Aplikasi kasus dasar dasar perencanaan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Aplikasi kasus dasar dasar perencanaan

on

  • 2,820 views

Tugas Pengantar Manajemen -- Semester I D3 Akuntansi STIE Pelita Indonesia

Tugas Pengantar Manajemen -- Semester I D3 Akuntansi STIE Pelita Indonesia

Statistics

Views

Total Views
2,820
Views on SlideShare
2,820
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
45
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Aplikasi kasus dasar dasar perencanaan Aplikasi kasus dasar dasar perencanaan Presentation Transcript

  • Aplikasi Kasus Dasar-Dasar Perencanaan MasterCard setelah IPODisusun Oleh : RositaDewiProgam Studi : D3 Akuntansi InformatikaKelas : CS-2NIM : 1101034
  • Isu-Isu Pokok Berdasarkan pada artikel yang berjudul “MenyempurnakanRencana… Tak Ternilai Harganya” dari buku “Manajemen” karanganStephen P. Robins/Mary Coulter tersebut, didapatkan beberapa isu-isupokok, antara lain :1. Perusahaan MasterCard yang bergerak dalam bidang Financial Service yang sebelumnya merupakan sebuah asosiasi keanggotaan berubah menjadi perusahaan publik pada bulan Mei 2006.2. Perubahan bentuk perusahaan yang melaui IPO ini akan merubah sistem perusahaan tersebut nantinya, baik dalam sistem keuangan, manajemen, maupun dalam pengambilan keputusan.
  • 3. Untuk menyebarluaskan pemahaman bentuk perubahan-perubahan yang akan terjadi kepada berbagai pihak, termasuk para karyawan, phak perusahaan mengadakan seminar pembelajaran besar-besaran di setiap cabangnya sekalipun.4. Dalam pelaksanaan acara tersebut, mereka membutuhkan suatu perencanaan agar nantinya acara tersebut berjalan dengan efisien sekaligus efektif sehingga tujuan yanh diinginkan dapat tercapai.5. Pelatihan ini membahas tiga topik, diantaranya Universe of Opportunity yang menggambarkan bentuk perusahaan yang bersaing serta menjawab tantangan/peluang industri, Bagaimana Kita Menghasilkan Uang yang akan memfokuskan pada model keuangan dan program yang sesuai, dan yang terakhir Iklim Baru, Budaya Baru, Perusahaan Baru yang akan membicarakan strategi perusahaan sebagai perusahaan publik dan hal yang diperlukan untuk mengejar strategi tersebut
  • Informasi Lain Tentang Mastercard• MasterCard Worldwide merupakan organisasi keanggotaan (semacam koperasi dengan anggota perusahaan-perusahaan) yang dimiliki oleh lebih dari 25.000 institusi keuangan yang menerbitkan kartunya.• MasterCard adalah merek dari kartu kredit yang diterbitkan perusahaan tersebut.• Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh United California Bank, Wells Fargo, Crocker National Bank, dan Bank of California, dengan tujuan untuk menyaingi BankAmericard yang diterbitkan oleh Bank of America. BankAmericard sekarang adalah kartu kredit VISA yang diterbitkan oleh Visa International.
  •  Pada tahun 2006, MasterCard International melakukan perubahan nama dengan nama baru, MasterCard Worldwide. Ini dilakukan dalam rangka untuk menunjukkan skala operasi yang lebih global. Perusahaan tersebut memiliki penawaran umum perdana pada tanggal 25 Mei 2006 seharga $ 39,00 USD di bawah pimpinan Robert W. Selander . Saham ini diperdagangkan pada NYSE di bawah simbol MA. MasterCard berkantor pusat di Purchase New York USA, perusahaan ini menangani pembayaran antara pihak bank merchant dengan pihak bank pembeli yang menggunakan kartu kredit atau kartu debit berlogo MasterCard dalam transaksi jual beli.
  •  Banga akan menggantikan Robert W. Selander yang telah menjabat sebagai CEO MasterCard sejak Maret 1997. Sehubungan dengan transisi tersebut, Selander akan menjabat sebagai Executive Vice Chairman MasterCard dan melanjutkan menjabat sebagai Board of Directors MasterCard sampai dengan waktu pengunduran dirinya pada akhir tahun ini. MasterCard Incorporated mengangkat Ajay Banga sebagai President and Chief Executive Officer (CEO) yang baru dan berlaku efektif pada 1 Juli 2010. MasterCard juga mengumumkan bahwa peraih gelar B.A Economics Honors dari Delhi University akan segera menjadi Board of Directors MasterCard. Perusahaan publik atau Perusahaan terbuka adalah perusahaan yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh masyarakat. Penjualan saham ke masyarakat dilakukan dengan cara Initial Public Offering (IPO). IPO adalah proses penawaran saham perusahaan kepada masyarakat untuk pertama kali.
  • Berikut ini adalah daftar Jenis Kartu Kredit MasterCard. Standar. Ini adalah jenis kartu kredit untuk pemula. Apakah Anda mahasiswa atau hanya mulai keluar pada kredit, ini adalah kartu yang akan sesuai dengan Anda. Gold. Setelah Anda memperoleh cukup baik sejarah kredit, Anda sekarang dapat beralih dari Kartu Kredit Standard Anda ke Kartu Emas dan menikmati keuntungan tambahan. Platinum. Kartu ini menawarkan yang terbaik setiap kartu yang ditawarkan. Plus memberikan Anda daya beli diperpanjang untuk barang- barang mahal. Anda juga dapat memperoleh poin yang dapat ditukar dengan imbalan setiap kali Anda menggunakan MasterCard Platinum. Dunia. Ini adalah kartu premium yang mewujudkan mimpi Anda tentang kerumitan-bebas belanja. Dunia MasterCard menawarkan pengeluaran tidak pre-set dan seluruh manfaat pribadi baru.
  • Perumusan Masalah1. Peran apakah yang dimainkan tujuan dalam perencanaan untuk acara pelatihan ini? Sebutkan beberapa tujuan yang Anda anggap penting !2. Jenis rencana apa yang diperlukan untuk benar-benar melaksanakan acara tersebut? Jelaskan mengapa anda menganggap rencana ini penting?3. Tantangan apa yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan acara tersebut? Bagaimana bila acara itu dilakukan di lokasi global yang berbeda sepanjang kerangka waktu yang singkat? Bagaimana sebaiknya mereka menyiapkan tantangan tersebut?4. Apa yang diajarkan cerita kasus ini tentang perencanaan?
  • Landasan TeoritisDalam buku Stephen P. Robbins/ Mary Coulter dijelaskan :• Tujuan yang dinyatakan adalah pernyataan resmi tentang apa yang dikatakan organisasi—dan yang ingin diyakini para pemangku kepentingan—tentang tujuannya.• Tujuan sebenarnya (riil) adalah tujuan yang secara aktual dikejar oleh organisasi, seperti yang didefenisikan oleh tindakan para anggotanya.• Rencana strategis adalah rencana yang diterapkan pada seluruh organisasi dan menetapkan tujuan keseluruhan organisasi.• Rencana operasional adalah rencana yang meliputi are operasional tertentu dari sebuah organisasi.
  • Rencana jangka panjang adalah rencana dengan jangka waktu lebih dari tiga tahun.Rencana jangka pendek adalah rencana yang berjangka waktu satu tahun atau kurang.Rencana spesifik adalah rencana yang didefenisikan secara jelas dan tidak memberikan ruang bagi interpretasiRencana arahan adalah rencana yang fleksibel dan memberikan panuduan umum.Rencana sekali pakai adalah rencana satu kali yang secara spesifik didesain untuk memenuhi kebutuhan dalam situasi unik.Rencana siaga adalah rencana berkelanjutan yang memberikan panduan untuk aktivitas yang dilakukan berulang kali.
  • Karakteristik tujuan yang ditulis dengan baik, antara lain:• Ditulis dalam istilah hasil bukan tindakan• Dapat diukur dan dikuantifikasi• Jelas sebagai kerangka waktu• Menantang namun dapat dicapai• Dicatat• Dikomunikasikan kepada semua anggota organisasi yang memerlukannya
  • Analisa dan Pembahasan1. Dalam perencanaan acara pelatihan ini, tujuan memainkan peran utama sebagai sasaran pokok, di mana tujuan di sini mengambil tujuan strategis karena berhubungan tidak hanya dengan kinerja keuangan tetapi semua bidang kinerja lainnya, dengan digambarkan sebagai “tujuan sebenarnya” karena tujuan MasterCard saat itu adalah membuat para karyawan memahami bagaimana perubahan yang terjadi setelah proses IPO tersebut sehingga mereka mengambil tindakan untuk mencapai dan mengejar tujuan tersebut dengan melakukan pelatihan itu.
  • Tujuan yang saya anggap penting yaitu: Menciptakan pemahamanbagi karyawan terhadap perubahanyang akan terjadi setelah MasterCard menjadi perusahaan publikdalam kerangka waktu tiga minggu, yang mencakup : ~Karyawan memahami bagaimana bentuk perusahaanyang bisa bersaing dengan perusahaan lain serta bagaimana bentuktantangan/peluang industri yang muncul dan bagaimana caramenghadapinya. ~Karyawan memahami perubahan model keuangan danprogram yang relevan dengan industri setelah IPO tersebut. ~Karyawan memahami strategi bisnis sebagai perusahaanpublik dan bagaimana cara mengejar strategi tersebut.
  • 2. Berdasarkan kasus tersebut, jenis rencana yang digunakan yaitu rencana strategik karena masalah yang akan dibahas mencakup semua aspek dalam perusahaan, dimana setelah IPO ini maka semua sistem akan berubah sesuai dengan perkembangannya. Jika dilihat berdasarkan kerangka waktunya maka rencana ini termasuk kepada rencana jangka pendek karena pelatihan ini sendiri dilakukan dalam jangka waktu tiga minggu, namun pada tindakan nantinya rencana ini akan berdampak terus dalam jangka waktu yang lama, karena adanya kemungkinan penambahan karyawan sehingga pemahaman itu sendiri harus diteruskan kepada generasi yang baru. Berdasarkan spesifisitasnya, rencana ini digolongkna kepada rencana arahan karena bersifat mengikuti perkembangan proses lingkungannya serta dibantu dengan panduan-panduan umum dari pihak atas maupun dari sekitarnya.
  • Berdasarkan frekuensi penggunaannya, rencana ini termasuk kepadarencana siaga karena nantinya akna dipakai berulang kali setiap adanyapergantian karyawan yang baru. Saya menganggap rencana ini penting karena, sesuatu apapun bilatidak direncanakan belum tentu akan berakhir sesuai dengan harapan kita,termasuk acara pelatihan seperti ini, seandainya tidak direncanakan secaramatang, dikhawatirkan nantinya para karyawan bukannya mengertikondisi apa yang sedang terjadi tetapi mereka malah kebingungan denganberbagai pertanyaan di pikiran mereka. Atau bisa juga bila kita tidakmembuat rencana mungkin waktu yang kita habiskan untuk melakukanpelatihan ini akan berlangsung lama sehingga memakan waktu produksimereka yang pada akhirnya akna mengurangi jumlah penghasilan mereka.
  • 3. Tantangan yang mungkin pihak perusahaan hadapi, menurut saya diantaranya yaitu bagaimana caranya mengefektifkan waktu 4,5 jam dalam setiap pelatihan tersebut sampai karyawan-karyawan tersebut benar-benar memahami, karena pada dasarnya kemampuan setiap karyawan itu berbeda, termasuk kemampuan dalam memahami. Apabila acara tersebut dilakukan di lingkungan global yang berbeda sepanjang kerangka waktu yang singkat, otomatis perencanaan yang telah ditetapkan harus diubah dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan global yang ada si sana Maka dari itu, untuk menyiapkan segala tantangan tersebut, perusahaan harus bisa memahami tingkat kemampuan karyawannya dalam menangkap maksud seminar yang diberikan dengan menurunkan pelatih serta fasilitatir yang berkualitas dan berpengalaman dalam menghadapi kondisi labil seperti itu. Selain itu perencanaan yang dibuat harus memiliki kefleksibelan yang tinggi sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang berubah-ubah
  • 4. Hal-hal tentang perencanaan yang diajarkan dalam kasus ini adalah bagaimana kita menetukan jenis rencana yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan kita. Segala hal itu perlu direncanakan apabila kita ingin mendapatkan hasil akhir yang kita kehendaki, masih belum pasti bila suatu tindakan yang kita lakukan hanya mengikuti alur yang ada akan berakhir pada sasaran yang kita tuju. Dengan adanya perencanaan, kita bisa memperhitungkan langkah-langkah yang harus diambil yang sangat efisien namun efektif yang nantinya juga akan membawa keuntungan bagi kita. Namun, disamping itu suatu perencanaan harus dibuat sefleksibel mungkin agar dapat mengikuti perkembangan dan perubahan lingkungan tanpa harus menyusun perencanaan baru yang sesuai.
  • Kesimpulan dan SaranKesimpulan, dari berbagai penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk segala tindakan yang kita lakukan harus melalui proses perencanaan terlebih dahulu apabila kita menginginkan hasil yang sesuai target. Kitalah yang menyusun skenario kegiatan kita yang telah dipersiapkan dengan ending yang sesuai harapan kita.Saran, dari kesimpulan yang ada, saya memberikan saran bahwa rencana yang disusun harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang kadang berubah-ubah tanpa kita kehendaki, sehingga hambatan apapun yang menggangu tidak akan mengusik rencana yang telah ditetapkan.