Gelombang elektromagnetik

2,842 views
2,618 views

Published on

Gelombang Eletromagnetik

Published in: Education
0 Comments
7 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,842
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
235
Comments
0
Likes
7
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Gelombang elektromagnetik

  1. 1. Intan Saylindri
  2. 2. Teori mengenai gelombang elektromagnetikPertama kali ditemukan oleh James ClerkMaxwell. Hipotesis Maxwell 1. Muatan medan listrik dapat menghasilkan medan listrik disekitarnya, yang besarnya diperlihatkan oleh hukum Coulumb. 2. Arus listrik atau muatan yang mengalir dapat menghasilkan medan magnet disekitarnya yang besar dan arahnya ditujukan oleh hukum Bio-Savart atau hukum Ampere. 3.Perubahan medan magnetik dapat menimbulkan GGL induksi yang dapat menghasilkan medan listrik dengan aturan yang diberikan oleh hukum induksi Faraday.
  3. 3. Maxwell mengemukakan sebuahhipotesis bahwa “Perubahan medan magnetpada dinamo dapat menimbulkan medan listrikdan sebaliknya perubahan medan listrik dapatmenimbulkan medan magnet.” Menurut perhitungan Maxwell.Kecepatan perambatan gelombangelektromagnetikhanya bergantung padaduabesaran, yaitu:• Permitivitas Listrik (Ԑ 0)• Permeabilitas Magnetik (µ0) James Clerk Maxwell
  4. 4. Gelombang elektromagnetik adalah gerakgelombang yang tidak memerlukan mediumperantara dalam perambatannya.
  5. 5.  Osilasi Listrik Sinar Matahari yang menghasilkan sinar infra merah Lampu merkuri yang menghasilkan sinar ultra violet Penembakan elektron dalam tabung hampa pada keping logam menghasilkan sinar X Barang-barang elektonik seperti microwave, radio, antena dan lain lain.
  6. 6. a. Merupakan rambatan medan listrik dan medan magnetik yang saling tegak lurus dan merambat kesegala arah.b. Tidak memerlukan medium dalam perambatannya.c. Merupakan gelombang transversal.d. Dapat dipolaritaskan, dapat didifraksikan, dapat diinterferensikan, dapat dibiaskan, dan dapat dipantulkan.e. Kecepatannya bergantung pada permitivitas medan listrik dan permeabilitas medan magnetik.
  7. 7. a. Sinar Gamma d. Cahaya Tampakb. Sinar-X e. Sinar Infra Merahc. Sinar Ultra Violet f. Gelombang Radio
  8. 8. Spektrum elektromagnetik adalah rentangsemua radiasi elektromagnetik yang mungkin.Spektrum elektromagnetik dapat dijelaskan dalampanjang gelombang, frekuensi, atau tenaga perfoton.
  9. 9. 1. Sinar Gamma → Untuk keperluan Industri, Tekhnik dan Kedokteran.2. Sinar-X → Diagnosa organ dalam tubuh.3. Sinar Ultraviolet → Sterilisasi4. Cahaya Tampak → Untuk membuat alat optik.5. Inframerah → Penelitian struktur atom.6. Radar → Untuk menentukan jarak atau sasaran.7. Radio → Penyampaian pesan atau informasi.
  10. 10.  Dapat menimbulkan cacat mental karena saraf otak kita terganggu. Dapat memicu ledakkan. Dapat mematikan & menggandakan sel jaringan tubuh. Dapat mematikan DNA Dapat meyebabkan luka bakar.
  11. 11. 1. Sebuah gelombang elektromagnetik merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3×108 m/s. Jika panjang gelombangnya 30 m, maka tentukan frekuensi gelomban tersebut? dik: a. c = 3×108 m/s b. λ = 30 m/s dit: f ? jawab: f = c / λ = 3×108 / 30 = 10.ooo.ooo Hz

×