Penting & Gentingnya Pelayanan Anak

1,137
-1

Published on

Anak-anak Penting bagi Tuhan
Anak-anak Genting bagi Penginjilan
Anak-anak Genting bagi Pembinaan
Anak-anak Genting bagi Pengutusan

Published in: Spiritual
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,137
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
179
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Penting & Gentingnya Pelayanan Anak

  1. 1. JOHAN SETIAWAN
  2. 2. Cerdas Tangkas Alkitab Berapa kali catatan Alkitab menyebutkan bahwa Yesus marah? Apa sajakah peristiwa yang menjadi latar belakang kemarahan Yesus?
  3. 3. MARKUS 10:13-16 13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang- orang itu. 14 Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang- halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.
  4. 4. Anak-anak Penting bagi Tuhan  Tuhan marah jika ada yang menghalangi anak- anak datang kepada-Nya MRK 10:13-14
  5. 5. MARKUS 10:13-16 15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya.” 16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.
  6. 6. Anak-anak Penting bagi Tuhan  Tuhan marah jika ada yang menghalangi anak- anak datang kepada-Nya MRK 10:13-14  Tuhan senang menyambut, memberkati, dan mengasihi anak-anak MRK 10:15-16
  7. 7. MATIUS 18:1-6 1 Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?” 2 Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka 3 lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.
  8. 8. Anak-anak Penting bagi Tuhan  Tuhan marah jika ada yang menghalangi anak- anak datang kepada-Nya MRK 10:13-14  Tuhan senang menyambut, memberkati, dan mengasihi anak-anak MRK 10:15-16  Tuhan senang dengan keberadaan dan kerohanian anak-anak MAT 18:1-5
  9. 9. MATIUS 18:1-6 5 Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.” 6 “Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.”
  10. 10. Anak-anak Penting bagi Tuhan  Tuhan marah jika ada yang menghalangi anak- anak datang kepada-Nya MRK 10:13-14  Tuhan senang menyambut, memberkati, dan mengasihi anak-anak MRK 10:15-16  Tuhan senang dengan keberadaan dan kerohanian anak-anak MAT 18:1-5  Tuhan mengutuk orang yang menyesatkan anak-anak MAT 18:6
  11. 11. Anak-anak Genting bagi Penginjilan  Riset Dan Brewster (Compassion International) menunjukkan bahwa 60-85% orang dewasa yang menerima Kristus mengambil keputusan antara usia 4 dan 14 tahun (dipopulerkan dengan sebutan Jendela 4/14).  Kebanyakan orang memutuskan apa yang akan mereka lakukan terhadap Yesus sebelum mereka memasuki usia SLTA. Apakah: o mengikuti-Nya dengan segenap hati, atau o sekadar mengetahui fakta-fakta tentang Dia, atau o mengabaikan/menolak Dia
  12. 12. Anak-anak Genting bagi Penginjilan Sumber: Myers, B.L.: State of the World’s Children; IBMR
  13. 13. Maka dari itu ... Penting sekali membimbing seseorang untuk menerima Kristus ketika mereka muda. Jika seseorang tidak menerima Kristus sebelum usia remaja awal, kemungkinan dan keterbukaan untuk hal itu makin kecil dalam usia selanjutnya.
  14. 14. Anak-anak Genting bagi Pembinaan  Perkembangan moral dan spiritual: Perkembangan moral-spiritual dimulai sejak usia 2 tahun. Prosesnya mengalami kemajuan yang cukup cepat. Fondasi moral seseorang pada umumnya ditentukan ketika ia mencapai usia 9 tahun.  Perkembangan kepribadian: 90% otak dibentuk sebelum usia 3 tahun, 85% kepribadian dewasa dibentuk hingga usia 6 tahun. Usia anak adalah usia yang paling strategis untuk membentuk kepribadian seseorang. Usia anak akan cepat berlalu, karena itu memerlukan perhatian yang lebih mendesak dari kelompok-orang lainnya.
  15. 15. Maka dari itu ... Jika mau memiliki pengaruh besar terhadap moral-spiritual seseorang lebih baik mempengaruhinya pada saat ia masih terbuka dan mudah dibentuk, yaitu pada usia anak. Jika pembentukannya ditunda hingga mereka semakin dewasa, prosesnya akan semakin kompleks karena fondasinya sudah terbentuk dan menyatu dengan hidupnya.
