan temui Luccia untukmendapat surat dari Lucca. Lalu pergi ke Hermits Hideout(Home World) dengan membawaPoshul. Cek tumbuhan di tanah, Poshul akan menggali dan kalian akan mendapat TurnipKembali ke Another World dan masuki Divine Dragon Falls (air terjun dekat Arni Village),pasang tears of love dan tears of hate di kedua tiang, kalian akan mendapat Chrono Cross. Pergike Viper Manor dengan membawa NeoFio dan Turnip, cek kolam di atap. Turnip akanmenguasai Veg Out.Bawa Starky ke El Nido Triangle dan siapkan elemen merah pada karaktermu. Kalahkan RoyalJelly yang hanya bisa dilukai oleh elemen merah. Setelah itu Starky akan memasang perangkatanti gravitasi padaperahumu. Masuki Terra Tower.Di menara, mula-mula kalian akan dihadang Terrator(kuning). Berikutnuya lawanmu adalahPyrayot(merah). Setelah itu kalian akan tiba di tempat yang mirip Viper Manor. Bicaralahdengan Prophet(Belthasar). Usai penjelasan darinya, tinggalkan tempat ini dan pergi ke tempatAnemotor(hijau). Kalahkan ia lalu maasuki teleporter. Save.Ambil jalan ke kiri, teruskan sampai melawan Gravitor(hitam). Kembali ke tempat semula, kaliini jalan ke kanan sampai menghadapi Luxator(putih), kalahkan. Kembali dan kini masukibangunan di tengah, lawan Aquator(biru). Lihat urutan warna teleporter.Gunakan teleporter untuk mencapai puncak menara. Lawan Time Devourer yang bisa berganti-ganti elemen. Frozen Flame akan menghilang. Belthasar akan memberi time egg untuk
    • mengejarnya.Kini pergi ke Opassa Beach(Home World) dengan membawa Kid. Bicaralah dengan Crono,Marle dan Lucca. Lalu gunakan time egg di spot ungu untuk mencapai tempat TimeDevourer(Lavos). Kalian bisa mengalahkan ia, atau kalau ingin mendapat good ending, kalianharus menyusun elemen di layar atas dengan urutan warna kuning, merah, hijau, biru, hitam,putih, dan Chrono Cross.Cara untuk menyusunnya, mula-mula tingkatkan level elemen dengan menyerangnya. Tunggusampai ia mengeluarkan Omega Yellow/elemen kuning, lalu gunakan elemen merah, hijau, biru,hitam, putih dan terakhir Chrono Cross. Akan lebih baik lagi jika elemen yang kalian gunakanadalah healing/support elemen yang bisa dipasang di level 1. Pasang juga Chromo Cross dilevel 1.Save, setelah ini kalian bisa memainkan New game plus atu Continue plus, dengan tambahanmempercepat atau memperlambat permainan dengan tombol L2/R2. Kalian juga diberi timeegg, dengan item ini kalian bisa menantang Time Devourer kapan saja untuk mendapat berbagaiending, gunakan time egg di spot ungu di Opassa Beach