 Nama, organisasi dan posisi
 Sebutkan 3 kata yang bisa menjelaskan
tentang diri Anda
 Apakah gender itu?
 Apakah ketidaksetaraan gender itu?
 Mengapa perlu kesetaraan gender dalam
PRIM?
 Bagaimana mengin...
 Belajar sejak lahir bagaimana tumbuh dan
bertindak menjadi perempuan dan laki-laki.
 Perbedaan peran antara perempuan d...
 Peran sosial yang diberikan kepada perempuan dan laki-
laki akan menyebabkan perbedaan penilaian dari
masyarakat kepada ...
 Supaya programnya lebih efektif dan efisien
 Tersedia lebih banyak sumberdaya baik dari pemerintah
maupun masyarakat
 ...
 Penguatan institusi
 Pelatihan
 Pemerintah, panitia pengadaan, kontraktor dan konsultan
 Asistensi kepada masyarakat
...
 Konsultasi dan pertemuan dengan komunitas
 Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan - SOP
 Rekrutmen dan kontrak pekerja
Diskusikan pertanyaan di bawah ini
Diskusi informal dalam masyarakat
 Bagaimana memastikan perempuan dilibatkan dan
meny...
 Diskusikan saran di bawah sebagai input dalam
menyusun SOP FLLAJ. Apa yang anda setuju dan
apa yang harus dirubah?
 Per...
 Diskusikan saran di bawah. Mana yang anda setuju dan
mana yang perlu dirubah?
 Kontraktor harus memberi informasi tenta...
 Apa yang bisa dilakukan supaya masukan-
masukan tersebut dapat diimplementasikan?
 Siapa yang bertanggungjawab?
Annexe 3 slides indonesian
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Annexe 3 slides indonesian

363 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
363
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
51
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Annexe 3 slides indonesian