  16. 16. Perbandingan Iman dan Kepercayaan antara Anak 13 Tahun dan Orang Dewasa Pernyataan Sangat Setuju Sangat Tidak Setuju Grup Iman kepercayaan merupakah hal yang penting dalam hidup Anda. 69% 5% Dws 68% 7% Anak Alkitab sepenuhnya benar dalam semua pengajarannya. 45% 13% Dws 45% 8% Anak Anda memiliki tanggung jawab pribadi untuk menceritakan iman Anda kepada orang lain. 34% 27% Dws 40% 13% Anak Jika seseorang cukup banyak melakukan kebaikan, ia akan mendapat tempat di surga. 37% 26% Dws 35% 24% Anak Sumber: Survei Nasional yang dilakukan Barna Group antara tahun 2001-2003
  17. 17. Anak-anak Genting bagi Pembinaan  Ada kemiripan yang luar biasa konsisten antara iman kepercayaan orang dewasa dan anak 13 tahun. Kondisi kerohanian kelompok usia 13 tahun dapat memperkirakan secara kuat kondisi kerohanian mereka ketika dewasa.  Penyerapan informasi dan prinsip Alkitab pada umumnya memuncak pada masa pra remaja.  Kebiasaan-kebiasaan yang menyangkut pertumbuhan rohani dan keterlibatan dalam kegiatan gereja terbangun pada usia muda dan hanya sedikit berubah ketika usia semakin dewasa.
  18. 18. Maka dari itu ... Pembinaan rohani yang dalam dan kuat sangat perlu dilakukan pada tingkat usia anak hingga remaja awal. “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” AMSAL 22:6
  19. 19. Anak-anak Genting bagi Pembinaan  Intervensi semasa anak dapat mencegah kerusakan yang akan hampir tidak bisa diperbaiki jika dibiarkan hingga tingkat usia selanjutnya. Kemajuan yang signifikan dapat dicapai secara fisik, intelektual, emosional, sosial-ekonomi, dan semua aspek perkembangan seseorang jika dilayani pada masa anak. Melayani anak memberikan kesempatan yang luar biasa berharga untuk menolong dan memberkati mereka, keluarganya, komunitasnya, dan negaranya.
  20. 20. garis depan Jika kita ingin memenangkan pertempuran, kita perlu memenangkan garis depan medan pertempuran kita. Di manakah garis depan medan pelayanan kita?
  21. 21. Anak-anak Genting bagi Pelayanan  Alkitab memperlihatkan bahwa Tuhan melaksanakan penyataan dan karya-Nya melalui anak-anak: Samuel, Daud, Yosia, Daniel dkk., budak Naaman, anak yang membawa 5 roti dan 2 ikan, dll.  Penginjilan kepada teman sebaya oleh anak-anak merupakan salah satu penginjilan yang paling efektif.  Banyak orang tua yang menjadi tertarik dan akhirnya menerima Kristus karena melihat anak-anak mereka sangat diubahkan oleh hubungan dengan Tuhan.  Banyak orang dewasa yang memilih gereja berdasarkan kualitas dari pelayanan anaknya.
  22. 22. Dalam masa hidup manakah seseorang paling terbuka terhadap Injil? Dalam masa hidup manakah seseorang mengalami perkembangan moral dan spiritual yang terbesar? Dalam masa hidup manakah seseorang berada dalam hubungan yang paling natural bagi pembimbingan rohani? Jawaban dari setiap pertanyaan di atas adalah: MASA ANAK-ANAK! Dengan mengatahui hal ini, apakah yang semestinya kita lakukan terhadap anak-anak?
  23. 23. Tanggapan yang Seharusnya UNICEF: “Investasi untuk menolong anak-anak adalah hal yang benar secara moral untuk dikerjakan. Selain itu, ini juga merupakan investasi ekonomi yang bagus, dengan nilai pengembalian keuntungan yang sangat tinggi.” GEORGE BARNA: “Jika Anda ingin mempengaruhi dunia secara menetap, Anda harus menginvestasikan diri dalam kehidupan orang; dan jika Anda ingin memaksimalkan investasi Anda, maka Anda harus menginvestasikan diri dalam hidup mereka ketika mereka masih muda.
  24. 24. Tuhan inilah Samuel, kuserahkan pada-Mu. Segala cita-citanya, masa depannya, menjadi milik-Mu. Jadikan Samuel terang-Mu di tengah keg’lapan dunia. Membawa bangsa-bangsa kepada-Mu, Tuhan ini kerinduanku. Bagi-Mu Tuhan seluruh hidup Sam, Pakailah Tuhan bagi kemuliaan-Mu. Genapi seluruh rencana-Mu, Sampai bumi penuh kemuliaan-Mu
  25. 25. JOHAN SETIAWAN
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×