Gelombang Elektromagnetik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Gelombang Elektromagnetik

on

  • 8,487 views

this ppt about gelombang elektromagnetik

this ppt about gelombang elektromagnetik

Statistics

Views

Total Views
8,487
Views on SlideShare
8,487
Embed Views
0

Actions

Likes
2
Downloads
331
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • cara download materi ini gmn y ..?
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Gelombang Elektromagnetik Gelombang Elektromagnetik Presentation Transcript

  •  AFIFAHNUR AZIZAH (04) HASRI YULIA SASMITA (11)
  • C) GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
  • GAMBAR GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
  • • Gelombang Elektromagnetik merupakan :a. Gelombang Transversal.b. Gelombang yang dapat merambat dengan kecepatan ( 3 x 108 ) m/s.c. Gelombang yang dapat merambat di ruang hampa tanpa medium, contohnya cahaya matahari.• Gelombang Elektromagnetik adalah perambatan secara transversal antara medan listrik dan medan magnet ke segala arah yang satu sama lain saling tegak lurus.
  • Pada tahun 1804, Thomas Young (1773-1829), ilmuwan Inggris,berhasil mendemonstrasikan interferensi cahaya, yaitu fenomena dimana dua sumber cahaya koheren yang dihasilkan oleh celah gandamembentuk pita terang dan pita gelap secara bergantian pada layar.Selanjutnya ialah Augustin Fresnel (1778-1827), ilmuwan perancis,melakukan percobaan yang mirip dengan percobaan Young. BahkanFresnel-lah yang berjasa dalam memberikan teori matematikatentang interferensi dan difraksi cahaya, dan dia menerimapenghargaan dari Paris Academy pada tahun 1818. THOMAS YOUNGKeduanya mengemukakan teori gelombang transversal cahaya.Keduanya memandang cahaya sebagai gelombang transversalcahaya yang merambat melalui suatu medium. AUGUSTIN FRESNEL
  • Percobaan James Clerk Maxwell (1831 – 1879) seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris (Scotlandia) menyatakan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya yaitu 3 x 108 m/s, oleh karena itu Maxwell berkesimpulan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik Maxwell mengemukakan sebuah hipotesis sbb : “karena perubahan medan magnet dapat menimbulkan medan listrik, maka perubahan medan listrik pun akan menimbulkan perubahan medan magnet. Hipotesis yang diajukan Maxwell didasarkan pada tiga aturan dasarlistrik-magnet: 1. Muatan listrik dapat menghasilkan medan listrik di sekitarnya ( Hukum Coulomb) 2. Arus listrik atau muatan listrik yang mengalir dapat menghasilkan medan magnet di sekitarnya (Hukum Biot-Savart) 3. Perubahan medan magnet dapat menghasilkan medan listrik (Hukum Faraday)
  • Beberapa tahun setelah meninggalnyaMaxwell, seorang ilmuwan jermanbernama H. Rudolph Hertz (1857-1894)pada tahun 1887 berhasil melakukanpercobaan yang menunjukan gejalaperambatan gelombang elektromagnetik.Heinrich hertz mulai meneliti pemikiranMaxwell tentang keberadaangelombang radio. Dia menguji bungaapi yang bertegangan yang melompatdi antara celah dua batang yangberjauhan. Ini menunjukkangelombang elektromagnetik bergerakmenyeberangi lautan.
  • Charles-Augustin de Coulomb yang lahir tahun 1736 adalah seorangilmuwan Perancis yang diabadikan namanya untuk satuan listrik untukmenghormati penelitian penting yang telah dilakukan oleh ilmuwan ini.Coulomb berasal dari keluarga bangsawan yang berpengaruh hinggapendidikannya terjamin. Ia berbakat besar dalam bidang matematikadan belajar teknik untuk menjadi Korps Ahli Teknik Kerajaan. Setelahbertugas di Martinique selama beberapa tahun, ia kembali ke Paris dandi tahun 1779 terpilih menjadi anggota Akademi Ilmiah di tahun 1781.Dia meninggal tahun 1806.Pada waktu Revolusi Perancis pecah, ia terpaksa meninggalkan Paristinggal di Blois dengan sahabatnya yang juga ilmuwan, Jean-Charlesde Borda (1733-1799). Ia meneruskan berbagai percobaannya danakhirnya diangkat menjadi inspektur pendidikan di tahun 1802.Percobaan awal Coulomb meliputi tekanan yang bisa memecahkansuatu benda (1773) dan ini adalah awal ilmu modern tentang kekuatanbenda-benda. Karyanya di bidang listrik dan magnet yang membuatnyabegitu terkenal, baru diterbitkan dalam serangkaian makalah antaratahun 1785 dan 1789.
  • Hans Christian Ørsted (lahir di Rudkøbing, 14 Agustus 1777 – meninggal di Kopenhagen, Denmark, 9 Maret 1851 pada umur 73tahun) adalah seorang ahli fisika dan kimia Denmark, yangdipengaruhi pemikiran Immanuel Kant. Pada 1820 ia menemukanhubungan antara listrik dan magnetisme dalam eksperimen yangsangat sederhana. Ia menunjukkan bahwa kawat yang dialiri aruslistrik dapat menolak jarum magnet kompas. Ørsted tidak menawarkanpenjelasan yang memuaskan untuk fenomena ini. Ia pun tidakmencoba menghadirkan fenomena tersebut dalam kerangkamatematis.Ørsted bukanlah orang pertama yang menemukan bahwa listrik danmagnetisme itu berkaitan. Ia didahului delapan belas tahunsebelumnya oleh Gian Domenico Romagnosi, seorang cendekiahukum Italia. Catatan tentang penemuan Romagnosi diterbitkan pada1802 di koran Italia, tetapi tak teperhatikan oleh masyarakat ilmiah.Pada 1825 Ørsted memberi sumbangan penting bagi kimia denganmemproduksi aluminium untuk pertama kali.Unit magnetisme Oersted dinamai menurut namanya.
  • Michael Faraday (22 September 1791-25 Agustus 1867) ialahilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karenaberkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya.Penemu generator ( dinamo ) dan salah seorang fisikawan besardunia, Michael Faraday adalah anak dari keluarga tak mampu. Iatidak pernah mengenyam pendidikan formal yang tinggi. Ia hanyamengenyam pendidikan dasar (setingkat SLTP sekarang), Faradaymenjadi salah satu ilmuan besar hingga sekarang karena ia tekunmembaca buku-buku dari tempatnya bekerja sebagai penjilid buku.Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasukelektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yangnantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir diseluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis.Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadidasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untukmemopulerkan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan pada masyarakatumum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori danmenganalisis hasilnya amat mengagumkan.
  • 1. Tidak memerlukan medium rambatan.2. Dapat merambat di ruang hampa.3. tidak bermuatan listrik.4. Merupakan gelombang transversal.5. Tidak bermuatan.6. Arah merambatnya lurus,.7. Arah getar gelombang elektromagnetik dan arah rambatnya saling tegak lurus.8. Memiliki sifat gelombang, dapat mengalami pemantulan (refleksi), pembiasan (refraksi), dispersi, interferensi, difraksi (lenturan), polarisasi.
  • A. Pembiasan GEM adalah pembelokan arah perambatan GEM pada bidang batas antara dua medium yang memiliki sifat yang berbeda dalam merambatkan gelombang. B. Interferensi GEM adalah perpaduan antara dua GEM atau lebih yang koheren di suatu tempat pada saat yang bersamaan. C. Difraksi GEM adalah penghamburan atau pelenturan GEM yang disebabkan adanya penghalang berupa celah sempit.9. Arah rambat tidak dapat dibelokkan dalam medan listrik dan medan magnet
  • Panjang gelombang dan frekuensi gelombangelektromagnetik memiliki rentang yang sangat besar, seluruhrentang panjang gelombang dan frekuensi tersebut dinamakanspektrum gelombang elektromagnetik. 1. Gelombang Radio 2. Gelombang Mikro 3. Sinar Inframerah (merah>ungu) 4. sinar tampak 5. Ultraviolet 6. Sinar X 7. Sinar GammaUntuk panjang gelombang makin ke bawah makin kecil, sedangkanuntuk frekuensi makin ke bawah makin besar
  • 1. GELOMBANG RADIO gelombang radio digunakan sebagai alat komunikasi yang memiliki daerah frekuensi antara 104 – 108 Hz. Gelombang tersebut digunakan sebagai pembawa informasi dari suatu tempat ke tempat lain yang berjauhan. Pengelompokan gelombang radio: • Panjang gelombang a) Gelombang panjang (long wave) : 30.000 m – 3.000 m. b) Gelombang menengah (medium wave) : 3.000 m – 300 m. c) Gelombang pendek (short wave) : 300 m - 30 m. d) Gelombang sangat pendek (very sw) : 30 m – 3 m. e) Gelombang ultra pendek (ultra sw) : 3 m – 0,3 m. • Rentang frekuensi a) Frekuensi rendah (low frequency) : 10 kHz – 100 kHz. b) Frekuensi menengah (medim frequency) : 100 kHz – 1 MHz. c) Frekuensi tinggi (high frequency/HF) : 1 MHz – 10 MHz. d) Frekuensi sangat tinggi (very HF) : 10 MHz – 100 MHz. e) Frekuensi ultra tinggi (ultra HF) : 100 MHz – 1 GHz.
  • 2. GELOMBANG MIKRO gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi (Superhigh Frequency = SHF) yaitu di atas 3 GHz (3 x 109 Hz) dan panjang gelombang 10-3. Biasanya benda yang menyerap lapisan mikro akan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat, dan proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave. Selain microwave, radar, analisis struktur molekul dan atomik, serta alat komunikasi juga menggunakan gelombang mikro.3. SINAR INFRAMERAH sinar inframerah merupakan radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari panjang gelombang cahaya merah, namun lebih pendek daripada panjang gelombang radio. Inframerah memiliki frekuensi 1011 Hz – 1014 Hz dan panjang gelombang 10-6 m – 10-3 m . Sinar yang tidak dapat dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spektrum merah disebut radiasi inframerah. sinar inframerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda dipanaskan. Getaran elektron-elektron pada suatu atom dapat juga memancarkan gelombang elektromagnetik dalam daerah inframerah.
