Presentasi kk2 hifisaputra
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Presentasi kk2 hifisaputra

on

  • 356 views

 

Statistics

Views

Total Views
356
Views on SlideShare
356
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Presentasi kk2 hifisaputra Presentasi kk2 hifisaputra Presentation Transcript

    • PRESENTASI KK2 Hifi saputra 17 TKJB
    • OUTPUT DEVICE1. MonitorMonitor adalah alatr yang berfungsi menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks ataugrafik. Terdapat bermacam-macam jenis monitor. jenis yang paling terpopuler, yaitu Cathode RayTube (CRT) yang berbentuk tabung dan Flat Panel / Liquid Crystal Display (LCD) yang memilikibentuk permukaan datar sehingga lebih praktis.
    • 2. PrinterPrinter adalah alat untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer.
    • 3. SpeakerSpeaker adalah unit keluaran yang menghasilkan suara. pasang aplikasi pemutar lagu(misalnya winamp), kemudian dengarkan suara yang keluar dari Speaker komputer anda.
    • 4. PlotterPlotter merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer.Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukupbesar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
    • 5. ProyektorProyektor merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor.Perbedaannya, infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus,media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih(terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard, ataupunkain/layar putih yang dibentangkan.
    • INPUT DEVICE1.KeyboardKeyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan datadengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khususserta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnyayang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboardkomputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan olehChristopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkanoleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenisQWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial,ps2, usb dan wireless.
    • 2. Mouse WirelessMouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat iniadalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selainitu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengankeyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistemoperasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bolakecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran ataupergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dantombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombolpenggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimanapenekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yangditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjukpenekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilahlainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekantombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin keobjek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mousedua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kalidisebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapaport yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
    • 3. TouchpadUnit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitudengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagaipengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenisyaitu pointing stick dan trackball.
    • 4. LightPenLight pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-designgambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkansinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerjadengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    • 5. ScannerScanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teksyang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpandalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannyaadalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapatditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan ataumodifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembarjawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputeradalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umumdan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapatmengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copygambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical CharacterRecognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
    • PROSES DEVICEa.Processor Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yangsangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dariprocessor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino danCore Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputertersebut.
    • b. Motherboard Motherboard adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.
    • c. Random Access Memory (RAM)  RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.
    • d. Read Only Memory (ROM) ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri.
    • e. Sound Card Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer.