Fondasi Pernikahan

2,158
-1

Published on

Marriage Covenant
Sermon on Evan & Monica's wedding ceremony
Saturday, April 7, 2012

Published in: Spiritual
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,158
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
235
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Fondasi Pernikahan

  1. 1. : Ya. Akhirnya. Rasanya begitu sulit menunggu.Sebelum Pernikahan : Apakah kau ingin aku pergi? : Tidak! Jangan sekali pun berpikir tentang itu. : Apakah kau mencintaiku? : Tentu saja! Berulang-ulang kali! : Pernahkah kau mengkhianatiku? : Tidak! Mengapa kau sampai menanyakannya? : Maukah kau menciumku? : Setiap ada kesempatan. : Apakah kau akan memukulku? : Kau gila! Aku bukan orang seperti itu! : Dapatkah aku percaya padamu? : Ya : Sayang …
  2. 2. : Ya. Akhirnya. Rasanya begitu sulit menunggu.Sesudah Pernikahan : Apakah kau ingin aku pergi? : Tidak! Jangan sekali pun berpikir tentang itu. : Apakah kau mencintaiku? : Tentu saja! Berulang-ulang kali! : Pernahkah kau mengkhianatiku? : Tidak! Mengapa kau sampai menanyakannya? : Maukah kau menciumku? : Setiap ada kesempatan. : Apakah kau akan memukulku? : Kau gila! Aku bukan orang seperti itu! : Dapatkah aku percaya padamu? : Ya : Sayang …
  3. 3. Fondasi Pernikahan Bagian manakah yang terpenting dalam seluruh rangkaian ibadah pemberkatan nikah? Bagian manakah yang merupakan fondasi sebuah pernikahan? Penting untuk dihayati, bukan hanya bagi Evan dan Monica yang akan membuat perjanjian, tetapi juga bagi yang sudah menikah maupun yang berencana menikah.
  4. 4. Matius 19:3-123 Maka datanglah orang-orang Farisi kepada-Nya untuk mencobai Dia. Mereka bertanya: “Apakah diperbolehkan orang menceraikan isterinya dengan alasan apa saja?”4 Jawab Yesus: “Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”7 Kata mereka kepada-Nya: “Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?”
  5. 5. Matius 19:3-128 Kata Yesus kepada mereka: “Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”10 Murid-murid itu berkata kepada-Nya: “Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin.”11 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.”
  6. 6. Janji PernikahanSaya mengaku di hadapan Allah dan jemaat-Nya,mengambil Engkau sebagai istriku/suamiku yangsah dan satu-satunya.Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan, saya hidupbersamanya mulai hari ini dan seterusnya,baik pada waktu senang maupun susah, kelimpahanmaupun kekurangan, sehat maupun sakit,saya akan senantiasa mengasihimu, melindungimu/menghormatimu, sampai maut memisahkan kita.Inilah janji kesetiaan yang saya ucapkan dengantulus hati.
  7. 7. Saya mengaku di hadapan Allah dan jemaat- Nya, mengambil Engkau sebagai istriku/ suamiku yang sah dan satu-satunya …Pernikahan bukan didasarkan pada perasaansaja melainkan pada perjanjian. Tingkat keintiman berbanding lurus dengan tingkat komitmen bukan tingkat perasaan. Perasaan (“kebahagiaan”, romantisme) bukan hal yang permanen. Pernikahan (antara dua pendosa) bukan hal yang mudah.
  8. 8. Saya mengaku di hadapan Allah dan jemaat-Nya, mengambil Engkau sebagai istriku/suamiku yang sah dan satu-satunya …
  9. 9. Saya mengaku di hadapan Allah dan jemaat-Nya, mengambil Engkau sebagai istriku/suamiku yang sah dan satu-satunya …
  10. 10. Saya mengaku di hadapan Allah dan jemaat-Nya, mengambil Engkau sebagai istriku/suamiku yang sah dan satu-satunya …
  11. 11. Saya mengaku di hadapan Allah dan jemaat- Nya, mengambil Engkau sebagai istriku/ suamiku yang sah dan satu-satunya …Perjanjian bukan penjara melainkan pengaman. Saya berubah, pasangan saya berubah, situasi kehidupan berubah.  Apakah kita dapat mempertahankannya? Setiap pernikahan akan mengalami masa susah.  Apakah kita dapat melaluinya? Perjanjian menjadi dasar untuk berharap dan membangun kembali.  Pertanyaannya bukan lagi apakah melainkan bagaimanakah.
  12. 12. DIETRICHBONHOEFFER, Letters and Papers from Prison Cinta datang darimu, tetapi pernikahan dari atas, dari Tuhan. … Bukan cinta yang mempertahankanpernikahan, namun sejak saat ini, pernikahan yang akan mempertahankan cinta. Love comes from you, but marriage from above, from God. … It is not your love that sustains the marriage,but from now on, the marriage that sustains your love.
  13. 13. Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan, saya hidup bersamanya mulai hari ini dan seterusnya, …Matius 19:3-53 Jawab Yesus: “Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?4 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.5 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”
  14. 14. Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan, saya hidup bersamanya mulai hari ini dan seterusnya, …Karya Tuhan dalam pernikahan: Tuhan yang menciptakan laki-laki & perempuan (ay 3) Tuhan yang menetapkan pernikahan (ay 4)  meninggalkan ayah dan ibunya  bersatu dengan pasangannya Tuhan yang menyatukan dua pribadi (ay 5)
  15. 15. Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan, saya hidup bersamanya mulai hari ini dan seterusnya, …Kolose 1:16 … di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.Efesus 5:31-32 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
  16. 16. Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan, saya hidup bersamanya mulai hari ini dan seterusnya, …Tujuan Tuhan dalam pernikahan:Suami dan istri … Menjadi (becoming) pribadi yang sesuai rancangan-Nya, mencerminkan Tuhan Melakukan (doing) pelayanan yang sesuai rancangan-Nya, memuliakan Tuhan Menyatakan (displaying) hubungan Kristus dengan jemaat
  17. 17. Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan,saya hidup bersamanya mulai hari inidan seterusnya, … Pernikahan mengajar kita: • Mengasihi • Menghormati • Menyatakan dosa kita • Mengampuni • Memiliki hati hamba • Mengenal Tuhan • Menyadari kehadiran Tuhan • Mengembangkan panggilan hidup
  18. 18. Selanjutnya sesuai dengan Firman Tuhan,saya hidup bersamanya mulai hari inidan seterusnya, … Kita perlu belajar melihat pernikahan sebagai disiplin rohani, di mana Tuhan membentuk hidup kita makin serupa Kristus. Hidup berdekatan dengan seseorang 24/7 bisa menjadi tantangan rohani terbesar yang kita hadapi.
  19. 19. … saya akan senantiasa mengasihimu, melindungimu/menghormatimu, baik pada waktu senang maupun susah, kelimpahan maupun kekurangan, sehat maupun sakit, sampai maut memisahkan kita. Tidak ada janji pernikahan jika tidak ada “dalam keadaan susah”, “kekurangan”, “sakit”. “Seumur hidup”, bukan “sepanjang masih saling mencintai”. Perjanjian (“Saya bersedia”) lebih besar dari komitmen (“Saya berusaha/mencobanya”). Kebahagiaan adalah hasil sampingan dari kebersamaan, ketenteraman, kesetiaan, pengorbanan.
  20. 20. Robertson & Mauriel McQuilkinRobertson McQuilkin mengundurkan diri darikedudukannya sebagai Rektor di UniversitasInternasional Columbia karena ingin merawatistrinya, Muriel, yang sakit Alzheimer.Muriel sudah seperti bayi, tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan untuk makan, mandi, dan buang air punia harus dibantu. Robertson memutuskan untukmerawat istrinya dengan tangannya sendiri, karenaMuriel adalah wanita yang sangat istimewa baginya.
  21. 21. Robertson & Mauriel McQuilkinNamun pernah suatu kali ketika Robertson membersihkanlantai bekas ompol Muriel dan di luar kesadaran Murielmalah menyerakkan air seninya sendiri, maka Robertsontiba-tiba kehilangan kendali emosinya. Ia menepis tanganMuriel dan memukul betisnya, guna menghentikannya.Setelah itu Robertson menyesal dan berkata dalam hatinya,“Apa gunanya saya memukulnya, walaupun tidak keras,tetapi itu cukup mengejutkannya. Selama 44 tahun kamimenikah, saya belum pernah memukulnya karena marah,namun kini di saat ia sangat membutuhkan saya, sayamemperlakukannya demikian. Ampuni saya, ya Tuhan.”Lalu tanpa peduli apakah Muriel mengerti atau tidak,Robertson meminta maaf atas hal yang telah dilakukannya.
  22. 22. Robertson & Mauriel McQuilkinPada tanggal 14 Februari 1995, Robertson dan Muriel,memasuki hari istimewa karena pada tanggal itu di tahun1948, Robertson melamar Muriel. Dan pada hari istimewaitu Robertson memandikan Muriel, lalu menyiapkan makanmalam dengan menu kesukaan Muriel dan pada malamharinya menjelang tidur ia mencium dan menggenggamtangan Muriel lalu berdoa, “Tuhan Yesus yang baik, Engkaumengasihi Muriel lebih dari aku mengasihinya, karena itujagalah kekasih hatiku ini sepanjang malam dan biarlah iamendengar nyanyian malaikat-Mu. Amin!”Pagi harinya, ketika Robetson berolah-raga denganmenggunakan sepeda statisnya, Muriel terbangun daritidurnya. Ia berusaha mengambil posisi yang nyaman,kemudian melempar senyum manis kepada Robertson.
  23. 23. Robertson & Mauriel McQuilkinUntuk pertama kalinya setelah selama berbulan-bulan Muriel yang tidak pernah berbicaramemanggil Robertson dengan suara yang lembut danbening, “Sayangku ... Sayangku ....”Robertson melompat dari sepedanya dan segeramemeluk wanita yang sangat dikasihinya itu.“Sayangku, kau benar-benar mencintaiku bukan?”tanya Muriel.Setelah melihat anggukan dan senyum di wajahRobertson, Muriel berbisik, “Aku bahagia!”Dan ternyata itulah kata-kata terakhir yangdiucapkan Muriel kepada Robertson.
  24. 24. … Inilah janji kesetiaan yang saya ucapkan dengan tulus hati.Melalui pengucapan perjanjian, kita menanamkan masadepan di dalam diri kita.Ishak: “Adikmu telah datang dengan tipu daya dan telah merampas berkat yang untukmu itu. … maka kepadamu, apa lagi yang dapat kuperbuat, ya anakku?”(Kej 27:35-37)Maleakhi: Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu. (Mal 2:14)Yesus: Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. (Mat 5:37)

×