  • sinar inframerah dapat digunakan di bidang kesehatan seperti (masalah sirkulasi darah, kanker, cacar, encok,dll), untuk mempelajari struktur atom dan molekul menggunakan spektroskop, untuk alarm pencuri, remote control.4. SINAR TAMPAK Bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi (dilihat) oleh mata manusia. Sinar tampak berada pada daerah frekuensi yang berkisar antara 7,5 x 1014 – 4,3 x 1014 Hz, dan panjang gelombang berkisar antara 10-6 - 10-7 , dengan spektrum warna yaitu mejikuhibiniu, 7 x 10-7 (merah : memiliki panjang gelombang terpanjang) dan 4 x 10-7 Hz (ungu : memilki panjang gelombang terpendek). Dihasilkan oleh matahari dan lampu.5. SINAR ULTRAVIOLET sinar ultraviolet mempunyai panjang gelombang yaitu 10-8 – 10-7 m dan rentang frekuensi yaitu 1015 – 1016 Hz. Sinar ultraviolet dihasilkan oleh atom-atom dan molekul dalam nyala listrik, matahari merupakan sumber utama dari sinar ultraviolet dan membawa lebih banyak energi dari ultraviolet yang lain. Dan karena inilah, gelombang ultraviolet dapat masuk dan membakar kulit (kulit manusia sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet matahari, dan juga memungkinkan timbulnya penyakit kanker kulit.
  • 6. SINAR-X Sinar-X ditemukan oleh Wilhem K. Rontgen (1845-1923) pada bulan November tahun 1985 ketika ia sedang mempelajari sinar katoda. Sinar-X dihasilkan oleh elektron-elektron di bagian dalam kulit elektron atom. Sumber lainnya ialah pancaran yang keluar karena elektron dengan kecepatan tinggi ditumbukkan pada logam, cara ini yang digunakan pada kehidupan sehari-hari. Sinar-X mempunyai frekuensi 1016 Hz –1020Hz dan panjang gelombang 10-10 Hz – 10-6 Hz dapat digunakan untuk mengetahui potret kedudukan tulang-tulang dalam tubuh manusia, namun jika menggunakan Sinar-X terlalu lama jaringan sel-sel manusia dapat rusak. Selain itu, juga berguna untuk analisis struktur bahan pada kristal zat padat, dan untuk di bidang industri dapat digunakan untuk menyingkap cacat dan retak tersembunyi dari bagian-bagian logam. Intinya, Sinar-X dapat digunakan untuk melihat bagian dalam benda tanpa harus membedahnya
  • 7. SINAR GAMMA bentuk radioaktif yang dikeluarkan oleh inti-inti atom tertentu, mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek, tetapi daya tembusnya besar sekali sehingga dapat menembus pelat timbel atau pelat besi setebal beberapa sentimeter karena mempunyai energi yang besar. Sinar ini dapat berbahaya dan dapat membunuh sel hidup, terutama sinar gamma tingkat tinggi yang dilepaskan oleh reaksi nuklir, seperti ledakan bom nuklir.
  • Dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik, manusia dapatmelakukan pengiriman informasi jarak jauh. Gueglielmo Marconi (1874-1937) pada tahun 1890-an menemukan dan mengmbangkan telegraf tanpakabel. Dengan alat ini, pesan dapat dikirim sejauh ratusan kilometer tanpamemerlukan kabel. Sinyal yang pertama hanya terdiri atas pulsa panjangdan pendek yang dapat diterjemahkan menjadi kata-kata melalui kode,seperti “(,)” dan “(-)” dalam kode Morse.Pada dekade berikutnya dikembangkan tabung vakum, sehingga terciptaradio dan televisi. Proses pengiriman informasi suara (audio) pada radiodiubah menjadi sinyal listrik dengan frekuensi sama oleh mikrofon,kemudian sinyal ini digabungkan dengan sinyal lain yang bergetar sangatcepat, gabungan sinyal diubah menjadi gelombang radio untuk kemudiandipancarkan melalui antena.
  • Sinyal radio merambat lewat udara dan ditangkap oleh semua antenaradio penerima yang terletak di dalam wilayah siaran, kemudian sinyalsuara dipilah sedemikian rupa hingga menghasilkan frekuansi yang khasdari setiap stasiun.Pencampuran frekuensi audio dan pembawa dilakukan dengan dua cara,yaitu modulasi amplitudo dan modulasi frekuensi. Pada modulasiamplitudo (AM), amplitudo gelombang pembawa yang frekuensinyalebih tinggi dibuat bervariasi mengikuti sinyal audio, sementara padamodulasi frekuensi, frekuensi gelombang pembawa diubah-ubahmenikuti sinyal audio.Pemancar televisi juga bekerja dengan cara yang sama denganpemancar radio dengan menggunakan modulasi FM tapi yang dicampurdengan frekuensi pembawa adalah sinyal audio dan video