  1. 1.  Nama, organisasi dan posisi  Sebutkan 3 kata yang bisa menjelaskan tentang diri Anda
  2. 2.  Apakah gender itu?  Apakah ketidaksetaraan gender itu?  Mengapa perlu kesetaraan gender dalam PRIM?  Bagaimana mengintegrasikan gender dalam PRIM?  Konsultasi dengan masyarakat sipil  SOP - FFLAJ  Merekrut dan mengontrak pekerja
  3. 3.  Belajar sejak lahir bagaimana tumbuh dan bertindak menjadi perempuan dan laki-laki.  Perbedaan peran antara perempuan dan laki-laki dalam keluarga, agama, pekerjaan, dan dalam masyarakat;  Apa yang boleh dilakukan  Apa yang tidak boleh dilakukan  Membentuk stereotip gender/pola pikiran (whiteboard exercise)  Gender menyangkut perbedaan antara perempuan dan laki-laki terkait dengan peran sosialnya. Bukan hanya menyangkut tentang perempuan saja.
  4. 4.  Peran sosial yang diberikan kepada perempuan dan laki- laki akan menyebabkan perbedaan penilaian dari masyarakat kepada mereka  Hal diatas akan berpengaruh terhadap pilihan dan akses terhadap kesempatan yang ada: seperti misalnya memperoleh pendidikan, mencari nafkah, memiliki properti, membuat keputusan dalam rumah tangga serta masyarakatnya  Perbedaan dalam kesempatan dan kekuasaan akan menyebabkan ketidaksetaraan dan ketidakadilan  Perempuan lebih sering dirugikan – tetapi suatu saat laki- laki juga  Perempuan barangkali perlu dukungan untuk ikut berpartisipasi (pemberdayaan)  contoh: dorongan untuk menyampaikan pendapat dalam pertemuan; dukungan untuk mencari pekerjaan atau pelatihan menambah kemampuan mereka; dorongan untuk memimpin
  5. 5.  Supaya programnya lebih efektif dan efisien  Tersedia lebih banyak sumberdaya baik dari pemerintah maupun masyarakat  Mempertemukan kebutuhan perempuan dan laki-laki tidak hanya karena jalan diperbaiki tapi juga untuk memperoleh kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam program  Terpenuhinya hak perempuan untuk dilibatkan dan tidak diabaikan dalam proses pembangunan  Kebijaksanaan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia (komitmen IndII) - desain PRIM and PMM  Monitoring dan evaluasi PRIM termasuk mengenai keterlibatan perempuan dan laki-laki dalam PRIM dan persepsi mereka masing-masing mengenai hasil program.  Karena itu, masuk akalkah jika kita melakukan upaya yang nyata terhadap integrasi kesetaraan gender dalam PRIM?
  6. 6.  Penguatan institusi  Pelatihan  Pemerintah, panitia pengadaan, kontraktor dan konsultan  Asistensi kepada masyarakat  Dukungan kepada FLLAJ (RTTF)  Penguatan dalam pelibatan masyarakat  Dukungan implementasi  Verifikasi oleh tim teknis nasional  Unit Implementasi Program (PIU) termasuk pelatihan dan mentoring untuk pemerintah, konsultan dan kontraktor  Monitoring dan evaluasi
  7. 7.  Konsultasi dan pertemuan dengan komunitas  Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan - SOP  Rekrutmen dan kontrak pekerja
  8. 8. Diskusikan pertanyaan di bawah ini Diskusi informal dalam masyarakat  Bagaimana memastikan perempuan dilibatkan dan menyampaikan pendapatnya dalam diskusi informal? Pertemuan masyarakat resmi  Apakah perempuan punya kesempatan yang sama seperti laki- laki untuk menghadiri pertemuan dalam lingkungannya serta menyampaikan pendapat dan membuat keputusan dalam pertemuan tersebut?  Bagaimana memastikan perempuan dilibatkan dalam diskusi formal?  Bagaimana mendukung perempuan untuk berbicara dalam pertemuan resmi tersebut? Penyebaran informasi kepada masyarakat  Apa perbedaan antara perempuan dan laki-laki dalam memperoleh informasi?  Apa yang harus dilakukan supaya perempuan memperoleh akses informasi mengenai PRIM- misalnya mengenai lowongan kerja?
  9. 9.  Diskusikan saran di bawah sebagai input dalam menyusun SOP FLLAJ. Apa yang anda setuju dan apa yang harus dirubah?  Perempuan dan laki-laki harus diundang dan terlibat secara setara dalam pertemuan dengan FLLAJ di lapangan  Perempuan dan laki-laki harus mendapatkan akses informasi berkaitan dengan FLLAJ, misalnya mengenai penggunaan sistem pengaduan dan SMS  Perempuan harus berpartisipasi sebagai anggota atau observer FLLAJ seperti perwakilan LSM/ Ormas  FLLAJ akan meminta masukan dari individu maupun organisasi perempuan dan kelompok berkebutuhan khusus (seperti penyandang cacat) mengenai kebutuhan mereka.  FLLAJ harus memastikan bahwa kebutuhan khusus perempuan dan penyandang cacat diakomodir seperti akses yang mudah ke pasar.
  10. 10.  Diskusikan saran di bawah. Mana yang anda setuju dan mana yang perlu dirubah?  Kontraktor harus memberi informasi tentang lowongan kerja dalam PRIM secara tertulis, misalnya dalam bentuk leaflet atau pamlet, dan disebarkan supaya seluruh anggota masyarakat mengetahui.  Informasi tertulis memuat dengan jelas:  Posisi lowongan yang tersedia  Kualifikasi /ketrampilan yang diminta  Bagaimana melamar  Besar upah/ gaji  Lowongan terbuka bagi perempuan dan laki-laki  Perempuan dan laki-laki akan mendapatkan upah yang sama untuk pekerjaan yang sama.  Kontraktor perlu mendorong perempuan untuk melamar posisi pengawas/ supervisor  Kontraktor menyimpan bukti iklan lowongan tersebut, mencatat dan membuat laporan jumlah perempuan dan laki- laki yang terlibat dalam pekerjaan PRIM.
  11. 11.  Apa yang bisa dilakukan supaya masukan- masukan tersebut dapat diimplementasikan?  Siapa yang bertanggungjawab?

×