Your SlideShare is downloading. ×
0
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Struktur ktsp sma
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Struktur ktsp sma

4,744

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
4,744
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
48
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  STRUKTUR KURIKULUM KTSP DAN MANFAATNYA BAGI GURU
  • 2.  Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
  • 3.  Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan pasal 6 Ayat 1menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah teridri atas:
  • 4.  kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
  • 5.  Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 3 tahun mulai kelas X sampai kelas XII. Struktur kurikulum SMA/MA disusun berdasarkan strandar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
  • 6.  Pengorganisasian kelas –kelas pada SMA / MA dibagi kedalam dua kelompok , yaitu kelas X merupakan program umum yang diiukuti oleh seluruh peserta didik dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terjadi atas empat program: program IPA, Program IPS, Program bahasa, dan program keagamaan khusus untuk MA.
  • 7.  Kurikulum SMA/MA memuat 16 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri Jam pembelajaran utuk setiap mata pelajaran dialokasiakan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimun empat jam pembeljaran perminggu secara keseluruhan. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit Minggu afektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester)adalah 34-38 minggu.
  • 8.  A. Mata Pelajaran  9. Sejarah 1. Pendidikan Agama  10. Geografi 2. Pkn  11. Ekonomi 3. Bahasa Indonesia  12. Sosiologi 4. Bahasa Inggris  13. Seni budaya 5. Matematika  14. Penjaskes 6. Fisika  15. TIK 7. Biologi  16. Keterampilan 8. Kimia bahasan asing  B. Muatan Lokal  C. Pengembangan Diri
  • 9.  Kurikulum SMA/MA kelas XI dan XII program IPA, Program IPS, Program bahasa, dan program keagamaan terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasiakan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkikan menambah maksimun empat jam pembeljaran perminggu secara keseluruhan. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit Minggu afektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester)adalah 34-38 minggu.
  • 10.  A. Mata Pelajaran  9. Sejarah 1. Pendidikan  10. Seni Budaya Agama  11. Penjaskes 2. Pkn  12. TIK 3. Bahasa Indonesia  13. Keterampilan 4. Bahasa Inggris bahasan asing 5. Matematika  B. Muatan Lokal 6. Fisika  C. Pengembangan 7. Biologi Diri 8. Kimia
  • 11.  A. Mata Pelajaran  9. Sosiologi 1. Pendidikan  10. Seni Budaya Agama  11. Penjaskes 2. Pkn  12. TIK 3. Bahasa Indonesia  13. Keterampilan 4. Bahasa Inggris bahasan asing 5. Matematika  B. Muatan Lokal 6. Sejarah  C. Pengembangan 7. Geografi Diri 8. Ekonomi
  • 12.  Beberapa ketentuan dalam pengembangan muatan lokal diantaranya:  Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas , potensi daerah dan prospek pengembangan daerah termasuk keunggulan daerah  Materi muatan lokal tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada  Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan  Bentuk penilaian muatan lokal bersifat kuantitatif
  • 13.  Setiap sekolah dapat melaksanakan lebih dari satu jenis setiap semester sesuai dengan minat siswa dan karaKteristiK sekolah Setiap siswa dapat mengikuti lebih dari satu kegiatan muatan lokal Pembelajaran muatan lokal dapat dilaksanakan oleh guru mata pelajaran, atau tenaga ahli dari luar sekolah yang memiliki kemampuan relevan dengan substansi murid Setiap guru muatan lokal harus mengembangkan silabus rencana pembelajaran.
  • 14.  Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di fasalitasi dan / atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
  • 15.  BAGI SEKOLAH Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan. BAGI GURU Mendorong para guru, kepala sekolah dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program- program pendidikan.
  • 16.  Guru sebagai fasilitator dalam membantu peserta didik membangun pengetahuan. Adanya perubahan paradigma mengajar
  • 17.  BAGI SISWA KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitik beratkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang akseptable ( dapat diterima) bagi kebutuhan siswa. KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dan memberatkan kurang lebih 20 %.

×