Jaringan nirkabel
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Jaringan nirkabel

on

  • 756 views

 

Statistics

Views

Total Views
756
Views on SlideShare
756
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
14
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Jaringan nirkabel Presentation Transcript

  • 1. JARINGAN NIRKABELJaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengankomunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. GSM CDMA 3G EVDO
  • 2. GSM Global System for Mobile CommunicationSebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital, dimana berstandartsistem komunikasi nirkabel (wireless) yang bersifat terbuka.GSM Merupakan generasi kedua (2G) sistem telepon genggamTeknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagiberdasarkan waktu (TDMA) dan frekuensi (FDMA), sehingga sinyal informasiyang dikirim akan sampai pada tujuannya.
  • 3. Keuntungan gsm1. Dilihat dari sudut pandangnya a. Konsumen i. Kualitas suara digital yang lebih tinggi. ii. Alternatif biaya rendah untuk menelpon dan pengiriman pesan b. Operator i. Kemampuan menerapkan peralatan dari yang berbeda ii. Penawaran jasa roaming2. Dilihat dari kualitasnya dibanding sistem yang lain a. Standart jaringan yang terbuka memberi kesempatan menambah layanan didalamnya b. coveragenya lebih luas c. roamingnya lebih luas d. vendor (operator) yang banyak dan berkompetisi dengan ketat e. aksesorisnya lebih fleksibel dan banyak pilihan
  • 4. CDMA Code division multiple access (CDMA)Sebuah bentuk pemultipleksian (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode aksessecara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi(seperti pada FDMA),namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiapkanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untukmelakukan pemultipleksan.
  • 5. Keuntungan CDMA1. Membutuhkan satu frekuensi untuk beberapa sektor/cell2. Tidak membutuhkan equalizer untuk mengatasi gangguan spektrum sinyal3. Dapat bergabung dengan metode akses lainnya, tidak membutuhkan penghitung waktu (guard time) untuk melihat rentang waktu dan penjaga pita (guard band) untuk menjaga intervensi antarkanal4. Tidak membutuhkan alokasi dan pengelolaan frekuensi5. Memiliki kapasitas yang halus untuk membatasi para pengguna akses6. Memiliki proteksi dari proses penyadapan
  • 6. 3G 3G (Third Generation Technology)Generasi 3G Adanya teknologi 3G sebagai hasil pengembangan teknologi generasi kedua, yaitu hasil perkembangan evolusioner, yang masih menggunakan perangkat jaringan 2G yang diperluas dan hasil perkembangan revolusioner yang memerlukan jaringan dan alokasi frekuensi yang sama sekali baru. Secara evolusioner, IMT-2000 telah menerapkan dua macam evolusi ke 3G, yakni dari 2G CDMA standard IS-95 (cdmaOne) ke IMT-SC (cdma2000) dan dari 2G TDMA standars (GSM/IS-136) ke IMT-SC (EDGE). Secara revolusioner, IMT-2000 membangun alokasi spektrum yang baru terkait tuntutan saluran yang makin luas. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi teleponnirkabel versi ke-tiga[2].
  • 7. Kelebihan 3GMelalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepatke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketikaalat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalankaki.[2]. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yangtentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada penggunaseperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicaradengan orang lain menggunakan video.[3]. 3G mengalahkan semuapendahulunya, baik GSM maupun GPRS.[4]. Beberapa perusahaanseluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringannirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang[5].
  • 8. EVDO EVOLUTION-DATA OPTIMIZEDEVDO adalah singkatan dari Evolution Data Only atau Evolution DataOptimized, adalah sebuah standar koneksi data broadband nirkabelberkecepatan tinggi mencapai 3.1 Mbps yang bekerja pada jaringanCDMA , juga merupakan sebuah standar pada wirelessbroadband berkecepatan tinggi.EVDO satu dari dua macam standarutama nirkabel Generasi ke-3 atau 3G.
  • 9. Kelebihan EVDO 1. Kelebihan EVDO mengirit spektrum frekuensi dari regulator dan amat mahal pastinya, menurunkan biaya pengembangan dan memanfaatkan jaringan baru.